Trending

Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah? Nggak Harus Mahal Kok!

niadi.net - Banyak orang merasa bahwa pernikahan harus diadakan dengan pesta yang besar dan mewah, serta mengundang seluruh kerabat dan kolega. Pada akhirnya, para mempelai pun kebingungan dengan banyaknya keperluan yang harus disiapkan untuk melaksanakan pernikahan impian mereka. Biaya Nikah, mulai dari biaya gedung dan biaya konsumsi yang luar biasa mahalnya hingga biaya-biaya yang tak terhitung lainnya.

Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, korean wedding photography, what to wear to a korean wedding, korean wedding cost, korean wedding dress online, korean wedding ducks, korean wedding food, korean wedding dress lyrics, korean wedding photography singapore, tradisi pernikahan korea, resepsi pesta pernikahan modern di korea selatan, pengantin korea, pernikahan artis korea

Itulah yang kemudian membuat para calon harus bekerja dan menabung sebanyak-banyaknya biar bisa segera menikah. Kadang kita lupa kalau kehidupan pernikahan yang sebenarnya itu bukan waktu resepsi atau pesta pernikahannya, tapi setelah itu. Semua tentang bagaimana kita bisa membangun keluarga yang bahagia, menghidupi keluarga kita, menyekolahkan anak, dan seterusnya. Jadi, sebenarnya menikah itu mudah kok, yang penting kan ada calon yang mau diajak menikah ;D

Nah, ada beberapa trik nih buat kamu yang udah berencana menikah atau bahkan udah mulai siap-siap menyusun rancangan pernikahan kamu. Yang jelas, trik-trik ini bakal jadi referensi kamu untuk bisa menjalankan pernikahan dan resepsinya sesuai budget kamu. Buat kamu yang masih cari pasangan, santai aja, karena trik-trik ini bakal bantu kamu buat lebih siap kalau besok udah dapet pasangan.

1. Pesta dan Resepsi

Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, wedding party program, wedding party ideas, wedding party people, wedding party quotes, wedding planning, wedding party songs, wedding party dance songs, wedding party definition, pesta pernikahan unik, pesta pernikahan termahal di dunia, pesta pernikahan di rumah, pesta pernikahan sederhana, pesta pernikahan bella shofie, pesta pernikahan andien, pesta pernikahan anak jokowi, pesta pernikahan adat batak, pesta pernikahan sederhana tapi elegan, pesta pernikahan sederhana di rumah

Biaya pernikahan biasanya akan membengkak di bagian ini karena kita selalu berkeinginan untuk mengadakan resepsi dan mengundang seluruh kerabat kita. Namun, bagaimana kalau dana kita tipis dan tidak cukup untuk bikin pesta? Simple aja, nggak perlu mengadakan pesta. Pernikahan merupakan satu hal yang sakral bagi yang menikah, memang kita perlu memberitahukan pernikahan itu ke kerabat kita, namun tidak harus selalu melalui pesta.

Bagi kamu yang muslim, kamu bisa mengadakan pengajian atau semacamnya untuk merayakan pernikahan kamu. Bisa juga kita sekadar membagikan berita tersebut melalui surat beserta kenang-kenangan dari pernikahan kita. Bagi kamu yang tetap ingin mengadakan pesta, bisa juga kamu menunda pesta kamu, namun pernikahan secara agama dan negara tetap dilaksanakan. Jadi, kalian bisa sah sebagai suami istri, kemudian kalian bisa menabung untuk mengadakan pesta pernikahan kalian.

Lagi pula, daripada sekadar berdiri berjam-jam hanya buat nyalamin orang yang sebagian besar nggak kita kenal, mending kita tabung buat beli rumah atau kita sedekahkan dengan ikhlas. Bagi kamu yang memang ingin banget mengadakan pesta pernikahan karena sudah menjadi tuntutan, kamu bisa atur siapa aja undangan kamu dan gunakan semua jaringan pertemanan kamu untuk bantu kamu mewujudkan mimpi itu.

2. Pesta Outdoor

Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, konsep pernikahan outdoor sederhana, dekorasi pernikahan outdoor murah, pernikahan outdoor di jakarta, pernikahan outdoor murah, tempat pernikahan outdoor di tangerang, tempat pernikahan outdoor di bintaro, paket pernikahan outdoor murah, pernikahan outdoor sederhana

Beberapa tahun belakangan, pesta pernikahan yang biasanya diadakan di dalam gedung besar dengan segala macam dekorasi itu makin tergeser dengan tren pesta yang diadain di luar. Garden Party alias pesta di kebun menjadi salah satu pilihan buat kamu yang ingin meminimalkan budget pernikahan kamu. Dibandingkan menyewa gedung dengan biaya yang cukup mahal, kamu bisa menggunakan taman atau area terbuka luas yang memiliki banyak pohon dan bersih.

Melalui pesta outdoor semacam ini, pesta menjadi lebih dekat dan bebas sehingga tidak terkesan kaku. Dengan undangan yang khusus bagi kerabat terdekat dan menggunakan tema pesta semacam ini, kamu bisa meminimalkan biaya yang kamu gunakan untuk pesta.

3. Pakai Teknologi Digital

Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, undangan pernikahan online gratis, kata-kata undangan pernikahan, contoh undangan pernikahan online, undangan pernikahan murah, harga undangan pernikahan, isi undangan pernikahan, undangan pernikahan online free, membuat undangan pernikahan online

Membuat undangan pernikahan merupakan salah satu rangkaian yang ada dalam sebuah pernikahan. Undangan biasanya tidak terlalu diperhitungkan biayanya karena kebanyakan menganggap bahwa mencetak undangan tidak akan terlalu mahal. Namun, justru bagian inilah yang kadang kita lewatkan dan membengkak. Keingingan membuat undangan lucu dan beda dari orang lain membuat anggaran undangan membengkak.

Lalu, bagaimana mengatasinya? Sekarang perkembangan teknologi sudah semakin canggih, kita bisa membuat undangan kita secara digital yang kemudian dapat kita berikan secara personal kepada kerabat kita melalui jejaring sosial. Selain memudahkan dari segi pengiriman, hal ini juga dapat membantu kamu untuk memangkas biaya yang kamu keluarkan untuk pernikahan kamu.

4. Menu Makanan

Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, catering pernikahan yang enak, catering pernikahan jakarta, menu catering pernikahan, catering pernikahan di bekasi, catering pernikahan murah, catering pernikahan bekasi, harga catering pernikahan 2020, catering pernikahan purwokerto"

Makanan merupakan bagian penting dalam sebuah pesta pernikahan. Namun, perlukah kita menampilkan beragam menu makanan dalam sebuah pesta pernikahan? Bagi kamu yang memang memiliki anggaran dana berlebih, itu menjadi hak kamu untuk menjamu tamu undangan dengan ragam makanan dalam pesta pernikahan kamu. Bukankah akan lebih efektif apabila kamu mengeluarkan dana secukupnya saja dan sisanya bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan kehidupan baru kamu?

Dibandingkan menyajikan sajian makanan dalam bentuk makan besar, akan lebih efisien dari segi dana dan penyajian apabila kita menyajikan makanan dalam bentuk kecil dan sudah ditempatkan dalam piring-piring saji. Para tamu pun akan dengan penuh etika mengambil satu per satu makanannya. Melalui cara ini, kita dapat secara tepat menghitung pengeluaran kita dari segi makanan.

5. Kurangi Hiasan yang Tidak Perlu

Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, harga dekorasi pernikahan, dekorasi pernikahan murah, jasa dekorasi pernikahan, dekorasi pernikahan solo, mencari dekorasi pernikahan di semua pilihan, contoh dekorasi pernikahan di rumah, gambar dekorasi pernikahan minimalis, konsep dekorasi pernikahan

Sering kali kita menjumpai hiasan atau aksesori yang kadang tidak perlu di pernikahan. Contohnya, ukiran inisal nama dari es batu dengan ukuran yang cukup besar. Bila kita perhatikan lebih dalam, benda ini tidak terlalu diperlukan karena setelah acarapun hiasan tersebut akan mencair dan terbuang sia-sia.

Lebih baik kita menggunakan hiasan-hiasan yang setelah acara pernikahan dapat kita gunakan kembali, entah untuk menghias rumah kita atau lainnya. Kita bisa gunakan hiasan-hiasan semacam tumbuhan dalam pot atau lampu-lampu hias yang nanti bisa kita gunakan kembali. Dengan merencakan dekorasi dalam pernikahan, dengan prinsip dapat dipakai kembali, pengeluaran kita tidak akan sia-sia dan masih memiliki kemanfaatan lainnya.

6. Souvenir yang Simple Tapi Berkesan

Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, souvenir pernikahan murah di jatinegara, souvenir pernikahan terbaru, souvenir pernikahan grosir, souvenir pernikahan gelas murah, souvenir pernikahan murah meriah, harga souvenir pernikahan, souvenir pernikahan jakarta, souvenir pernikahan unik dan bermanfaat

Pernikahan di Indonesia sering kali memberikan souvenir sebagai bentuk kenang-kenangan bagi para tamunya. Terkadang souvenir yang diberikan terkesan kurang bermanfaat dan cenderung pemborosan. Kita dapat merencanakan dari awal bagaimana souvenir ini nantinya. Fokuslah pada souvenir yang sederhana tapi tetap berkesan dan memiliki manfaat.

Souvenir yang sederhana tidak selalu jelek. Justru souvenir yang sederhana dan bermanfaat akan menunjukkan bahwa kita merencakanan pernikahan tersebut dengan baik. Ada beberapa contoh, seperti tas dari kain perca, kipas lipat, dompet dari bahan daur ulang, dan masih banyak lagi. Memberikan kenang-kenangan bagi para tamu merupakan hal yang wajar, namun menjadi tidak wajar apabila hal tersebut malah membebani kita.

Menikah tidak seharusnya menjadi cara menunjukkan kekayaan kita, tetapi merupakan salah satu tangga yang harus kita lalui untuk dapat menyempurnakan ibadah kita dan juga membahagiakan orang lain. Bukan seberapa megah pesta pernikahan atau seberapa mewah makanan dalam pesta pernikahan itu yang menjadi tolak ukur pernikahan, tetapi seberapa tulusnya kita untuk dapat mempersatukan dua keluarga yang berbeda.

Kerabat dan kolega yang benar-benar dekat dengan kamu pun akan turut bahagia bukan karena pesta yang diadakan. Mereka pasti sudah ikut bahagia apabila mendengar kabar pernikahan kamu. Lagi pula, itu baru langkah awal untuk mengarungi bahtera rumah tangga di depan. Jadi mau menunda sampai kapan?
Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak