Trending

10 Perusahaan Cokelat Terbaik dan Tersukses di Dunia

niadi.net - Siapa orangnya yang tidak suka cokelat? Kalau pun ada, pasti orang tersebut akan dianggap aneh atau unik. Bagaimanapun, cokelat merupakan salah satu makanan yang paling banyak difavoritkan orang.

Selain manis dan lezat, orang juga jatuh hati pada sensasi relaks yang dirasakan. Tak ayal, cokelat sering disebut sebagai bahan makanan yang bisa mengurangi stress atau bad mood. Kenyataan tersebut dimanfaatkan oleh para pelaku usaha.

Banyak sekali orang yang tertarik untuk memproduksi cokelat. Mulai dari yang abal-abal, sampai yang berkualitas sekalipun. Atau mulai dari cokelat orisinal, sampai yang berbentuk olahan. Namun tetap saja, perusahaan raksasa memegang kendali yang kuat di industri cokelat.

Mayoritas dari konsumen, anak-anak maupun dewasa, memang sangat membertimbangkan unsur kualitas dan cita-rasa. Selain itu, faktor kemasan dan distribusi pun memiliki pengaruh kuat juga.

Nah, dari sekian banyak produsen, ada Top 10 pabrik atau perusahaan penghasil cokelat terbesar di dunia. List ini dilihat berdasarkan tingkat penjualannya. Semakin tinggi, tentu menjadi indikasi kalau produknya memang memiliki banyak pelanggan.

Perusahaan dan merek apa saja? Jom!

10. Ezaki Glico Co Ltd

10 coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, pabrik coklat terbik di dunia

Pada tahun 1922, perusahaan asal Jepang ini berdiri. Mereka berpusat di Nishiyodogawa-ku, Osaka, Jepang. Produk perusahaan memiliki beberapa divisi. Ada produk manisan atau permen seperti Pretz, Caplico, cokelat almond, dll. Produk makanan olahan Ni-dan Juku Curr atau Curry Zeppin. Es krim atau produk dari es seperti Giant Cone, Panapp dan seri es pengontrol kalori. Yang lain-lainnya seperti produk dari daging, makanan sehat atau bergizi, bahan makanan, kue, susu atau olahannya, dsb.

Salah-satu snack yang popular dari Glico ini yaitu Pretz. Sementara Pocky merupakan pretz yang dilumuri dengan cokelat. Kalau Cheeza merupakan snack yang diperuntukkan khusus orang dewasa, sebab di dalamnya terdapat kandungan wine. Sementara produk Pos-Ca merupakan permen karet yang bisa menyehatkan gigi, sebab mengandung kalsium.

Gaya promosi, distribusi atau penjualan produk-produk Glico ini terbilang unik dan menarik. Mereka mendiami tempat-tempat khusus di bandara, objek wisata atau spot lainnya. Selain itu, perusahaan pun tak segan-segan membiarkan pelanggan melihat bagaimana proses pembuatan produk mereka.

Glico juga menerima layanan pembelian online lewat website-nya. Penyebarannya sudah cukup luas. Negara-negara yang sudah dijangkau meliputi Indonesia, Jepang, Vietnam, Thailand, Eropa, Korea, Tiongkok dan Kanada. Mereka sangat concern terhadap kualitas produk, sehingga tak tanggung-tanggung apabila hendak melakukan penelitian atau perkembangan berkelanjutan.

Selain itu, Glico juga termasuk perusahaan yang sangat mempertimbangkan kelestarian alam. Penjualan khususnya di sector cokelat mencapai $0,9 milyar.

9. Arcor

10 coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, pabrik coklat terbaik di dunia

Pada tahun 1951, perusahaan asal Argentina ini mulai berdiri dan beroperasi. Amos Pagani dan Fulvio Pagani tampil sebagai pendirinya. Sementara Luis Pagani sendiri duduk di posisi pimpinan sekaligus CEO perusahaan. Arcor  ini masuk dalam top 100 perusahaan paling menjual di Argentina. Bisa dikatakan, mereka memang merajai pasar cokelat, manisan atau permen serta makanan yang lain.

Penyebaran produknya saja sudah menjangkan sekitar 120 negara. Mereka menjadi ‘raksasa’ di daratan Amerika Selatan. Mereka juga melebarkan sayap ke area Barcelon, Kolombia, Meksiko, Brazil, dsb. Kesuksesan mereka disusul oleh perluasan produksi. Kini Arcor pun bisa menembus pasar Afrika Selatan, Tiongkok serta Venezuela. Beberapa brand mereka yang ternama yaitu Bon o Bon, Tofi, Cofler, dsb. Khusus untuk penjualan cokelat saja, perusahaan bisa meraup $ 1,23 milyar.

8. Meiji Holdings

10 coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, pabrik coklat terbaik di dunia

Di tahun 1917, Meiji Holdings berdiri dan berpusat di Tokyo, Jepang. Secara general, perusahaan memiliki 2 segmen; ada Meiji Seika Pharma Co. Ltd. yang khusus menangani segmen paramedic atau obat-obatan, serta Meiji Co Ltd yang menangani segmen makanan. Segmen kedua ini beroperasi di beberapa sector seperti manisan atau permen, produk olahan susu serta makanan bernutrisi. Meiji sudah memiliki tempat khusus di bidang cokelat, yogurt, susu dan es krim cup. Tak heran kalau Meiji menduduki posisi nomor 1 di Jepang.

Dari dulu, tepatnya di tahun 1971, mereka sudah membuat inovasi dengan yogurt polos, bahkan menjadi pelopornya. Mereka juga yang memperkenalkan aneka rasa yogurt serta kandungan yang bisa menambah nilai gizinya.

Banyak rahasia umum yang menjadikan Meiji ini sebagai salah-satu produsen yang paling disegani. Beberapa diantaranya yaitu kekuatan marketing atau penjualannya, penelitian atau inovasi terus-menerus serta konsistensi untuk menjaga kualitas. Salah-satu produknya yang cukup popular yaitu “Meiji Almond Chocolate”, di mana kacang almond diselimuti dengan cokelat yang lezat. Produk ini pun langsung memiliki banyak penggemar. Selain memberi sensasi enak, produk ini pun dinilai begitu sehat.

Melihat respons pasar begitu baik, mereka juga melakukan penyebaran produk susu dan yogurt ke area Thailand dan Tiongkok. Perusahaan sangat menjunjung isu lingkungan, kualitas produk, sosial serta organisasinya. Hasil baik yang berkelanjutan juga tak lepas dari audit, sistem kendali di internal perusahaan, penerapan kedisiplinan, dll. Beberapa merek mereka yang terkenal yaitu Hello Panda, Chocorooms, Yan Yan, dsb. Adapun hasil pendapatannya mencapai $1,5 milyar.

7. August Storck KG

coklat terbaik di dunia, negara penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, 10 perusahaan coklat terbaik di dunia

Tepat di tahun 1903, perusahaan permen asal Jerman ini terbentuk. Namanya sendiri diambil dari sang pendiri, August Storck. Di tahun 1964, perusahaan merilis produk cokelat yang diberi nama brand “Merci”.  Produk ini begitu dicintai oleh konsumen, sehingga hasil penjualannya meroket. Jika perusahaan menelurkan produk permen atau manisan, maka cokelat kerap hadir sebagai unsur penting di dalamnya. Apa yang dihasilkan sangat popular di Jerman, sehingga sudah dianggap sebagai bagian dari kebudayaan.

Dari tahun 1989 sampai sekarang, pusat perusahaan sudah berada di Berlin dan sangat fokus pada cokelat. Penghasilan yang bisa diraup perusahaan yakni sebesar $2,2 milyar.

6. Lindt & Sprungli

coklat terbaik di dunia, negara penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, 10 perusahaan coklat terbaik di dunia

David Spruengli-Schwarz bersama Rudolf Spruengli-Ammann mendirikan perusahaan gula-gula dan cokelat ini di tahun 1845. Mereka memiliki kantor pusat di kawasan Kilchberg, Swiss. Duet Lindt – Sprungli memang tak tanggung-tanggung dalam membangun imej perusahaan. Keduanya juga mendirikan outlet, butik, kafe cokelat dsb. Kafe cokelatnya berlokasi di area perkotaan, butik cokelatnya di area prestisius seperti bandara dan outletnya juga berada di wilayah-wilayah strategis.

Salah-satu trik yang diterapkan perusahaan yaitu dengan mendapatkan Russell Stover Candies di Amerika Serikat. Beberapa brand perusahaan, seperti Russell Stover dan Whitman, otomatis menjadi milik Lindt & Sprungli dan membuat mereka semakin popular saja. Langkah akuisisi ini mengokohkan posisi perusahaan di puncak pasar cokelat.

Ada 12 lokasi di Eropa dan Amerika Serikat yang menjadi pusat produksi cokelat. Sekitar 139 toko dari grup Lindt & Sprungli berada di area Amerika Utara. Sekitar 108 toko lain ada di kawasan Eropa. Sementara beberapa took juga tersebar di wilayah Asia, Australia, Afrika dan Amerika Selatan. Tak tanggung-tanggung, perusahaan memegang kendali dari tiap proses produksi.

