Trending

5 Jenis Tanaman Hias Nanas-Nanasan Yang Bernama Cryptanthus

niadi.net - Mungkin sudah banyak penggemar tanaman hias yang mengenal family Bromeliaceae dengan sebutan "nanas-nanasan" ini. Tetapi kali ini akan diperkenalkan salah satu anggotanya yang berukuran mungil dan corak serta daunnya elok. Itulah Cryptanthus.

Tanaman Nanas-nanasan, cryptanthus care, cryptanthus pink star, cryptanthus red star, cryptanthus for sale, cryptanthus black mystic, cryptanthus bivittatus, tillandsia, guzmania, tanaman unik, tanaman hias rumah

Nama Cryptanthus berasal dari bahasa Yunani, yaitu Crypto yag berarti "tersembunyi" dan Anthos aertinya "bunga". Sesuai dengan namanya, bunganya kecil dan kurang menarik, dan memang daya tarik tanaman ini terletak pada daunnya yang mempunyai corak dan kombinasi warna yang menawan. Coraknya bisa digolongkan menjadi dua, yaitu horisontal berupa strip-strip dan vertikal berupa "ular-ularan".

Sifatnya yang khas adalah tanamannya akan mati setelah berbunga dan berbiji, atau setelah menghasilkan tunas. Tunasnya muncul dari samping induk tanaman dan ketiak daun dari daun bawah ataupun daun yang terletak di atas.

Dari sekian banyak jenisnya, berikut ini beberapa yang istimewa:

1. Cryptanthus Fosterianus

Warna dan corak daun jenis ini sangat indah. Bagian tengahnya merah kecokelat-cokelatan, sedangkan pinggirnya merah cerah. Corak daunnya yang seperti ular-ularan makin menambah keelokannya. Bentuk tanamannya kekar dan daunnya tebal. Pinggir daunnya bergerigi, tapi tidak terlalu nyata.

2. Cryptanthus Zonatus Zebrinus

Yang ini pun tak kalah indah, dan coraknya ada dua macam. Yang pertama, daunnya hijau segar dengan corak masih seperti "ular-ularan" cokelat muda; sedangkan yang kedua daunnya cokelat tua dengan corak putih agak kecokelat cokelatan. Daunnya agak tebal, gerigi di pinggir daun terlihat jelas. Tinggi tanaman kurang lebih cm.

3. Cryptanthus Diversifolius

Yang sangat menonjol dari jenis ini adalah daunnya yang lebih lebar daripada jenis lain. Daun tebal dengan pinggir daun bergerigi nyata. Corak daun berupa strip kemerah-merahan. Tingginya bisa mencapai 30 cm.

4. Cryptanthus Bivittatus Pink Starlite

Ukurannya kecil, maksimal ketinggiannya hanya 20 cm, dengan warna pink yang menyala. Corak daunnya strip-strip dengan bagian tengah hijau kecokelatan, sedang ke arah pinggir pink menyala.

5. Cryptanthus "it" "color band"

Konon tanaman ini dibawa dari Miami. Sepintas mirip sekali dengan Cryptanthus bivittatus Pink Starlite. Bedanya, ia mempunyai daun yang lebih lebar, lebih tipis, dan lebih lemas. Daunnya pun lebih tegak dan pinggirnya bergelombang.

Cryptanthus biasanya digunakan sebagai tanaman hias ruangan. Yang perlu diperhatikan adalah penempatannya, karena tanaman ini memerlukan cahaya hanya 75 % untuk bisa menghasilkan warna daun yang menyala. Kalau terlalu terik warna daunya akan cokelat terbakar, namun kalau terlalu teduh warna daunnya akan suram. 5 Jenis Tanaman Hias Nanas-Nanasan Yang Bernama Cryptanthus.
Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak