Trending

Inilah 17 Cara Mengatasi PMS Yang Harus Anda Coba!

niadi.net - Sindrom menjelang menstruasi atau yang lebih populer dengan PMS (premenstrual syndrome, sindrom pramenstruasi) banyak menyerang wanita usia 30-40 tahun, meski sering tak disadari. Gejala-gejalanya pada setiap orang bisa saja berbeda-beda, begitu pula tingkat keparahannya.

17 Cara Mengatasi PMS, pms symptoms, what does pms mean, pms meaning, pmdd, pms color, pms treatment, pms urban dictionary, pmsing, natural pms treatment, herbal treatment pms, cara mengurangi sakit karena pms
Apakah PMS merupakan keluhan Anda setiap bulan? Salah satu cara berikut ini mungkin cocok untuk membantu mengatasinya.
Ada wanita yang hanya terganggu mood-nya sehingga menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung, cemas, dan sulit berkonsentrasi. Ada juga yang menjadi depresi, sulit tidur, kebingungan, dan gugup. Tapi sebagian wanita ada yang menjadi keranjingan pada makanan yang manis dan gurih disertai sakit kepala, sakit punggung, nyeri, kram, pegal-pegal, mengalami water retention (tertahannya air didalam badan sehingga terjadi pembengkakan), bahkan pingsan.

Nah, kalau Anda termasuk diantara mereka yang mengalami gejala-gejala tersebut menjelang haid, perhatikan tip-tip berikut ini. Siapa tahu ada yang cocok untuk mengatasi keluhan Anda:

1. Kurangi Konsumsi Garam

Garam harus dikurangi karena menyebabkan water retention (tertahannya air didalam badan sehingga terjadi pembengkakan). Singkirkan juga makanan-makanan yang mengandung banyak natrium (sodium). Sebagai patokan, setiap makanan yang kandungan sodiumnya di atas 350mg untuk setiap porsi sudah terhitung tinggi. Juga kurangi garam yang Anda gunakan untuk memasak. Gunakan saja lebih banyak rempah-rempah untuk melezatkan makanan.

2. Minum Yogurt

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Obsterti dan Ginekologi Amerika menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 1.200 mg suplemen kalsium karbonat setiap hari, rasa nyeri haidnya bisa berkurang 54%. Yogurt adalah salah satu sumber kalsium yang bisa Anda gunakan.

3. Minum Evening Primrose Oil

Penelitian menunjukan bahwa evening primrose oil yang dijadikan satu paket dengan pengatur hormon prostaglandin, yaitu asam gamma linoleat bisa mengurangi mood yang berubah-ubah, water retension, kram, dan pembengkakan payudara. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi 500-1.500 mg dua kali sehari selama sebulan, tergantung dari gejalanya.

4. Gunakan Krim Progesteron Alami

Krim ini biasanya dijual di toko makanan kesehatan. Jika payudara Anda membengkak dan sakit karena PMS, oleskan ¼ sampai ½ sendok teh pada payudara dua kali sehari. Mulailah melakukannya begitu payudara mulai membengkak.

5. Refleksiologi

Para ahli Refleksiologi percaya bahwa telapak kaki merupakan peta dari seluruh tubuh kita dan setiap bagian tubuh berhubungan dengan saraf yang berasal dari suatu titik di kaki. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 18 wanita dan dipublikasikan di Jurnal Obstetri dan Ginekologi Amerika tahun 1993 menemukan bahwa 83% dari mereka yang diterapi dengan refleksiologi mengalami penurunan gejala PMS sampai 30%.

6. Lakukan Olahraga

Beberapa penelitian menunjukan bahwa wanita yang melakukan olahraga aerobik secara tertur lebih jarang mengalami gejala-gejala PMS.

7. Tidur Nyenyak

Tidur yang enak sangat penting bila kita mengalami rasa sakit akibat PMS, karena dengan begitu ambang rasa sakit akan menurun. Usahakan untuk tidur minimal 8 jam per hari.

8. Gunakan Magnesium

sakit haid berlebihan, sakit haid hari pertama, sakit ketika haid, obat sakit haid berlebihan, haid sakit perut bawah, haid sakit pinggang, haid sakit sekali, mengatasi nyeri haid, cara mengurangi sakit karena pms

Sebuah percobaan klinis terbaru menunjukan bahwa magnesium bisa membantu mengurangi water retention, walau hingga kini belum diketahui mengapa bisa demikian. Magnesium bisa Anda dapatkan dari gandum utuh (whole grain), kacang-kacangan, alpukat, dan sayuran hijau, atau minum suplemen Magnesium 200 mg per hari.

9. Lakukan pemijatan

Sistem limfe bisa membantu mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh. Karena itu, mintalah kepada terapis untuk memijat bagian leher, ketiak, paha, belakang lutut, dan siku bagian dalam (letak kelenjar limfe) dengan gerakan yang lembut. Tapi jangan lakukan jika kelenjar sedang mengalami pembengkakan.

10. Cobalah Akupuntur

Menurut tradisi China, kram bisa disebabkan oleh darah yang terhenti di dalam uterus (rahim). Akupuntur bisa menjadi pemicu dari beberapa reaksi kimia yang meningkatkan aliran darah dan mengatasi kontraksi.

11. Makanlah Beberapa Kali

Makanlah sedikit daging bersama dengan karbohidrat kompleks seperti whole wheat, buah, dan polong-polongan untuk menyeimbangkan kadar gula darah juga emosi Anda. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

12. Biarkan Lampu Menyala

Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Obstetri dan Ginekologi Amerika tahun 1997 menemukan bahwa penderita PMS parah yang terekspos lampu berwarna merah mengalami penurunan gejala hingga 76%, walaupun para hali belum mengetahui mengapa bisa demikian.

13. Bercinta

Meski belum diteliti secara resmi, tetapi beberapa wanita menyatakan bahwa bercinta hingga mencapai orgasme bisa membantu mengatasi kram.

14. Minumlah Air

menstruasi lebih dari seminggu, menstruasi setelah melahirkan, menstruasi adalah, penyebab menstruasi, menstruasi terlambat, menstruasi sedikit, menstruasi saat hamil, menstruasi tidak berhenti, cara mengurangi sakit karena pms

Ketika mengalami water retention, Anda akan jadi segan minum. Padahal Anda justru harus banyak minum air. Air bersifat diuretik, jadi bisa merangsang tubuh untuk mengeluarkan kelebihan air. Apalagi bila Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda akan berusaha mempertahankan cairan yang tersedia, sehingga membuat pembengkakan semakin parah. Karena itu, pastikan untuk minum 6 sampai 8 gelas air setiap hari.

15. Minum Vitamin B kompleks

Makanlah nasi dari beras merah karena 8 jenis vitamin B kompleks yang terdapat di dalamnya akan bekerja bersama untuk membantu metabolisme glukosa dan menstabilkan susunan kimia otak Anda. Vitamin B6 (piridoksin) khususnya penting dalam memperbaiki mood, karena berperan dalam produksi triptofan yang selanjutnya membantu tubuh memperbaiki serotonin.

Cobalah untuk mengkonsumsi 50-200 mkg vitamin B6 setiap hari selama 2 minggu. Vitamin B6 juga terdapat pada daging tanpa lemak, ayam, dan pisang. Tapi jangan minum vitamin B6 lebih dari 200 mkg sehari, karena konsumsi berlebihan bisa menyebabkan kerusakan saraf.

16. Makanlah Cokelat

Bahan kimia tertentu yang terdapat di dalam cokelat bisa merangsang pelepasan dopamin, yaitu neurotransmiter (massa penghantar saraf otak) di dalam otak yang membuat Anda lebih ceria.

17. Makanlah Ikan Salmon

Asam lemak omega 3 pada ikan salmon tidak hanya berguna untuk menyehatkan jantung, tapi juga bisa membantu mengatasi payudara yang bengkak akibat PMS. Beberapa penelitian menemukan bahwa asam lemak esensial dapat mengurangi pembengkakan payudara dengan mengatur kerja hormon prolaktin, yang mengontrol perubahan metabolisme cairan dan mood. Sumber asam lemak omega 3 lainnya yaitu ikan tuna dan sarden.

Itulah 17 Cara dan Tips Mengatasi Sakit Karena PMS. Semoga bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak