Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini dia, 9 Negara Paling Kaya di Dunia Tahun 2020

Niadi.Net - Mungkin sebagian besar orang akan berpikiran bahwa negara yang paling kaya di dunia adalah negara-negara besar yang luas akan wilayahnya dan banyak penduduknya, atau bahkan negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat, Tiongkok, atau mungkin Rusia.

Bisa jadi mungkin mereka akan terkejut bila mengetahui bahwa sebenarnya negara-negara yang paling kaya di dunia ini adalah negara-negara yang kecil dari segi wilayah, dan juga sedikit penduduknya. Kok bisa?

Ada banyak faktor kenapa negara-negara kecil seperti Luksemburg yang hanya mempunyai jumlah penduduk sekitar 600 ribu orang saja, ada juga Singapura dan Brunei Darussalam yang dari segi wilayah masihlah kecil bila dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia.

Beberapa faktor yang bisa menjadikan negara-negara kecil tersebut menjadi negara-negara terkaya di dunia, salah satunya adalah karena adanya sumber daya alam yang melimpah seperti cadangan minyak, gas, dan hidrokarbon.

Juga, negara-negara seperti Swiss, Singapura, Irlandia, dan Luksemburg yang seringkali masuk dalam daftar 10 besar negara terkaya di dunia versi Dana Moneter Internasional (IMF) adalah negara-negara yang mempunyai sistem pengelolaan pajaknya yang canggih dan sektor keuangan mumpuni hingga bisa meraih keuntungan signifikan secara finansial bagi pemasukan negara dan menjadi tujuan tempat berlabuhnya para investor dunia dalam menginvestasikan uangnya.

Faktor lainnya yang dapat menjadi dasar suatu negara masuk dalam jajaran negara terkaya dunia adalah karena besarnya pendapatan per kapita para penduduk negaranya sampai besarnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Berikut adalah daftar negara paling kaya di dunia tahun 2020 seperti kami lansir dari Global Finance. checkout!

1. Qatar

kenapa qatar sangat kaya
via bbci.co.uk
Negara pertama yang ada dalam urutan teratas negara terkaya di dunia adalah Qatar, dimana negara ini memiliki PDB atas dasar paritas daya beli (PPP) hingga menyentuh 132.886 dollar AS.

Sumber kekayaan negeri di Timur Tengah ini diperoleh dari cadangan minyak, gas, dan petrokimia yang mana tidak sepadan dengan jumlah warganya yang sangat kecil sekali sekitar 2,8 juta jiwa saja.

Gedung-gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan dengan desain arsitektur ultramodern sangat masif dibangun disana hingga mengukuhkan Qatar selalu ada dalam urutan negara paling kaya di dunia selama dua dekade.

2. Luksemburg

Top 10 Best Places To Visit In Luxembourg On Your 2021 Holiday
via luxtimes.lu
Negara yang berlokasi di jantung Benua Eropa ini hanya memiliki populasi sebanyak 600 ribu jiwa saja, namun ada begitu banyak hal yang bisa didapatkan oleh para wisatawan mancanegara dan rakyatnya dari negeri kecil di Eropa ini.

Di semesta Euro, Masyarakat Luksemburg bisa menikmati standar hidup paling tinggi karena mendapatkan pendidikan dan perawatan kesehatan yang lebih baik serta perumahan-perumahan dan layanan publik berkualitas yang dihadirkan oleh negara kecil ini.

Luksemburg masuk dalam daftar negara kedua terkaya di dunia setelah Qatar dan nomor satu di benua Eropa.

3. Singapura

singapore togel 2021
via mothership.sg
Negara yang berhasil menempati urutan ke-3 sebagai negara paling kaya di dunia adalah Singapura.

Perjalanan panjang dilalui oleh Singapura ketika awal kemerdekaannya di tahun 1965 yang mana setengah dari rakyatnya adalah buta huruf, sampai di abad 21 Singapura bisa menjadi salah satu 10 besar negara terkaya di dunia.

Singapura bisa menjadi negara paling makmur di seantero ASEAN saat ini disebabkan kebijakan pemerintahnya terutama dalam hal pajaknya hingga menjadi surga fiskal yang menggiurkan bagi para investor kelas dunia dalam menanamkan investasinya.

Laju perkembangan yang pesat dalam sektor keuangan, manufaktur, dan perdagangan di Singapura menjadikan negeri yang terletak di wilayah Asia Tenggara ini adalah zona paling ramah dalam berbisnis di dunia.

4. Brunei Darussalam

The 10 Most Beautiful Places to Visit in Brunei Darussalam
via pinterest.com
Tak cuma Singapura, negara dari wilayah Asia Tenggara yang masuk dalam urutan paling kaya di dunia, yaitu Brunei Darussalam.

Sultan Hassanal Bolkiah, sebagai pemimpin negara ini ternyata mempunyai kekayaan yang sangat luar biasa besar sekali jumlahnya.

Kekayaan yang dimiliki oleh Sultan Brunei Darussalam tersebut berasal dari cadangan gas alam dan minyak. Kekayaan tersebut diperkirakan mencapai sejumlah 28 miliar dollar AS atau setara 392 triliun bila dirupiahkan.

Kekayaan yang dimiliki pemimpin Brunei Darussalam tersebut bila dibandingkan dengan kekayaan Ratu Elizabeth di Inggris bahkan mencapai lebih banyak 50 kali lipatnya.

5. Irlandia

100 of the most beautiful places in Ireland
via cnn.com
Negara selanjutnya yang masuk dalam top besar negara terkaya di dunia berasal dari Benua Eropa, Irlandia.

Salah satu yang bisa dikatakan mengejutkan dari negeri satu ini adalah, ketika dimana semua negara di Eropa menghadapi ketidakpastian karena Brexit dan ketegangan perang dagang dengan Amerika Serikat, serta krisis pengungsi dan migran, Irlandia malah mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Pertumbuhan PDB-PPP yang meroket hingga sebesar USD 83.399 atau sekitar Rp 1,1 miliar, didapati oleh Irlandia hingga berhasil masuk ke posisi negara ke-6 sebagai negara paling kaya di dunia.

6. Norwegia

Best 100 The Most Beautiful Towns You Should Visit in Norway
via handluggageonly.co.uk
Faktor utama kenapa Norwegia bisa menjadi negara terkaya di dunia adalah karena di akhir tahun 1960-an negara ini telah menemukan cadangan minyak yang sangat besar di lepas pantai wilayah negaranya.

Sebagai salah satu negara terbesar produsen minyak bumi di Eropa Barat, dan ditambah adanya kenaikan harga minyak bumi pada beberapa dekade ini, NOrwegia sangat diuntungkan sekali karenanya.

7. Uni Emirat Arab

the best place of dubai united arab emirates 2021
via agoda.net
Tak hanya Norwegia, negara yang berada di Teluk Arab satu ini pun, Uni Emirat Arab (UEA), menjadi negara yang sangat diuntungkan karena keberadaan cadangan minyaknya yang besar.

Padahal sebelum minyak ditemukan, perekonomian di UEA hanyalah berpusat pada pertanian dan perikanan serta perdagangan mutiara saja yang menjadi andalannya.

Selain minyak, industri utama dari UEA adalah di bidang hidrokarbon, keuangan, perdagangan, konstruksi dan pariwisata yang banyak menarik banyak orang diseluruh penjuru dunia untuk datang ke UEA. Dan menariknya adalah, penduduk yang lahir disana secara lokal hanyalah sebanyak 20 persen saja dari jumlah keseluruhan penduduk UEA.

Arsitektur Islam berpadu dengan bangunan mall-mall mewah banyak menghiasi wilayah di negeri Arab yang satu ini. Warganya pun sangat kosmopolitan menikmati kekayaan melimpah di negerinya.

8. Kuwait

Top 10 Best Places to Visit in Kuwait City
via worldtravelguide.net
Di tahun 1938, Kuwait menemukan cadangan minyak yang sangat besar di wilayah Gurun Arab kedaulatannya. Dari jumlah total cadangan minyak dunia yang ada sekarang ini, sebesar 6% lebihnya dimiliki oleh Kuwait.

Dengan melimpahnya minyak, yang lebih dari 90 persennya di ekspor, sebesar 40 persen PDB Kuwait disokong oleh industri minyaknya.

Negara kecil yang berada di tepi utara Teluk Persia ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 4,1 juta jiwa yang mayoritas tempat tinggalnya berada daerah perkotaan.

Selain menjadi negara terkaya di dunia, Kuwait juga menjadi salah satu negara di Timur Tengah yang paling demokratis dan maju.

9. Swiss

10 Best and Most Beautiful Places to Visit in Switzerland
via handluggageonly.co.uk
Negara yang menempati posisi ke-9 sebagai negara paling kaya di dunia adalah Swiss, memiliki jumlah penduduk sekitar 8,6 juta orang dan terkenal dengan cokelat putihnya.

Tidak aneh bila Swiss masuk dalam jajaran negara-negara terkaya di dunia. Sebabnya, dari setiap 100 ribu warganya, sebanyak 9.428 warga tersebut termasuk miliarder. Oleh karena hal tersebut, Swiss menempati posisi teratas di dunia dalam hal kepadatan jutawan tertinggi.

Sektor ekspor permata dan logam mulia, produk farmasi, perangkat dan mesin presisi (peralatan komputer, medis, dan juga jam tangan) adalah sektor-sektor utama Swiss dalam menumbuhkan perekonomiannya.

Indonesia?

100 Beautiful Places in Indonesia Every Tourist Must Visit in 2021!
via
Menurut data IMF dalam daftar negara-negara terkaya di dunia tahun 2020, Indonesia yang memiliki PDB-PPP sebesar USD 13.998 atau sekitar Rp 195 juta, negeri kita tercinta ini berhasil menempati posisi ke 98 dari 100 daftar negara tersebut ;D

Itulah 10 negara paling kaya di dunia tahun 2020. Selamat tinggal tahun 2020, selamat tinggal corona, selamat datang tahun 2021, selamat datang tahun vaksinasi covid-19. Semangat dan selamat!

Post a Comment for "Ini dia, 9 Negara Paling Kaya di Dunia Tahun 2020"

Dapatkan artikel terbaru langsung ke inbox email Anda. GRATIS!