Makanan dan Minuman yang harus dihindari oleh Ibu Hamil - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan dan Minuman yang harus dihindari oleh Ibu Hamil

Niadi.Net - Mayoritas pasangan menyambut kehamilan dengan suka cita. Ibu hamil akan mengerahkan segenap kemampuan agar anak yang dikandungnya sehat sejak di dalam rahim. Orang-orang di sekitarnya, termasuk pasangan dan keluarga, juga akan ikut menjaga dan melindunginya.

Salah-satu upaya penjagaan dan perlindungan itu, yaitu kontrol asupan makanan. Tidak semua menu bisa disajikan untuk ibu hamil.

Justru ada makanan atau minuman yang dilarang atau konsumsinya wajibdi tekan. Apa saja?

Ikan dan Daging yang Belum Matang

bahaya daging mentah untuk ibu hamil
www.sapporo.co.uk
Ibu hamil yang dulunya suka sashimi atau sushi, sebaiknya menahan keinginan dulu, ya. Pasalnya makanan tersebut mengandung bahan makanan yang undercook alias belum matang sempurna. Takutnya makanan tersebut menyimpan bakteri, sehingga berisiko mengusik kesehatan bayi.

Mengurangi Konsumsi Kopi

kopi susu untuk ibu hamil amankah
www.tasteofhome.com
Wanita penyuka kopi tentu rela menekan hasrat ngopi demi si jabang bayi, ya. Kopi sendiri bukanlah minuman yang buruk, asal konsumsinya tidak berlebihan.

Biasanya takaran 200 mg kafein atau sekitar 2 cangkir masih terbilang aman. Namun sebaiknya dikurangi saja agar mencegarh risiko keguguran.

Alkohol

daftar minuman yang dilarang untuk ibu hamil
www.dailymotion.com
Dalam keadaan hamil atau pun tidak, alkohol tidak direkomendasikan bagi siapa pun. Ibu hamil yang tetap menenggak alkohol akan menghadapi risiko yang sulit, sebab janin bisa jadi mengidap sindrom tertentu.

Sindrom tersebut bisa menyebabkan kelainan atau keterbelakangan mental.

Ikan Bermerkuri

ikan yang dilarang untuk ibu hamil
www.mamanatural.com
Beberapa ikan, seperti salmon, masih bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun ikan-ikan seperti todak, hiu, albacore tuna kalengan, dan makerel tidak direkomendasikan.

Ikan-ikan tersebut biasanya mengandung merkuri tinggi atau bahan kimia berbahaya yang menumpuk di dalam tubuhnya. Semua kandungan tersebut mengancam kerusakan pada sistem saraf.

Minuman manis dan bersoda

minuman bersoda untuk ibu hamil
www.hopscotch.in
Demi tumbuh kembang janin yang ideal, sebaiknya tidak dulu mengonsumsi minuman bersoda atau minuman dengan gula berlebihan.

Minuman tersebut kurang baik untuk perkembangan janin. Rasanya mungkin enak, namun efeknya jelas tidak diinginkan.

Perlu kesadaran dan kesabaran ekstra ketika hamil muda. Hati-hati dalam memilih dan mengonsumsi makanan. Semua itu demi kebaikan janin dan ibu sendiri.

Selamat menanti Si Buah Hati! Demikian, Makanan yang ibu hamil tidak boleh makan.

Post a Comment for "Makanan dan Minuman yang harus dihindari oleh Ibu Hamil"