Inilah 10 Negara yang Memiliki Cadangan Minyak Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa? - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah 10 Negara yang Memiliki Cadangan Minyak Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Niadi.Net - Baru-baru ini BP Statistical Review of World Energy 2020 melansir data tahunan mengenai market sumber energi dunia. Salah satu poin pembahasan dalam data laporan tersebut ialah sebaran cadangan minyak yang ada di dunia.

Pada tahun 2018 silam, cadangan minyak dunia berkisar di angka sebesar 1.735,9 triliun barrel. Dan di tahun selanjutnya, jumlah keseluruhan cadangan minyak yang ada di perut bumi mengalami penurunan sebesar 2 triliun barrel menjadi 1.733,9 triliun barrel di tahun 2019.

Wilayah Timur Tengah masih merajai sebagai donatur terbesar dalam cadangan minyak dunia dengan jumlah keseluruhannya mencapai 833,8 triliun barrel.

Diikuti oleh wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang mempunyai total cadangan minyaknya mencapai 324,1 triliun barrel.

Wilayah selanjutnya yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia adalah Amerika Utara dengan cadangan minyak sebesar 244,4 triliun barrel, diikuti Benua Afrika yang memiliki cadangan minyak sebesar 125,7 triliun barrel.

Benua Eropa dan zona Asia Pasifik masing-masing mempunyai cadangan minyak di bumi sebesar 14,4 triliun barrel dan 45,7 triliun barrel.

Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar

country with the most largest oil reserves in the world
via euractiv.com
Walaupun wilayah Timur Tengah menjadi penyumbang terbesar cadangan minyak di dunia, namun tidak semua negara-negara di Timur Tengah masuk dalam daftar 10 negara yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia.

Bahkan, negara yang memiliki total cadangan minyak terbesar di dunia bukanlah dari wilayah Timur Tengah.

Venezueala, negara yang berada di wilayah Amerika Selatan ini melampaui negara-negara di wilayah Timur Tengah dalam hal total cadangan minyaknya sebagai yang terbesar di dunia.

Negara yang terletak di daerah tropis di atas khatulistiwa ini memiliki cadangan minyak yang melimpah hingga mencapai 303,8 triliun barrel, melebihi total cadangan minyak wilayah Amerika Utara.

Inilah daftar 10 negara yang memiliki cadangan minyak terbesar dunia tahun 2019. checkout!
  1. Venezuela: 303,8 triliun barrel
  2. Arab Saudi: 297,6 triliun barrel
  3. Kanada: 169,7 triliun barrel
  4. Iran: 155,6 triliu barrel
  5. Irak: 145 triliun barrel
  6. Rusia: 107,2 triliun barrel
  7. Kuwait: 101,5 triliun barrel
  8. Uni Emirat Arab: 97,8 triliun barrel
  9. Amerika Serikat: 68,9 triliun barrel
  10. Libya: 48,4 triliun barrel

  11. Total cadangan minyak di Venezuela terus mengalami penambahan yang signifikan di awal abad 21 yang mana sebelumnya di akhir tahun millenium hanya memiliki cadangan minyaknya sebesar 76,8 triliun barrel saja.

    Namun dikarenakan adanya konflik internal dan infrastruktur yang ketinggalan zaman, Venezuela tidak bisa memaksimalkan peningkatan produksi minyaknya yang tinggi. Dalam satu dekade terakhir ini saja produksi minyak di Venezueala terus mengalami penurunan.

    Di tahun 2019, produksi minyak Venezuela pun hanya sebanyak 918.000 barrel per hari, dan angka produksi tersebut kalah dibandingkan dibandingkan dengan Brasil yang mampu memproduksi cadangan minyaknya sebesar 2,8 juta barrel per hari.

    Cadangan Minyak Indonesia

    peta sumber dan potensi minyak dan gas bumi indonesia skk migas
    via SKK Migas
    Di tahun 1999 silam, total cadangan minyak yang dimiliki Indonesia mencapai 5,2 triliun barrel. Menempati posisi kedua negara terbesar dengan cadangan minyak di kawasan Asia Pasifik setelah China.

    Satu dekade kemudian, cadangan minyak yang dimiliki Nusantara hanya mencapai 2,5 triliun barrel saja. Jumlahnya kalah bisa dibandingkan dengan negeri tetangga Malaysia yang memiliki cadangan minyaknya sebesar 2,8 triliun barrel.

Post a Comment for "Inilah 10 Negara yang Memiliki Cadangan Minyak Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?"

Dapatkan artikel terbaru langsung ke inbox email Anda. GRATIS!