Mulai dari penyediaan bahan seperti biji cokelat sampai produk yang sudah jadi. Semua itu demi meyakinkan kelancaran proses pengadaan, produksi dan konsumsi. Beberapa brand yang ada di bawah naungan perusahaan yaitu Lindt, Caffarel, Hofbauer, Russell Stover, dsb. Dari sector saja, mereka sudah bisa mendapatkan $3,66 milyar.

5. Hershey's

10 coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, pabrik coklat terbaik di dunia

Nama perusahaan memang berasal dari pendirinya, Milton S. Hershey. Pada tahun 1894, dia mendirikan perusahaan ini di Hershey Pennsylvania. Perusahaan yang sudah bersifat global ini mengandalkan produk cokelat, gula-gula, manisan atau permen. Perusahaan sudah mengantongi lebih dari 80 merek. Ada Ice Breaker, Jolly Rancher, Hershey’s Reese, dsb.

Selain cokelat dan permen, mereka juga memproduksi item lain seperti bahan kue, minuman dan topping. Untuk brand produk cokelatnya ada Almond Joy, Hershey’s Kiss, Mounds, dsb. Produk mereka biasanya berbentuk batangan, kotak atau dalam kantong.

Jejak-jejak perusahaan sudah tersebar luas. Baik itu di Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Meksiko, Brazil, India dan Filipina. Strategi mereka yaitu dengan menginvestasikan sejumlah uang di 5 sektor utama; Ice Breaker, Hershey’s Kisses, Reese’s, Hershey’s dan Jolly Rancher.

Kunci lainnya terletak pada pemanfaatan sumber daya yang ada secara maksimal, peningkatan kualitas, proses serta nama yang terjaga. Perusahaan ini bisa memboyong hasil sebesar $7,42 milyar.

4. Mondelez International

coklat terbaik di dunia, negara penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, 10 perusahaan coklat terbaik di dunia

Mondelez berasal dari kata “Mohn” yang berarti dunia, dan kata "delez" yang berarti enak atau lezat. Mondelez Internasional sendiri merupakan perusahaan global yang bergerak di bidang permen, makanan dan minuman. Mereka berpusat di Deerfield, Illinois. Walau kompetisi di industri makanan sangat ketat, namun perusahaan ini bisa berdiri kokoh. Sumber daya manusia yang handal, inovasi, jaringan distribusi yang kuat, penyebaran produk ke luar negeri serta branding menjadi beberapa kunci eksistensi mereka.

Secara geografis, ‘daerah kekuasaaannya’ ada di area Eropa dan Amerika Utara. Namun perlahan, mereka juga mulai merenggut pelanggan di wilayah lain. Beberapa brand mereka yang sangat terkenal yaitu Cadburry, biscuit Oreo, Milk Chocolate, dsb.

Mereka memang memiliki kekuatan tersendiri di sektor biscuit, permen dan cokelat. Selain Oreo, mereka juga memiliki TUC dan Belvita di divisi biscuit. Untuk permen, mereka memiliki Stride, Halls dan Trident. Dan untuk cokelat, mereka tak hanya mengandalkan Cadburry saja. Ada Toblerone, Dairy Milk, Eclairs, Lacta, Milka, dsb. Pasar utama mereka terdapat di area Brazil, India dan Tiongkok.

Untuk pendapatan sendiri, mereka memboyong sekitar $9,25 milyar.

3. Ferrero Group

resep permen coklat enak, cara membuat permen coklat enak, resep membuat permen coklat enak, resep permen coklat yang enak, resep permen coklat enak dan murah

Pada tahun 1946, perusahaan ini lahir dan berkantor pusat di Alba, Italia. Mereka terfokus di bidang permen dan cokelat. Produk mereka tersebar ke mana-mana. Mulai dari area Eropa, ke Amerika, ke Asia sampai ke Oseania. Beberapa brand internasional yang mereka andalkan yaitu Magic Kinder, Nutella, Kinder dan Tic Tac. Salah-satu produk yang dijagokan perusahaan adalah penganan berupa hazelnut. Misalnya seperti yang terdapat dalam Nutella, Kinder Bueno dan Ferrero Rocher.

Dilengkapi dengan marketing dan pengiklanan yang maksimal, mroduknya langsung merajai pasar. Pertumbuhan dan perkembangan perusahaan juga tak lepas dari inisiatif untuk terus melakukan penelitian dan inovasi.

Selain menggali laba, perusahaan ini juga terkenal aktif menggerakkan kegiatan amal. Khususnya dalam pendirian yayasan yang bergerak di ranah kesenian dan ilmu pengetahuan. Mereka juga memiliki andil dalam upaya menyelamatkan anak di Nepal, serta membantu populasinya yang terus berkurang. Hal mengagumkan lain dari perusahaan ini yaitu perlakuannya terhadap mantan pekerja Ferrero.

Mereka masih memerdulikan kesehatan dan isu sosial para mantan karyawannya. Tak heran kalau perusahaan ini menjadi salah-satu majikan terbaik. Apa yang mereka lakukan memang sesuai dengan prinsipnya; bekerja, menciptakan dan berdonasi.

Untuk penghasilannya sendiri, Ferrero mampu meraih $9,13 milyar.

2. Mars, Inc

permen dunia fantasi, permen termahal di dunia, permen terunik di dunia, permen terenak di dunia, permen terbesar di dunia

Mars Incorporated menjadi salah-satu perusahaan Amerika terbesar di dunia. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1911. Keluarga Mars yang menjadi pemiliknya. Usaha keluarga ini dijalankan dengan baik sampai bisa menjadi salah-satu yang paling disegani. Mereka sudah beroperasi di 70 negara.

Secara umum, perusahaan memiliki 6 kategori andalan. Ada cokelat Mars, Makanan Mars, Minuman Mars, Mars Petcare, Mars Symbioscience dan Wrigley. Sementara prinsip yang mereka terapkan meliputi kualitas, mutuality, tanggung-jawab, efisiensi dan kebebasan.

Perkembangan perusahaan dibarengi juga dengan usaha mereka untuk menstabilkan posisinya. Selain terkait laba, mereka juga sangat mempertimbangkan penggunaan sumber daya, emisi gas rumah hijau, sumber air serta hak azasi manusia.

Strategi perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumennya yakni dengan fokus pada nutrisi yang mereka berikan. Perusahaan memberi penjelasan secara gamblang mengenai info nutrisi dari produk mereka.

Beberapa brand yang ada di bawah naungan perusahaan ini yaitu M&M, Dove, Mars, Orbit, Royal Canin, Pedigree, Snickers, Uncle Ben’s dsb. Untuk sektor cokelat sendiri, perusahaan merilis 29 brand. Beberapa diantaranya yaitu M&M’s, Snicker, Twix, Milky Way, dsb.

Hasil dari penjualan cokelatnya saja rata-rata mencapai $10 milyar.

1. Nestle

coklat terbaik di dunia, negara penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, 10 perusahaan coklat terbaik di dunia

Bicara soal perusahaan terbesar dan tersukses, nama ini memang sudah tak aneh lagi. Nestle. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1866, di Swiss. Tapi daerah operasinya sudah mendunia. Entah itu di kawasan Asia, Afrika, Eropa dan Oceania. Negara operasinya saja mencapai 197 tempat.

Perusahaan ini memiliki divisi produk yang cukup luas, namun mereka sangat menjunjung tinggi apa yang dinamakan nutrisi atau kesehatan produk. Nestle menyediakan produk susu, cokelat, es krim, air, dsb.

Secara keseluruhan, mereka mengorganisir sebanyak lebih dari 2000 brand dari berbagai sektor. Beberapa yang sangat kita kenal yaitu Nescafe, Milo, Aqua Mineral, Nestle Pure Life, Milo Ceral, Koko Crunch, Lactogen, dsb. Sementara untuk produk cokelat, Nestle merilis Kit Kat, Milky Bar, Orion, dsb.

Selain kesehatan, Nestle juga sangat memerdulikan proses konservasi dan perlindungan lingkungan. Salah-satu gebrakan yang mereka buat yaitu dengan pengurangan air di pabrik pengolahan susu di Meksiko. Mereka bahkan mengklaim bisa menyediakan air bersih, aman dan sehat bagi semua orang di tahun 2025 mendatang.

Sebagai perusahaan besar dan ternama, Nestle juga tak segan-segan menginvestasikan sejumlah uang demi kepentingan penelitian dengan lebih dari 60 partnernya. Mereka memang sangat fokus pada isu nutrisi dan kesehatan. Tak heran kalau mereka sangat meminimalisir kandungan gula dan garamnya.

Dan terkait penghasilan perusahaan, Nestle mengantongi sebesar $10,46 milyar.

Demikianlah daftar perusahaan cokelat ternama yang terbesar, tersukses dan sangat popular di dunia. Tentu mengagumkan, sebab mereka mampu mengoperasikan usaha yang sudah berdiri sejak lama. Meski semakin hari semakin banyak perusahaan baru, namun ke-10 perusahaan ini mampu bertahan dan dipercayai para pelanggan. 10 Perusahaan Cokelat Terbesar Terlezat dan Tersukses di Dunia.
Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak