Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami (Herbal) - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami (Herbal)

Niadi.Net - Sekarang ini asam urat sudah menjadi penyakit umum yang diderita oleh masyarakat. Ini dikarenakan oleh gaya hidup masyarakat yang tidak sehat, seperti kurang beristirahat, kurang olahraga, minum alkohol, mandi malam serta banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin.

Ini kemudian yang membuat banyak orang mencari berbagai pengobatan alternatif herbal asam urat untuk mengobati asam urat secara alami.

daftar obat asam urat alami dari tumbuhan
en.wikipedia.org

Asam urat sendiri berupa zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh akibat terpapar purin. Purin sendiri merupakan zat kimia yang terdapat pada beberapa makanan seperti ikan kembung, ikan asin, kacang polong, kacang kering, hati serta minuman beralkohol.

Apabila asam urat yang dihasilkan terlalu banyak, maka akan menyebabkan terjadinya gangguan pada ginjal untuk membuang asam urat.

Semakin lama asam urat semakin menumpuk dan menyebabkan beberapa gangguan seperti nyeri dan ngilu pada persendian, seperti pada lutut, tumit, sendi jari tangan, jari kaki, siku serta pergelangan tangan.

Biasanya terjadi pada saat malam hari dan pagi hari ketika bangun tidur. Apabila telah semakin parah, maka akan menyebabkanrasa rasa nyeri yang semakin parah dan berulang.

Bahkan, persendian akan sulit untuk digerakan. Untuk mengatasinya, maka Anda perlu untuk mengonsumsi herbal asam urat.

Jenis-jenis Herbal Asam Urat

Untuk mengatasi asam urat, Anda bisa mengobatinya secara alami dengan menggunakan aneka herbal asam urat. Herbal ini mudah didapat, dan beberapa biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Ini dia ulasannya.

1. Daun Salam

daun salam untuk asam urat
www.tokopedia.com
Daun Salam biasanya digunakan untuk menambah rasa dan aroma pada masakan. Namun, daun salam juga ternyata ampuh digunakan sebagai herbal asam urat. Ini karena terdapat beberapa senyawa yang sangat baik untuk ginjal, seperti astiri alkoloid, tanin hingga flavonoid.

Dengan konsumsi daun salam juga dapat menambah volume untuk buang air kecil, sehingga tubuh dapat lebih lancar untuk membuang asam urat.

Cara membuat herbal asam urat juga tidak sulit. Anda harus memilih sebanyak 5-10 lembar daun salam yang sudah memiliki warna hijau tua. Kemudian bersihkan, sambil diremas-remas.

Setelah itu, rebus hingga mendidih dan volume air rebusannya menjadi berkurang sekitar sepertiga dari volume awal. Air rebusannya dapat diminum secara rutin sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

2. Jahe

cara membuat ramuan jahe untuk obat asam urat ampuh
www.honestdocs.id
Jahe tidak hanya bagus untuk menghangatkan tubuh atau untuk melancarkan diet Anda. Jahe ternyata ampuh menjadi herbal asal urat. Ini dikarenakan terdapat sifat anti-inflamasi pada jahe yang mampu untuk mengobati asam urat.

Cara membuat herbal asam urat dari jahe tidaklah sulit. Setelah dibersihkan dan dipotong-potong menjadi kecil, maka rebuslah jahe. Bila airnya telah mendidih dan berkurang 1 gelas dari volume awal.

Air jahe ini dapat dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari. Selama proses penyembuhan dengan konsumsi herbal asam urat, Anda harus mengonsumsi air putih yang cukup. Kurangnya konsumsi air putih dapat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal Anda.

Selain itu, air putih akan membantu memperlancar proses pembuangan urin. Barengi juga dengan diet makanan yang mengandung purin tinggi serta lebih sering berolahraga.

3. Daun Sirsak

daun sirsak untuk asam urat
www.sehatq.com
Sirsak merupakan buah-buahan yang memiliki segudang manfaat, mulai dari buah, hingga daunnya. Daun sirsak memiliki banyak kandungan kimia seperti senyawa annonaceous acetogenins, alkaloid, tanin, dan lainnya.

Inilah yang membuat daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Termasuk menjadi herbal asam urat.

Membuat herbal asam urat dari daun sirsak sangatlah mudah. Cuci sebanyak 5 hingga lembar daun sirsak hingga bersih, kemudian remas-remas.

Rebus dengan dua gelas air putih hingga mendidih, serta volumenya berkurang menjadi setengah gelas. Air rebusan daun sirsak ini dapat diminum dua kali dalam sehari.

4. Kumis Kucing

tanaman kumis kucing untuk asam urat
www.amberleaflandscaping.com.au
Tanaman Kumis Kucing merupakan salah satu tanaman hias yang diminati banyak orang karena bentuknya yang unik. Tidak hanya menarik, tapi tanaman ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Bahkan, tidak sedikit yang menjadikan tanaman ini sebagai jamu tradisional. Salah satu manfaatnya bagi kesehatan adalah mengobati asam urat.

Adanya beberapa kandungan kumis kucing yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan ginjal, membuat tanaman ini cocok menjadi herbal asam urat.

Tidak salah jika Anda menggunakan kumis kucing sebagai herbal asam urat. Kandungan garam kalium pada tanaman ini dapat meluruhkan pelarut batu saluran kencing serta air seni, yang bila mengendap dapat menjadi batu ginjal.

Kandungan ini tentu bermanfaat menjaga kesehatan fungsi ginjal Anda, sehingga asam urat dengan mudah dapat dibuang melalu air seni.

Terdapat pula orthosiponin glycosides yang mampu melarutkan asam oksalat, fosfat serta asam urat pada tubuh. Terutama yang berada di ginjal, empedu dan kandung kemih.

Untuk membuat herbal asam urat dari kumis kucing, hampir sama dengan herbal asam urat lainnya. Namun, ramuan ini biasanya ditambahkan dengan cabe.

Caranya bersihkan sebanyak 15 lembar daun kumis kucing serta satu ruas jahe yang telah diiris tipis. Rebus jahe dan daun kumis kucing dengan air sebanyak 3 gelas.

Biarkan hingga mendidih dan air rebusan menjadi berkurang volumenya menjadi sepertiga dari volume awal.

Terakhir, saring airnya. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin sebanyak dua hingga tiga kali perminggu.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dari mengonsumsi herbal asam urat, Anda harus minum air putih yang cukup. Bila kekurangan air putih, maka proses pembuangan asam urat di dalam tubuh akan menjadi terhambat.

Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa dijadikan untuk obat asam urat. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami (Herbal)"