Ini Dia, Perbedaan Manga, Anime, dan Kartun yang Kamu Harus Tahu!

Niadi.Net - Ternyata tidak sedikit para penggemar Manga, Anime, dan Kartun yang mengira kalau ketiganya merupakan istilah yang sama.

Emang sih, ketiganya masih saling berkaitan satu sama lain, tapi tahukah kamu kalau manga, anime, dan kartun merupakan istilah dengan arti yang berbeda? Nah, mau tahu apa perbedaan manga, anime, dan kartun? Simak ulasannya di bawah ini!

Ini Dia, Perbedaan Manga, Anime, dan Kartun yang Kamu Harus Tahu!


1. Manga

manga online free, manga read, manga definition, manga websites, manga anime, manga naruto, manga books, manga online here, baca manga online free, baca manga online one piece, baca manga online one punch man, baca manga online subtitle indonesia, baca manga online romance, baca manga online boruto, baca manga online bahasa melayu, baca manga online bahasa inggris, baca manga online sub english, keganjilan naruto

Manga merupakan istilah dari bahasa Jepang yang biasanya merujuk pada buku komik atau cerita bergambar.

Gambar-gambar tersebut pada umumnya menceritakan seputar kehidupan, kebudayaan, dan tradisi masyarakat di Jepang. Para pembuat manga disebut juga dengan Mangaka.

Bila kita ingin mengupas lebih dalam tentang manga, secara harfiah manga mengandung arti "Gambar Aneh" atau "Sketsa Spontan".

Manga memiliki gaya atau syle menggambar yang sederhana dengan ciri khas mata besar, mulut kecil, dan hidung sejumput. Namun memang tidak semua manga bergaya gambar sederhana. Ada pula manga yang digambar secara lebih detail dan realistis.

Ciri lainnya dari manga adalah dicetak dengan pewarnaan hitam-putih, namun ada pula manga yang dicetak berwarna atau full color.

Di Jepang sendiri banyak berdiri "café manga", di mana banyak orang datang untuk minum kopi sembari membaca manga. Selain itu di Jepang juga terdapat Museum Manga Internasional Kyoto sebagai pusat koleksi manga terbesar yang diterbitkan dalam bahasa Jepang.

2. Anime

anime shows, anime series, popular anime, anime definition, anime free, anime free watch, anime site, anime love, gambar anime terbaru 2020, gambar anime terbaru 2020, gambar anime terbaru 2020, gambar anime terbaru 2020, gambar anime terbaru naruto, gambar anime terbaru keren, gambar anime terbaru cantik, gambar anime terbaru hd, gambar anime muslim terbaru 2020, anime kartun korea, anime terlarang di dunia

Sedangkan Anime merujuk pada istilah yang digunakan untuk film animasi khas Jepang. Animation merupakan asal kata anime dalam bahasa Inggris yang berarti gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek.

Pengertian anime adalah animasi khas Jepang yang biasanya memiliki ciri khas gambar berwarna-warni yang dipengaruhi oleh gaya gambar manga, komik khas Jepang. Anime menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam cerita dan lokasi yang diperuntukkan bagi beragam jenis penonton.

Pada awalnya, film atau serial anime yang dibuat berdasarkan cerita manga, namun sekarang ini sudah banyak anime yang dibuat tidak berdasarkan cerita manga.

Sampai saat ini, istilah anime digunakan sebagai pembeda antara film kartun buatan Jepang dengan film kartun lainnya.

Antara anime dengan animasi atau kartun secara umum memiliki ciri-ciri yang sama. Perbedaan terletak pada kultur budaya yang mempengaruhinya. Perbedaan tersebut meliputi:
  • Gambar mata, pada anime digambarkan lebih besar dan kesannya agak melotot, atau bila berukuran kecil maka hanya digambarkan sebatas garis di wajah. Sedangkan pada animasi, bentuk mata biasanya lebih tampak realistis dan proporsional.
  • Penggambaran pada rambut biasanya menggunakan harajuku style. Dragon Ball Z merupakan pelopor anime yang banyak menampilkan gaya rambut harajuku. Biasanya ada dua macam jenis gambar rambut, kalau tidak lancip-lancip ya dibuat botak. Tentu bisa Anda bandingkan dengan animasi buatan DC atau Marvel, gambar rambut terkesan biasa dan tidak memiliki ciri khas harajuku.


3. Kartun

kartun lucu hantu, video kartun lucu banget, kartun buah mangga, film kartun lucu untuk anak anak, kartun paling lucu, kartun lucu terbaru, kartun lucu animasi, kartun film, kartun tom and jerry, gambar kartun lucu terbaru 2015, gambar kartun lucu terbaru bergerak, gambar kartun lucu terbaru 2020, gambar kartun lucu terkini, foto kartun lucu terbaru, gambar kartun islami lucu terbaru, download gambar kartun lucu terbaru, gambar dp kartun lucu terbaru, gambar kartun paling lucu terbaru

Istilah Kartun digunakan secara lebih luas dan biasanya merujuk pada karya animasi yang bukan buatan Jepang. Pengertian Kartun adalah gambar dengan tampilan lucu yang mempresentasikan sebuah peristiwa.

Pembuat kartun disebut juga kartunis. Jenis-jenis gambar kartun yang cukup populer hingga saat ini seperti editorial, gag cartoon, dan strip komik.

Kartun editorial adalah kartun yang memiliki unsur politis biasanya berisi sindiran terhadap suatu pandangan politik maupun sosial.

Gag cartoon adalah murni gambar kartun yang dibuat untuk hiburan, tanpa ada tujuan untuk menyindir. Sedangkan Strip komik adalah gambar kartun yang dibuat dalam bentuk komik singkat.

Saat ini tampilan kartun telah berkembang dalam media lain seperti film yang dikenal dengan istilah animasi. Dari segi pembuatannya, hampir tidak ada perbedaan antara anime dan kartun.

Namun, banyak cerita kartun yang menggunakan hewan sebagai karakter dari tokoh-tokohnya. Sementara dalam anime, lebih banyak menggunakan karakter orang, dan menonjolkan tentang kehidupan, tradisi, dan kebudayaan Jepang di dalam penceritaannya.

Kesimpulan

Nah, setelah menyimak ketiga pengertian di atas, bisa kita simpulkan mengenai perbedaan manga, anime, dan kartun sebagai berikut:
  1. Manga: istilah komik dalam bahasa Jepang.
  2. Anime: istilah kartun dalam bahasa Jepang.
  3. Kartun: istilah gambar atau animasi yang bukan buatan Jepang.
Bagaimana, kamu sudah paham dan enggak bingung lagi kan tentang perbedaan manga, anime dan kartun? Lalu, mana istilah yang paling menjadi favorit kamu?
Baca Juga: