8 Khasiat Lidah Buaya bagi Kesehatan dan Kecantikan - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Khasiat Lidah Buaya bagi Kesehatan dan Kecantikan

Niadi.Net - Lidah Buaya merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh di halaman rumah ataupun di dalam pot. Mudah tumbuh pada kawasan dengan iklim tropis, semi-tropis, serta kering.

Selama ini, banyak orang yang lebih mengetahui khasiat lidah buaya untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut.

Ini karena adanya kadar air dan asam amino pada lidah buaya yang sangat baik untuk kesuburan, serta kelembaban rambut. Membuat rambut menjadi lebih sehat, tidak mudah rontok, dan tumbuh dengan lebat.

manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan
www.earthfriendlymomma.com
Namun, tahukah Anda jika sebenarnya lidah buaya merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat? Khasiat lidah buaya itu diperoleh karena lidah buaya kaya akan nutrisi, seperti zat bes, mineral, kalium, kalsium, zinc, magnesium, serta vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung zat antioksidan seperti saponin, flavonoid dan fenol.

Khasiat lidah buaya sendiri bisa diperoleh dengan berbagai cara. Bisa dengan membuat ramuan menggunakan campuran herbal lainnya, dibuat jus ataupun langsung digunakan getahnya.

Berikut 8 khasiat lidah buaya bagi kesehatan yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut. checkout!

1. Masalah Gigi

Bila Anda memiliki gigi yang berlubang, maka Anda bisa memanfaatkan khasiat lidah buaya untuk membersihkan bakteri di rongga mulit. Dengan begitu, maka rongga mulut akan tercegah dari infeksi jamur.

Selain itu, lidah buaya memiliki banyak kandungan vitamin C yang dapat membantu untuk mencegah radang gusi. Caranya adalah dengan mencampurkan getah lidah buaya dalam segelas air hangat. Dan kemudian gunakan untuk berkumur.

2. Anti Aging

manfaat lidah buaya aloe vera untuk kecantikan kulit tubuh
www.saisriagrotech.in
Dengan kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk itu, manfaatkanlah khasiat lidah buaya sebagai anti aging yang mampu untuk memperbaiki kondisi sel tubuh yang rusak. Selain itu, nutrisi pada lidah buaya sangat ampuh membentuk antibodi tubuh untuk melawan infeksi virus dan bakteri.

Khasiat lidah buaya lainnya untuk menjaga kondisi tubuh adalah dengan adanya kandungan antioksidan, mineral dan vitamin pada lidah budaya yang mampu memempengaruhi fungsi organ dan sistem tubuh untuk membersihkan racun secara alami dalam tubuh.

Cukup dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, maka tubuh Anda akan selalu segar dan terjaga kesehatannya.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan pada lidah buaya juga memiliki khasiat untuk mengendalikan gula darah. Tentunya akan sangat bermanfaat untuk Anda yang menderita diabetes.

Hanya dengan mengonsumsi jus lidah buaya selama dua minggu sebanya dua sendok makan setiap harinya, akan membantu menurunkan kadar gula Anda.

4. Antioksidan

Banyaknya kandungan vitamin C pada lidah buaya membuat tanaman ini dapat menjadi antioksidan pada tubuh. Ditambah dengan adanya anti inflamasi pada lidah buaya, sehingga dapat mencegah terbentuknya luka atau bisul pada tubuh.

Cukup dengan sering mengkonsumsi sebagai jus, agar khasiat lidah buaya dapat Anda rasakan.

5. Masalah Pencernaan

Anda memiliki masalah pada pencernaan? Ketahuilah bahwa khasiat lidah buaya juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Ini karena terdapat kandungan antrakuinon yang memiliki efek untuk memperlancar pencernaan.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat membantu menangani gejala GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung, seperti mual, bersendawa dan mulas. Cukup dengan mengkonsumsi jus lidah buaya.

6. Obat Sariawan

Kandungan vitamin C pada lidah buaya juga dapat menjadi alternatif sebagai obat sariawan. walapun tidak secepat obat dari resep dokter, akan tetapi khasiat lidah buaya mampu untuk mempercepat proses penyembuhan ketika sariawan.

7. Kesehatan Kulit

manfaat lidah buaya untuk luka jatuh lecet bakar
www.stoppsoriasi.it
Khasiat lidah buaya dipercaya mampu untuk mempercepat proses regenerasi bagi kulit. Ini sebabnya, lidah buaya dapat digunakan untuk obat oleh pada luka bakar ringan.

Tidak hanya itu, adanya kandungan vitamin B, vitamin C dan vitamin E pada lidah buaya, membuat lidah buaya mampu untuk menyembuhkan aneka luka ringan. Caranya hanya dengan mengoleskan getah dari lidah buaya pada kulit yang terkena luka.

Akan tetapi, jangan menggunakannya pada luka bakar yang sangat parah, apalagi jika masuk ke kulit bagian dalam, karena dapat menyebabkan alergi.

8. Stamina Tubuh

Bila Anda suka melakukan olahraga berat atau sedang menjalankan program diet, maka khasiat lidah buaya yang bisa Anda dapatkan adalah untuk meningkatkan stamina.

Lidah buaya memiliki kandungan mineral, serta nutrisi yang mampu untuk meningkatkan energi pada tubuh. Selain itu, terdapat pula kandungan adaptogen yang dipercaya tidak hanya dapat meningkatkan energi, tapi juga mampu mengurangi kelelahan, trauma, stress serta rasa cemas.

Banyak sekali khasiat lidah buaya yang dapat diperoleh, baik dengan konsumsi secara langsung atau menjadikannya sebagai obat oles.

Akan tetapi, jangan terlalu sering ataupun terlalu banyak menggunakannya. Bila Anda terlalu banyak konsumsi lidah buaya, bisa menyebabkan diare dan keram pada perut.

Selain itu, konsumsi lidah buaya juga tidak boleh dilakukan berbarengan dengan obat dari resep dokter, untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian beberapa khasiat lidah buaya untuk kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat sekali terutama di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Post a Comment for "8 Khasiat Lidah Buaya bagi Kesehatan dan Kecantikan"