Cara Mudah Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami

Niadi.Net - Luka bakar merupakan salah satu luka yang bisa didapatkan oleh siapapun di manapun dengan kondisi yang tidak terduga.

Mulai dari luka bakar ketika memasak, menyetrika, membakar sampah, luka bakar akibat kecelakaan kerja di pabrik, hingga tersiram oleh minuman panas.

Itu sebabnya, tidak ada salahnya untuk mengenal beberapa herbal luka bakar yang mudah didapatkan di sekitar, agar luka bakar dapat segera ditangani.

Berdasarkan tingkat keparahannya, ada tiga tingkatan dalam luka bakar. Tingkat pertama merupakan luka bakar ringan yang hanya melukai lapisan terluar kulit.

Biasanya kulit Anda akan terlihat merah dan terasa sakit. Luka bakar ini biasanya disebabkan karena tersiram air panas, atau terkena barang yang tidak terlalu panas.

macam-macam obat luka bakar alami
www.balkanfoodrecipes.com

Untuk pertolongan pertama, biasanya cukup dengan disiram di air keran atau air mengalir.

Luka bakar ini biasanya akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, bila ingin cepat sembuh atau masih terasa sakit, Anda bisa obati dengan herbal luka bakar.

Luka bakar tingkat dua merupakan luka bakar yang menyebar hingga lapisan dalam kulit (lapisan kedua). Luka bakar ini bisa karena terkena air mendidih, terkena setrika panas, atau terkena minyak panas.

Biasanya bagian yang terkena luka bakar akan menjadi merah dan bengkak, kemudian akan timbul bercak pada kulit. Dan bila tidak segera ditangani maka luka itu akan melepuh, serta terasa sakit sekali.

Untuk itu, pertolongan pertamanya adalah segera cuci dengan air keran, dan buka semua perhiasan atau aksesoris yang Anda kenakan. Kemudian segera oleskan dengan herbal luka bakar.

Bila tidak segera ditangani, luka bakar ini dapat menjadi lebih parah dan merusak jaringan kulit lebih dalam. Bahkan, akan menyebabkan bekas luka.

Luka bakar tingkat tiga merupakan luka bakar yang sangat parah. Di mana lukanya akan merusak jaringan kulit, dan mencapai lemak di bawah kulit. Bagian yang terkena luka bakar akan terlihat putih, cokelat bahkan hitam.

Biasanya luka bakar ini karena terkena api yang sangat panas. Luka bakar ini harus segera ditangani oleh tenaga medis, karena dapat merusak saraf-saraf pada kulit, bahkan menyebabkan mati rasa.

Bila tidak memiliki pengalaman, Anda tidak disarankan memberikan herbal luka bakar pada penderita, karena kesalahan pengobatan dapat membuat saraf-saraf pada kulit penderita menjadi lebih parah.

Aneka Herbal Luka Bakar dan Cara Membuatnya

Herbal luka bakar dapat diperoleh dari berbagai tumbuhan atau sari tumbuhan yang ada di sekitar.

Herbal ini dapat digunakan untuk pertolongan pertama, atau menyembuhkan bekas luka bakar tingkat satu atau tingkat dua. Apa sajakah? Ini dia ulasannya.

1. Madu

manfaat madu untuk luka bakar ringan
www.carvaka4india.com
Bila Anda suka mengonsumsi madu, ketahuilah bila madu sangat baik menjadi herbal luka bakar. Ini karena terdapat zat antibakteri di dalam madu yang mampu untuk mengobati penyakit infeksi serta luka bakar.

Dengan sifat madu yang menarik air dari lingkungannya, membuat madu dapat digunakan untuk mengompres luka bakar, terutama ketika telah melepuh. Di mana cairan pada luka bakar akan ditarik oleh madu.

Selain itu, dalam proses pemulihan, madu dapat membersihkan luka serta menghilangkankan sel-sel yang telah mati.

Bagian kulit yang terkena luka bakar tersebut akan menghasilkan sel baru yang akan tumbuh untuk menyembuhkan luka sehingga bekas luka dapat diminimalisir.

Caranya, hanya dengan mengoleskan madu pada bagian yang terkena luka bakar.

2. Daun Sambiloto

manfaat daun sambiloto untuk penyakit kulit
www.klikdokter.com
Jika Anda suka menanam tanaman, sebaiknya Anda menanam pohon sambiloto. Ini karena daun sambiloto sangat bermanfaat sebagai herbal luka bakar.

Tanaman sambiloto sendiri mengandung berbagai zat kimia, seperti asam kersik, alkane, alium, keton, aldehid, kalsium, natrium, neoadrografoid, lakton dan andrografolid yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk luka bakar.

Ini sebabnya, daun sambiloto sering diproduksi sebagai jamu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Untuk mengobati luka bakar, terlebih dahulu cuci bersih daun sambiloto dan tumbuk hingga halus.

Ambil sarinya atau airnya dengan cara diperas. Kompres luka bakar Anda dengan airnya, untuk menghilangkan rasa sakit serta mencegah luka bakar menyebar ke bagian kulit yang lebih dalam.

3. Daun Sirih

manfaat daun sirih untuk luka bakar
indonesia.go.id
Tidak hanya sebagai jamu, daun sirih juga ampuh menjadi herbal luka bakar. Ini karena daun sirih memiliki khasiat menyembuhkan luka luar, seperti luka bakar atau luka sayatan.

Bahkan terdapat artikel penelitian berjudul "Influence of Phytochemicals in Piper Betle Linn Leaf Extract on Wound Healing", yang menyatakan bila ekstrak pada daun sirih mampu untuk meningkatkan proliferasi pada sel-sel NIH3Te serta merangsang penyembukan luka, baik secara in vivo ataupun in vitro pada luka sayat, maupun luka bakar.

Tidak hanya untuk pertolongan pertama pada luka bakar, ekstrak daun sirih juga bermanfaat untuk merawat luka pada kulit akibat luka bakar.

Caranya dengan menghaluskan beberapa lembar daun sirih yang telah dicuci bersih. Kemudian peras airnya, dan gunakan untuk mengompres bagian yang terkena luka bakar.

Dengan sering terjadinya kecelakaan yang menyebabkan luka bakar, tidak ada salahnya jika Anda selalu menyediakan aneka herbal luka bakar ini di rumah, atau menanamnya di halaman rumah Anda.

Itulah beberapa obat herbal alami untuk mengobati penyakit luka bakar. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mudah Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami"