Trending

10 Masjid Paling Indah dan Populer di Dunia

niadi.net - Sebagai penduduk di negara yang mayoritas muslim, siapa yang tidak mengenal masjid?
Menurut Kamu Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mas-jid n rumah atau bangunan tempat bersembahyang orang Islam: setiap Jumat dilakukan salat bersama di --;    -- agung masjid besar dengan bangunan megah dan luas dan dapat menampung ratusan jemaah;    -- jami masjid utama (untuk salat beramai-ramai pada hari Jumat, dsb.); per-mas-jid-an adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan masjid; satu lembaga yang menangani masalah -adalah Kementrian Agama.

Bagi muslim, masjid adalah tempat yang suci. Tempat ini selalu dimanfaatkan untuk beribadah, baik secara individu maupun berjamaah. Masjid juga kerap menjadi tempat untuk bermusyawarah atau menghelat suatu acara keislaman.

Eksistensi masjid menjadi salah-satu bukti bagaimana indah dan majunya arsitektur Islam. Lebih lagi, kita bisa menjumpai banyaknya masjid yang elok dan mengagumkan di dunia ini. Tak hanya di daerah Arab, melainkan sampai ke Afrika dan Eropa juga. Keberadaannya yang tersebar itu tentu menandakan bagaimana jayanya penyebaran Islam.

Di beberapa negara, terdapat masjid-masjid yang kesohor karena keindahannya, eksterior dan interiornya begitu mengesankan. Tentu menjadi keberuntungan tersendiri, khususnya bagi penganut Islam, jika bisa sampai mengunjunginya.

Nah, di mana saja 10 masjid paling indah di dunia yang dimaksud? mari kita simak, checkout

1. Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi

Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, masjidil haram terkini, imam masjidil haram ditangkap, masjidil haram 2020, masjidil haram bercahaya, masjidil haram live camera, sejarah masjidil haram, masjidil haram live, daftar imam masjidil haram

Masjidil Haram adalah masjid pertama yang dibangun di dunia. Masjid ini termasuk yang paling besar di dunia. Luasnya mencapai 400.800 m2. Area outdoor dan indoornya bisa menampung sampai 4 juta jemaah. Bisa kita bayangkan bagaimana padatnya lokasi suci ini ketika musim haji tiba. Masjid ini termasuk salah-satu yang paling istimewa. Selain dimanfaatkan sebagai tempat untuk melaksanakan rukun Islam ke-5, di dalamnya terdapat bangunan yang begitu disucikan umat Islam, yakni Ka'bah.

2. Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi

Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, masjid nabawi wallpaper, masjid nabawi history, masjid nabawi pictures inside, masjid nabawi live, masjid nabawi live tv, masjid nabawi raudhah, sejarah masjid nabawi, masjid nabawi history in urdu

Julukan lain untuk masjid ini yaitu Masjid Rasul. Memang Rasulullah Muhammad SAW yang membangunnya. Masjid ini pun menjadi situs kedua yang begitu disucikan oleh umat Islam setelah Masjidil Haram. Begitu pun dengan pembangunan dan luasnya, yang mengekori masjid agung di Mekkah. Salah-satu yang menjadi pusat perhatian di masjid ini yaitu bagian pusatnya, yang biasa disebut "Green Dome" atau Kubah Hijau, sebagai tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW. Pada 1279 SM, sebuah kubah dibangun di atas makam beliau. Di akhir abad ke-15, kubah tersebut direnovasi berkali-kali. Termasuk pada tahun 1817. Lalu pada tahun 1837, kubahnya dicat berwarna hijau sampai sekarang pun terkenal sebagai Kubah Hijau.

3. Masjid Al Aqsa di Yerusalem, Palestina

Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, masjid al aqsa history, dajjal, masjid al aqsa latest news, temple of solomon, masjid al aqsa yang sebenar, sejarah masjid al aqsa, misteri masjid al aqsa, masjid al aqsa video

Masjid Al Aqsha sering disebut juga sebagai Baitul Muqoddas. Yang ini menjadi situs ketiga yang paling disucikan umat Islam. Bagaimanapun, kaum muslim sangat yakin akan peristiwa Isra Miraj. Waktu itu Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa ini. Namun banyak yang keliru mengidentifikasi masjid ini, sehingga tertukar dengan Masjid Ash Shakrah atau "Dome of the Rock". Sayang sekali, area sekitar masjid juga kerap menjadi pemicu konflik antara umat Muslim dengan Yahudi.

4. Masjid Hassan II, Moroko

Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, masjid di maghribi, grand mosque hassan 2, mosque hassan 2, hassan 2nd mosque, hassan ii mosque facts, hassan ii mosque opening hours, hassan ii mosque tour, hassan mosque rabat

Lokasi masjid ini ada di Casablanca, Maroko. Masjid ini menjadi yang terbesar pertama di Maroko, dan terbesar ke-7 di dunia. Tinggi menaranya mencapai 210 meter. Pada tahun 1993, pembangunan Masjid Hassan II selesai. Di atasnya ada cahaya laser yang ditujukan langsung ke arah Mekkah. Pemandangannya begitu mengagumkan. Luas masjidnya bisa menampung sebanyak 105.000 jemaah. Di dalam sebanyak 25.000 orang dan 80.000 lainnya di area outdoor.

5. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam

Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, istana nurul iman, jerudong park, history of sultan omar ali saifuddien mosque, sultan omar ali saifuddin mosque history, masjid jame asr hassanil bolkiah, masjid di brunei, brunei mosque names, malay technology museum

Lokasi Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin ini terletak di Ibukota Brunei sendiri, di Bandar Sri Begawan. Di Asia Pasifik sendiri, masjid ini menjadi salah-satu yang paling indah. Sementara di negaranya, masjid ini sudah seperti magnet bagi para turis dan jadi landmark utama Brunei. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 1958 ini menjadi salah-satu contoh arsitektur Islami yang modern. Pemandangannya makin indah sebab masjid ini dibangun di sebuah danau yang ada di pinggir Sungai Brunei, tepatnya di daerah Kampong Anyer, tempat yang dijuluki sebagai 'desa air'. Menaranya terbuat dari marble atau batu pualam. Kubahnya berwarna emas. Sementara halaman dan kebunnya yang rimbun dihiasi dengan air mancur yang indah. Gaya arsitekturnya menjadi perpaduan antara Mughal dan Italia.

6. Masjid Zahir di Kedah, Malaysia

Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, masjid zahir history, keistimewaan masjid zahir, alamat masjid zahir, sejarah masjid zahir, zahir mosque masjid zahir, masjid zahir tercantik, zahir mosque architecture, latar belakang masjid zahir

Lokasi masjid ini ada di jantungnya Alor Star, ibukotanya Kedah, Malaysia. Masjid Zahir menjadi yang paling besar dan tua di negeri Jiran. Pada tahun 1912, masjid ini dibangun dan biayai oleh Tuanku Mahmud. Beliau merupakan putera dari Sultan Tajuddin Makarram Shah.

Meski Indonesia tidak masuk dalam list ini, namun Masjid Zahir rupanya terinspirasi dari salah-satu tempat ibadah yang ada di Langkat, Sumatera Utara. Tepatnya Masjid AZIZI. Adapun masjid yang ada di Malaysia ini memiliki 5 kubah besar, yang menjadi simbol dari 5 rukun Islam. Tiap tahunnya, selalu diadakan perlombaan Qori atau pembacaan Al Qur'an. Masjid ini memang selalu masuk jajaran Top 10 yang terindah di dunia.

7. Masjid Faisal di Islamabad, Pakistan

Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, faisal masjid images, faisal masjid video, faisal masjid information in urdu, beautiful pictures faisal masjid, faisal masjid mobile, faisal masjid 2009, faisal masjid taraweeh, itikaf form faisal masjid

Masjid Faisal ini menjadi yang terbesar keempat di dunia. Pada tahun 1986-1993, masjid ini sempat menduduki peringkat pertama sebagai yang terbesar di dunia. Sampai kemudian 'dikalahkan' masjid-masjid lain yakni Masjid Hassan di Maroko, Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

8. Masjid Taj ul di Bhopal, India

Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, taj-ul-masajid, taj masjid rd, library taj ul masjid, tajul masjid history, jama masjid, taj ul masjid photos, largest mosque in asia, mughal masjid mumbai

Masjid Taj ul secara bahasa, "taj-ul-masajid" artinya adalah "mahkotanya masjid". Salah-satu masjid terbesar di Asia ini sempat menjadi sekolah Islam. Bagian wajah gedung berwarna pink, sementara di atasnya ada 18 menara oktagonal dengan kubah dari batu pualam. Masjid ini juga memiliki 3 kubah berbentuk bola, dengan beranda berhiaskan pilar-pilar yang mengesankan. Begitupun dengan pemandangan halamannya yang elok. Ubinnya dari pualam betul-betul menggambarkan kalau masjid memiliki sentuhan arsitektur Mughal ala Masjid Jama di Delhi dan Mesji Badshahi di Lahore.

9. Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan

Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, badshahi masjid pic, badshahi masjid at night, few lines about badshahi mosque, badshahi mosque was built by, history of badshahi mosque in english, a short note on badshahi mosque, badshahi mosque essay in english, badshahi masjid lahor

Masjid Badshahi menjadi tempat ibadah yang megah di Lahore. Pada tahun 1673, pembangunanya selesai dan menjadi masjid terbesar kedua Pakistan dan Asia Selatan serta menjadi yang terbesar ke-5 di dunia. Di Lahore, masjid ini menjadi landmark serta target wisata bagi para turis. Masjid ini bisa menampung sekitar 55 ribu jemaah di tempat utamanya, kalau sampai halamannya bisa memuat sekitar 95 ribu jemaah.

10. Masjid Sultan, Singapura

Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, masjid sultan facebook, masjid sultan events, masjid sultan singapore website, masjid sultan abdul aziz shah, sejarah masjid sultan singapura, masjid sultan nikah, masjid sultan riau

Masjid Sultan ini berlokasi di Jalan Muscat dan Jalan North Bridge di Wilayah Kampong Glam Rochor, Singapura. Masjid Sultan menjadi salah-satu yang terpenting di negara ini. Ketika dibangun sampai sekarang, masjid tidak mengalami perubahan. Kecuali pada tahun 1960, ada sedikit perubahan di area utama. Begitupun di tahun 1993, paviliunnya juga sedikit dirombak. Lalu pada 14 Maret 1975, Masjid Sultan ini dijadikan sebagai Monumen Nasional.

Demikian pemaparan mengenai 10 masjid paling keren di dunia ini. Arsitekturnya memang mengesankan. Tentu semua bangunan suci ini akan semakin indah jika umat bisa memanfaatkannya dengan baik dan benar.
Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak