Khasiat dan Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Khasiat dan Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

Niadi.Net - Banyak orang yang menganggap Bunga Melati identik dengan hal-hal mistis, tanpa tahu khasiat Bunga Melati untuk kesehatan. Mungkin karena Bunga Melati biasanya digunakan untuk pemakaman, dan ritual agama atau tertentu.

Bahkan, Bunga Melati juga sering dikaitkan dengan salah satu sosok aktris terkenal yang sering memainkan film horror di Indonesia, Suzana. Di mana Suzana sendiri dikenal suka memakan Bunga Melati. Bahkan, banyak orang meyakini jika memakan Bunga Melati salah satu ritual Suzana dalam menjaga kecantikannya.

Tapi, tahukah Anda alasan sebenarnya Suzana suka sekali memakan Bunga Melati? Bunga Melati sendiri merupakan salah satu tanaman herbal, karena banyak sekali khasiat Bunga Melati untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa didapat.

Selain itu, Bunga Melati memiliki aroma wangi yang memikat. Maka, tidak salah jika Bunga Melati sering digunakan untuk wewangian tubuh ataupun aroma terapi. Baik dengan menaburkan atau menyimpan bunganya secara utuh, bisa juga dengan mengekstrak sarinya untuk dibuat parfum.

manfaat minum teh bunga melati untuk kesehatan dan kecantikan
www.liquidimageco.com
Ada banyak cara untuk mendapatkan khasiat Bunga Melati untuk kesehatan. Anda bisa menjadikannya sebagai teh, direbus dengan campuran herbal lainnya, bahkan dimasak sebagai sayuran.

Masyarakat di beberapa desa di Jawa Tengah bahkan biasa menjadikan Bunga Melati sebagai sayuran. Ini karena Bunga Melati mudah didapatkan dan harganya murah. Bisa dimasak dengan cara ditumis, atau dicampur dengan santan seperti sayur lodeh. Rasanya pun tidak kalah enak dengan sayuran lainnya.

Bunga Melati sendiri merupakan tanaman yang berasal dari keluarga zaitun. Bunga ini sangat mudah tumbuh dan hidup di berbagai negara di dunia, bahkan terdapat sekitar 200 spesies dari Bunga Melati.

Bunga Melati sendiri banyak dikenal di dunia dengan sebutan Jasmine, sesuai dengan bahasa latinnya Jasminum sp. Bunga ini memiliki berbagai kandungan yang memiliki sifat antibakteri, seperti benzil alkohol, flavonoid, tanil dan saponin. Inilah yang menyebabkan banyaknya khasiat Bunga Melati untuk kesehatan.

Jika Anda penasaran apa saja khasiat Bunga Melati untuk kesehatan, ini dia ulasannya!

Obat Jerawat

mengenal jenis bunga melati yang paling wangi
freepik.com
Jika melihat artis Suzana pada masa hidupnya memiliki wajah yang sangat cantik dan mulus tanpa adanya jerawat. Ini karena adanya khasiat Bunga Melati yang mampu untuk mengatasi masalah pada wajah, termasuk jerawat. Caranya bahkan sangat mudah.

Anda hanya membutuhkan beberapa helai kelopak melati yang telah dicuci bersih, serta air jeruk nipis dan belerang. Haluskan dan campur dengan jeruk nipis.

Kemudian oleskan pada wajah, dan diamkan selama kira-kira 10 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Anda bisa rutin melakukan perawatan ini dua kali sehari.

Mengatasi Asma yang Kambuh

Jika Anda memiliki penyakit asma, jangan takut bila sewaktu-waktu penyakit Anda kambuh. Ini karena salah satu khasiat Bunga Melati adalah mencegah timbulnya sesak napas.

Khasiat Bunga Melati kali ini bisa didapatkan dengan membuat herbal dari rebusan daun bunga melati. Di mana air rebusan daun bunga melati ini dapat mencegah peradangan pada saluran pernapasan yang menyebabkan asma Anda menjadi kambuh.

Caranya tidak sulit, hanya dengan merebus 20 lembar daun melati di dalam 3 gelas air dan diberi sedikit garam. Bila telah mendidih, maka dapat langsung disaring dan diminum.

Air rebusan ini juga cocok diminum ketika Anda berada di daerah yang sangat dingin, atau di pegunungan dengan tekanan udara yang sangat tinggi. Khasiatnya, akan membuat tubuh tetap hangat dan mencegah sesak napas.

Meringankan Masalah Haid

Ada banyak masalah yang terjadi ketika mengalami masa menstruasi, mulai dari badan pegal-pegal, perut sakit dan kembung hingga PMS. Hal ini tentu membuat mood menjadi tidak menentu dan mudah merasa kesal.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan khasiat Bunga Melati dengan membuat teh melati yang bermanfaat untuk meperbaiki suasana hati Anda. Selain itu, teh melati juga dapat mengurangi kram atau rasa sakit pada perut.

Mengurangi Stress

apa manfaat bunga melati untuk kecantikan
www.3rdiesoterics.com
Sebagai bunga yang memiliki aroma yang wangi, Bunga Melati bisa digunakan untuk mengurangi stress. Khasiat Bunga Melati ini bisa didapatkan dengan menjadikan Bunga Melati sebagai aroma terapi.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai teh melati yang akan mengurangi ketegangan dan kecemasan pada diri Anda.

Mencegah Diabetes

Khasiat Bunga Melati juga bisa didapatkan oleh Anda yang menderita penyakit diabetes. Dengan sering mengonsumsi teh melati, akan membantu untuk menyeimbangkan gula darah Anda. Jadi, Anda tidak mudah terserang penyakit diabetes.

Walaupun banyak khasiat Bunga Melati untuk kesehatan, namun untuk mengonsumsinya Anda tetap harus berhati-hati. Ini karena terdapat salah satu jenis Bunga Melati, yaitu Caroline Jasmine yang mengandung racun.

Jenis Bunga Melati inilah yang tidak boleh dikonsumsi. Akan tetapi uniknya, bagian lain dari bunga ini masih memiliki manfaat sebagai tanaman herbal. Bagian akarnya dapat dikeringkan untuk dijadikan sebagai obat penenang.

Jadi, jangan merasa takut lagi dengan Bunga Melati. Bukan hal mistis lah yang melekat pada bunga ini. Akan tetapi, banyaknya khasiat Bunga Melati sebagai tanaman herbal ataupun untuk kecantikan. Khasiat dan Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan"

Dapatkan artikel terbaru langsung ke inbox email Anda. GRATIS!