Trending

10 Cerita Asal Usul Hantu Indonesia yang Paling Menyeramkan, Berani Baca?

niadi.net - Indonesia, berkembang ragam cerita mistis yang melibatkan berbagai jenis makhluk astral. Ada yang berangkat dari mitos lokal, ada pula yang diperkenalkan oleh film, serial TV, hingga reality show. Popularitas "mereka" tak lekang oleh zaman dan kerap jadi perbincangan dari generasi ke generasi.

Terbukti, film-film horor terus diproduksi dan bertengger lama di bioskop. Pengunjung berdatangan dan memilihnya dengan berbagai "modus" dan alasan. Film horor fenomenal besutan Joko Anwar, "Pengabdi Setan", bahkan berhasil meraup jutaan penonton. Kendati menyeramkan, seluk-beluk makhluk ghaib memang sering kali mengusik rasa penasaran.

Apalagi, hantu-hantu lokal Indonesia yang konon disebut-sebut lebih menyeramkan dibandingkan hantu Hollywood. Bagi penikmat horor, hantu nusantara terasa lebih menguji nyali karena lingkungan yang dihadirkan terasa akrab. Setidaknya, peringkat dua, setelah kengerian hantu Thailand yang setting dan rupa tokohnya sebelas dua belas dengan bangsa kita.

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya, bagaimana cerita-cerita tersebut berkembang? Mengapa hantu nusantara begitu beragam? Buat kamu, orang-orang yang penasaran, berikut ini asal muasal hantu nusantara, yang bisa bikin kamu bergidik:

1. Kuntilanak

kisah hantu indonesia nyata, kisah hantu di indonesia, kisah seram hantu indonesia, kisah hantu universitas indonesia, kisah hantu laut indonesia, cerita hantu nyata dari indonesia, cerita hantu indonesia nyata, cerita hantu indonesia full movie, kisah hantu dari indonesia, cerita hantu indonesia asli

Berdasarkan cerita yang terbentuk di masyarakat dan film horor 80an, sosok berambut panjang ini merupakan arwah penasaran dari perempuan yang meninggal saat melahirkan. Akibat kematian yang mendadak setelah merindukan sang buah hati sekian lama, ia selalu ingin bertemu dengan anaknya. Karena itulah, Kuntilanak juga disebut-sebut suka menculik bayi.

2. Genderuwo

cerita hantu asrama indonesia, cerita hantu artis indonesia, cerita hantu bahasa indonesia, cerita hantu indonesia.com, cerita hantu indonesia di sekolah, cerita hantu indonesia download, kisah hantu nyata di indonesia, kisah hantu terseram di indonesia, kisah hantu menyeramkan di indonesia, kisah hantu seram di indonesia

Nama genderuwo berasal dari bahasa Kawi, Ghandarwa, yang artinya hantu laki-laki. Berbeda dengan legenda Persia, Genderuwo di Indonesia berupa sosok hitam besar yang tinggal di rimbunan bambu kuning dekat sungai, dan berkeliaran di waktu petang. Hantu ini kerap menjadi alasan para orang tua agar anaknya tidak keluyuran menjelang Maghrib.

3. Pocong

cerita hantu di indonesia terbaru, cerita hantu seram indonesia full movie, cerita hantu film indonesia, cerita hantu fakta indonesia, cerita hantu grand indonesia, cerita hantu indonesia jaman dulu, cerita hantu universitas indonesia kaskus, cerita hantu kampus indonesia, cerita hantu khas indonesia, cerita hantu indonesia lucu, cerita hantu indonesia lama

Meski tampak sulit bergerak karena tangan dan kakinya terikat, Pocong menjadi salah satu hantu yang paling menyeramkan. Konon, arwah ini gentayangan akibat tali pocong yang belum dilepas ketika ia dikubur. Pocong juga termasuk hantu yang sering terlibat dalam film horor Indonesia.

4. Tuyul

cerita hantu lawak indonesia, cerita hantu indonesia menyeramkan, cerita hantu mitos indonesia, cerita hantu masyarakat indonesia, cerita hantu mengerikan indonesia, cerita hantu menakutkan indonesia, cerita hantu indonesia kisah nyata, cerita hantu indonesia online, cerita hantu paling seram indonesia, cerita hantu indonesia paling menakutkan

Dalam kisahnya, Tuyul digambarkan sebagai sosok anak kecil botak, yang dimanfaatkan orang dalam pesugihan, untuk mencuri uang. Meski berukuran mini dan kriminal, Tuyul tetap membuat orang bergidik karena mulut yang konon berbentuk ertikal.

5. Sundel Bolong

cerita hantu pocong indonesia, cerita hantu di indonesia paling menyeramkan, cerita hantu rakyat indonesia, cerita hantu real indonesia, cerita hantu indonesia terseram, cerita hantu indonesia terbaru 2020, cerita hantu indonesia terbaik, cerita hantu universitas indonesia, cerita hantu versi indonesia

Dari film horor 80an yang diperankan Suzanna, kita mengenal sosok Sundel Bolong. Hantu ini perwujudan dari arwah pensaran perempuan yang melahirkan secara tidak lazim, melalui punggung.

6. Leak

cerita hantu indonesia yang lucu, cerita hantu indonesia yang paling menyeramkan, cerita hantu di indonesia yang paling menyeramkan, cerita hantu di indonesia yg nyata, cerita hantu indonesia 2020, cerita hantu indonesia 2020, cerita hantu indonesia 2020, 7 cerita hantu indonesia paling menyeramkan, 7 cerita hantu di indonesia, hantu dari indonesia

Makhluk ghaib ini perwujudan penyihir yang mencari tumbal manusia demi kesaktian. Kisah Leak berkembang di Pulau Dewata, Bali. Leak merupakan sosok jahat yang bisa menjelma sebagai kera, harimau, atau babi liar.

7. Kuyang

permainan hantu dari indonesia, legenda hantu dari indonesia, burung hantu dari indonesia, gambar hantu dari indonesia, kisah hantu dari indonesia, hantu asli dari indonesia, permainan memanggil hantu dari indonesia, hantu di indonesia nyata, cerita hantu di indonesia nyata, video hantu di indonesia nyata

Tampilan makhluk ghaib paling menyeramkan sepertinya bisa disematkan pada kuyang. Kuyang hanya berwujud sebagai kepala malayang yang tersambung dengan organ-organ dalam tanpa tubuh. Konon, kuyang mencari tumbal untuk kesaktian dan kehidupan abadi. Karena itu, makhluk ini menghisap darah bayi dan ibu hamil yang mengandung nyawa baru.

8. Jenglot

kisah nyata hantu di indonesia, sejarah nama hantu di indonesia, cerita hantu di indonesia kisah nyata, rumah hantu di indonesia, foto rumah hantu di indonesia, raja hantu di indonesia, cerita rumah hantu di indonesia, wahana rumah hantu di indonesia, kisah rumah hantu di indonesia, 7 rumah hantu di indonesia

Mitosnya, jenglot merupakan sosok petapa yang ingin kekal. Ia mematung hingga menyusut menjadi layaknya boneka mini berjenggot dan rambut yang bisa tumbuh. Jenglot hidup dengan meminum darah dan biasanya, dipelihara oleh dukun.

9. Wewe Gombel

rumah sakit hantu di indonesia, gambar rumah hantu di indonesia, video rumah hantu di indonesia, foto 2 hantu di indonesia, 50 penampakan hantu di indonesia, 5 hantu terseram di indonesia, 5 penampakan hantu di iklan indonesia, 9 hantu di indonesia, 9 hantu terseram di indonesia, kapal hantu asal indonesia

Makhluk astral yang satu ini disebut-sebut berasal dari bukit di Gombel, Semarang, Jawa Tengah, yang sering menjadi lokasi eksekusi di masa penjajahan Belanda. Sosok Wewe Gombel berupa nenek berambut putih panjang, dengan payudara panjang, dan suka menculik anak kecil.

10. Suster Ngesot

burung hantu asal indonesia, asal hantu di indonesia, hantu asal indonesia, hantu asli di indonesia, asal usul hantu di indonesia, hantu di indonesia asli, hantu asli indonesia akan terlihat di 18 negara, video hantu asli indonesia, video hantu asli di indonesia, video penampakan hantu asli indonesia

Bisa dikatakan, hantu satu ini merupakan sosok yang paling modern di antara hantu lain yang telah disebutkan. Suster ngesot, merupakan arwah penasaran seorang perawat yang diperkosa dan dibunuh, dengan terlebih dulu dimutilasi kakinya.

Ternyata, kisah hantu-hantu nusantara sebagian besar mengandung kisah pilu, ya. Percaya atau tidak, pada dasarnya mereka semua hanya jin yang "kreatif" dan hobi cosplay untuk menakuti manusia. Karena itu, jangan sampai lengah dan jangan biarkan pikiranmu dirasuki oleh mereka. 10 Kisah Seram Asal Muasal Hantu Nusantara, Berani Baca?.
Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak