Hanya Minum Air Putih Berat Badan Bisa Turun, Kok Bisa? - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hanya Minum Air Putih Berat Badan Bisa Turun, Kok Bisa?

Niadi.Net - Rutinitas minum lebih banyak air putih tidak hanya menjadi soal kebutuhan tubuh belaka. Namun kebiasaan yang terlihat sepele tersebut mempunyai banyak efek positif kepada kesehatan tubuh kita.

Ada beragam bukti dan fakta dari banyak penelitian yang telah mengungkapkan bahwa banyak minum air putih bisa menciptakan perubahan yang signifikan pada penurunan berat badan.

Terungakap dari sejumlah fakta bahwa ternyata air yang masuk ke dalam tubuh berkontribusi dalam menurunkan berat badan dengan beragam cara.

Meski seperti itu, berkonsultasi dan meminta pendapat dokter tentang kebutuhan kesehatan mengenai upaya menurunkan berat badan tetaplah penting untuk dilakukan.

manfaat minum air putih 2 liter sehari bagi kulit
ru.freepik.com

Berikut beberapa alasan kenapa minum air putih lebih banyak bisa membantu dalam menurunkan berat badan. checkout!

Perut Cepat Kenyang

Dalam sebuah penelitian kecil di tahun 2018 silam, ditemukan bahwa peserta yang minum air putih sebelum mereka menyantap makanannya itu lebih sedikit daripada peserta yang tidak minum air putih sebelum makan.

Meminum air putih sebelum menyantap makan pun diyakini dapat dijadikan sebuah cara yang efektif dalam mengontrol berat badan.

Alasannya adalah air yang melalui tubuh kita ini dapat dengan cepat dan membantu dalam memenuhi perut pada batas tertentu.

Hal itu pun berlanjut hingga memberikan sinyal kepada otak bahwa perut kita telah kenyang dan tak perlu lagi untuk makan terlalu banyak.

Di samping itu, ketika tubuh kita terjangkit dehidrasi, otak sering kali salah menganggapnya sebagai tanda rasa lapar.

Padahal, ketika kita merasakan haus, maka yang diperlukan oleh tubuh untuk meredakan haus adalah air, bukan asupan makanan.

Menurut penuturan Jagdish Khubchandan, PhD. seorang ahli kesehatan masyarakat dari New Mexico State University, "Minum air bisa menangkal keinginan akan makanan yang bertepung, asin, manis, berasap, minuman beralkohol, dan soda." tuturnya.

"Semua makanan dan minuman tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh, yang nantinya juga akan berkontribusi pada penambahan berat badan," lanjut dia.

Melancarkan BAB

manfaat rajin minum air putih sebelum makan
aarp.net
Air yang masuk pada tubuh menjadi salah satu unsur penting dalam membantu kita dalam memproses pembuangan kotoran.

Bila tubuh kita kekuarangan air, maka akan lebih memungkinkan terkena sembelit yang pada akhirnya kotoran dalam tubuh menumpuk dan susah untuk buang air besar (BAB).

Perut kembung akan kita rasakan apabila kotoran telah banyak menumpuk di tubuh, dan berat badan pun terasa lebih berat dari seharusnya.

Berdasarkan studi pada tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa air minum putih lebih banyak secara rutin bisa membantu tubuh kita dalam mencegah dan mengobati sembelit pada anak orang dewasa dan bahkan anak-anak.

Meminum air putih lebih banyak akan sangat membantu kita terhindar dari penyakit sembelit, dan bahkan menjadi obat yang efektif dalam mengobati sembelit.

Membakar Lemak

aturan minum air putih sehari berapa gelas untuk diet
grandhaven.org
Rutinitas minum air putih sangat penting untuk dilakukan sebagai proses alami pada tubuh kita dalam membakar lemak hingga mengubahnya jadi energi, hal itu dinamakan lipolisis.

Lipolisis ialah sebuah cara yang dilakukan oleh tubuh secara alami yang berguna dalam memecah lemak.

Tahap pertaman pada proses lipolisis ini dinamakan hidrolisis, yakni proses dimana ketika tubuh menambahkan air yang masuk ke lemak hingga memecahnya.

Dalam sebuah pembahasan tentang kesehatan tubuh di tahun 2016 ditemukan bahwa menambah asupan air pada tubuh menjadi penyebab dalam peningkatan lipolisis.

Oleh sebab itu, para peneliti meyakini bahwa minum air lebih banyak dapat menambah metabolisme tubuh hingga bisa menurunkan berat badan.

Mendorong Metabolisme Tubuh

Beberapa riset mengungkapkan bahwa banyak minum air dingin bisa membantu pada peningkatan metabolisme, dikarenakan tubuh akan bekerja lebih banyak saat mencoba menghangatkannya.

Nah, ketika proses itu berjalan bersamaan dengan banyaknya kalori yang terbakar yang mana proses tersebut disebut sebagai termogenesis.

Dalam suatu penelitian di tahun 2013, para peneliti mengamati efek dari minum air putih sebanyak 500 ml dalam waktu 30 menit sebelum makan pagi, makan siang, dan makan malam.

Penelitian tersebut dilaksanakan kepada 50 gadis yang memiliki berat badan berlebih selama delapan minggu.

Hasilnya, para peneliti menemukam bahwa semua peserta ternyata mengalami penurunan berat badan dan telah meminimalisir Indeks Massa Tubuh (BMI) mereka tanpa mengerjakan perubahan pola makan dan pola gaya hidup lain selama dilakukannya penelitian.

Maka, para peneliti lantas mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa penurunan berat badan tersebut ialah hasil dari termogenesis yang disebabkan oleh air.

Sedikit Asupan Kalori

Tidak seperti ketika minum minuman yang manis-manis, seperti soda misalnya yang mengandung banyak kalori. Kandungan air putih hanya nol kalori saja.

Karena tidak adanya kandungan kalori dalam air putih, maka minum air putih adalah solusi tepat, mudah, dan efisien dalam mengurangi asupan kalori dalam tubuh hingga dapat membantu kita dalam rangka menurunkan berat badan.

Di tahun 2015, hasil penelitian membuktikan bahwa ada dampak yang sangat signifikan dari para peserta penelitian dimana mereka semuanya adalah wanita gemuk.

Penelitian yang dilakukan selama 6 bulan tersebut dibangi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang mengganti kebiasaan minum soda dengan air putih, dan kelompok yang kedua adalah kelompok yang selalu minum minuman bersoda.

Dari hasil penelitian tersebut, peserta yang mengganti kebiasaan minum soda dengan minum air putih mendapatkan efek positif pada penurunan berat badan mereka yang lebih banyak.

Berdasarlakan laporan dari National Academy of Sciences, Engineering, and Medicine, mereka menganjurkan kepada wanita untuk minum air putih minimal sebanyak 2,7 liter sehari dan untuk pria sebanyak 3,7 liter sehari.

Secara keseluruhan anjuran lembaga tersebut itu sangat membantu kita dalam menurunkan berat badan berlebih, terutama bagi mereka yang sedang menjaga pola diet dan mempunyai rencana untuk menurunkan berat badan.

Tak lupa juga hal yang menjadi perhatian utama dan penting adalah kita harus bisa mengetahui kapan waktu yang terbaik untuk minum air putih.

Dan dari banyak laporan hasil penelitian telah membuktikan bahwa meminum air putih lebih banyak sebelum kita makan adalah waktu yang disarankan, karena asupan makanan pada tubuh kita akan jadi lebih sedikit dan cara tersebut adalah metode yang sangat mudah, efektif, dan juga efisien untuk dilakukan.

Itulah beberapa alasan kenapa hanya dengan minum air putih yang banyak bisa membantu kita dalam menurunkan berat badan. Semoga membantu.

Post a Comment for "Hanya Minum Air Putih Berat Badan Bisa Turun, Kok Bisa?"

Dapatkan artikel terbaru langsung ke inbox email Anda. GRATIS!