6 Hal Ini Perlu Disiapkan Sebelum Memelihara Kucing - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Hal Ini Perlu Disiapkan Sebelum Memelihara Kucing

Niadi.Net - Kucing menjadi salah satu pilihan tepat dan mudah dalam dipelihara karena sifatnya yang selain menggemaskan juga karena ketersediaan makanan kucing yang tergolong mudah didapatkan.

Bila akhirnya Anda tertarik untuk merawat kucing sebagai hewan peliharaan, maka ada beberapa hal yang harus Anda diketahui agar kucing peliharaan menjadi aman dan nyaman di rumah.

Hal tersebut penting untuk dipersiapakan agar supaya dikemudian hari tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kepada Anda maupun kepada kucing peliharaan.

Bagi Anda seorang pemula yang akan memelihara kucing, setidaknya harus mengetahui beberapa hal penting dilakukan sebelum Anda membawa kucing peliharaan menjadi bagian penghuni rumah Anda.

Berikut ini beberapa tips yang harus Anda persiapkan pertama kali ketika Anda hendak memelihara kucing di rumah. checkout!.

1. Lakukan Survey

nama nama kucing jantan betina lucu yang bagus
fonwall.ru
Meski banyak informasi mengenai kucing sebagai hewan peliharaan yang bertebaran di ranah dunia maya sekarang ini, dan mungkin juga informasi yang berasal dari hasil perbincangan Anda dengan penyuka hewan peliharaan imut yang satu ini.

Tentu itu tidak serta merta bagi Anda langsung memutuskan kucing jenis apa yang bisa Anda hadirkan di rumah Anda.

Merawat kucing peliharaan di rumah kurang lebih akan sama ketika kita akan mencari calon pasangan yang nantinya akan tinggal bersama dengan kita.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan kucing jenis apa yang paling sesuai untuk tinggal bersama di rumah. Survey mesti kita lakukan sedari awalnya untuk bisa melihat dan memilih kucing satu per satu dengan ketelitian yang seksama.

Karena hal tersebut nantinya akan berpengaruh pada psikologis kucing ketika mendapati lingkungan yang baru, termasuk pula kepada penghuni rumah sebelumnya ketika ada keberadaan kucing peliharaan.

Pilih kucing mana yang cocok untuk tinggal di lingkungan rumah Anda, apakah jenis kucing yang santai, sering bermalas-malasan, agresif maupun yang siap sedia ketika diajak bermain sang pemilik.

Kecocokan antar penghuni rumah dan lingkungan sekitarnya menjadi poin penting dan utama untuk dipersiapkan sebelum Anda mulai merawat kucing peliharaan.

2. Atur Porsi dan Jam Makannya

jual merk makanan kucing yang mengandung babi
www.dailymail.co.uk
Ada beberapa jenis kucing peliharaan seperti Garfield misalnya, dalam urusan makanan mereka tidak akan berhenti untuk terus menyantap makanan meski sebetulnya mereka sudah kenyang.

Di lain pihak, sebegai pemilik kucing peliharaan memang ada maksud baik ketika mereka terus memberikan makanan selama si kucing pun terus memintanya.

Namun hal tersebut adalah keputusan yang buruk untuk dilakukan, karena makan makanan secara berlebihan malah akan menimbulkan risiko penyakit bagi kucing peliharaan Anda.

Maka dari itu, temuilah dokter hewan maupun pemilik kucing peliharaan yang telah berpengalaman dan minta pendapat mereka mengenai jadwal dan porsi makanan yang sesuai bagi jenis kucing peliharaan Anda.

3. Tempat Khusus Membuang Kotoran

tips mudah cara menghilangkan obat kutu kucing
www.wideopenpets.com
Mungkin pandangan Anda sebelum pernah merawat kucing peliharaan, Anda akan berpendapat bahwa hanya dengan menyiapkan sebuah kotak pasir dan menyimpannya di dekat si kucing sudah cukup.

Jika hal tersebut memang Anda lakukan, maka itu adalah sebuah kesalahan. Sekalipun kucing yang pada umumnya adalah teman hidup kita yang terlihat santai, sejatinya dalam urusan membuang kotoran mereka itu sebenarnya sangat pilih-pilih.

Masalah yang sering banyak terjadi kepada kucing peliharaan baru ketika mereka memasuki rumah adalah persoalan tentang keinginan mereka yang berpusar pada kebiasaannya dalam membuang air dan kotoran mereka.

Etika sederhana dan efektifnya adalah Anda harus menyiapkan satu kotak untuk tempat pembuangan kotoran, dan semakin banyak kucing peliharaan yang dpelihara meka jumlahnya juga harus menyesuaikan.

Tempat dimana Anda akan meletakknya pun harus Anda ketahui dan menjadi hal yang utama untuk Anda persiapkan. Tempat yang tinggi dan bising di rumah adalah area yang harus Anda hindari dalam menyimpan tempat buangan kotoran kucing peliharaan.

Tempat untuk membuang kotoran kucing peliharaan harus khusus yang bisa membuat si kucing aman dan nyaman.

Karena bila kita asal saja dalam menaruh tempat buangan kotoran, si kucing tak akan menggunakan tempat tersebut dan malah akan mencari tempat yang baru yang mana membuat mereka nyaman ketika mereka buang air atau kotoran.

4. Jangan Marah Ketika Kucing Mencakar

apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing
www.luckypet.com.au
Tak ada kucing yang tak mencakar. Tidak hanya kebiasaan, namun urusan cakar mencakar barang atau tempat itu adalah soal kebutuhan alami yang dimiliki dan harus disalurkan oleh si kucing.

Kebiasaan menggaruk atau mencakar itu dilakukan oleh si kucing sebenarnya mereka lakukan untuk melepas ketegangan yang sedang dialaminya.

Maka ketika Anda sudah siap dalam memutuskan untuk memelihara kucing peliharaan di rumah, Anda pun mesti siap dan paham atas konsekuensi yang akan dihadirkan oleh si kucing peliharaan Anda di rumah.

Solusi tepat untuk menyalurkan kebutuhan alami si kucing adalah dengan menyediakan tiang garuk yang khusus atau yang semacamnya. Hal tersebut harus Anda persiapkan agar nantinya bisa melindungi atau mengurangi risiko target cakaran si kucing ke meubeler seperti sofa, meja, kursi, dlsb.

5. Tempat Khusus Memanjat

foto gambar jenis kucing lucu korea dan jepang
www.home-designing.com
Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan kucing adalah kebiasaan mereka memanjat sesuatu.

Bila berada di alam liar kucing pastinya akan memanjat pohon untuk mengawasi sekitar lingkungannya dengan aman. Nah, hal itu akan berbeda bagi kucing peliharaan di rumah, apalagi bila Anda tak memiliki halaman yang ada pohonnya.

Ruang atau tempat yang tinggi masih diperlukan oleh si kucing peliharaan Anda di dalam ruangan rumah meskipun tidak ada predator yang akan mengancam kehidupan mereka. Tempat tinggi mesti kita hadirkan di ruangan rumah kita agar mereka merasa nyaman dan aman berada di rumah Anda.

Tempat yang tinggi bisa kita siasati dengan menyediakan rak yang tinggi agar si kucing masih bisa menyalurkan kebiasaan memanjatnya dan memberikan rasa aman dan tenang.

Meski tak ada predator yang mengancamnya suara yang keras ketika anak-anak bermain maupun suara dari anjing atau hewan peliharaan lain di sekitarnya bisa mengganggu kenyamanan si kucing peliharaan.

6. Atur Jadwal Bermain

nama kucing islami nabi muhammad rasulullah
catvills.com
Jalan-jalan dengan kucing peliharaan ke luar rumah tidak harus untuk dilakukan setiap hari, namun tidak lantas juga Anda harus terus membiarkan kucing peliharaan bermalas-malasan di kursi sofa rumah sepanjang hari.

Kegiatan setiap hari dan bahkan berbeda juga dibutuhkan oleh kucing peliharaan. Kucing peliharaan akan terus mencari-cari sesuatu untuk mengisi aktivitasnya, memutari kaki Anda dan bahkan naik ke pangkuan tubuh Anda.

Untuk menyiasati hal tersebut Anda bisa memberikan sesuatu pada si kucing dengan melepar suatu barang atau mainan khusus untuk si kucing agar mereka mengejar.

Mainan yang berbentuk mangsa kucing seperti tikus kulit atau burung berbulu adalah mainan yang cocok diberikan agar naluri kucing sebagai hewan pemburu masih ada.

Supaya kucing peliharaan di rumah Anda sehat dan berbahagia, maka luangkan waktu bermain beberapa kali sehari dengan penuh semangat dan interaktif agar kondisi psikologis si kucing tetap terjaga baik dan positif.

Itulah 6 hal yang penting Anda persiapkan sebelum memutuskan untuk memelihara kucing di rumah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "6 Hal Ini Perlu Disiapkan Sebelum Memelihara Kucing"

Dapatkan artikel terbaru langsung ke inbox email Anda. GRATIS!