5 Tips Hidup Sehat Ini Bisa Mengurangi Rasa Sakit Akibat Asam Urat - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Hidup Sehat Ini Bisa Mengurangi Rasa Sakit Akibat Asam Urat

Niadi.Net - Setelah kita makan, makanan yang dicerna akan berubah menjadi zat-zat yang diperlukan oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. Selain, menjadi zat seperti zinc dan omega-3, proses metabolisme juga menghasilkan sampah yang akan dibuang melalui urine, feses, atau keringat.

Sebenarnya asam urat adalah limbah akibat proses metabolisme purin. Zat ini biasanya ada dalam bahan makanan.

Namun, dalam tubuh kita sendiri purin juga bisa dihasilkan dari rusaknya sel-sel yang memang kondisi normal atau akibat penyakit tertentu.

menghilangkan rasa sakit akibat asam urat
www.pixabay.com

Apabila kadar asam urat tinggi, ginjal tidak bisa memrosesnya menjadi alantoin. Sehingga asam urat menumpuk dalam darah. Penumpukan zat asam urat ini yang bisa menyebabkan penyakit radang sendi serta batu ginjal.

Asam urat juga merupakan penyakit yang tak bisa sembuh secara total.

Selain dengan minum obat dari dokter, penderita penyakit ini juga sering disarankan untuk melakukan pola hidup sehat. Hal ini tak lepas agar asam urat tak mengganggu keseharian dan semakin parah.

Nah, bila sekarang kamu tengah tersiksa dengan nyeri sendi akibat asam urat. Berikut ada 5 tips hidup sehat yang bisa mengurangi rasa sakit asam urat.

1. Memakan makanan yang rendah purin

cara menghilangkan rasa nyeri karena asam urat
www.pexels.com
Purin adalah sumber utama masalah dari penyakit asam urat. Meski begitu, zat ini tak bisa dihindari begitu saja. Sebab semua makanan termasuk tumbuhan juga mengandung purin.

Namun, kita masih bisa memilah makanan dengan melihat kadar purin-nya.

Ada beberapa makanan yang memiliki kadar purin yang rendah. Ini bisa menjadi solusi asupan makanan bagi penderita asam urat.

Seperti terung dan tomat. Lalu lemon yang kaya akan vitamin C. Yang mana bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

2. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis

makanan apa saja yang harus dihindari penderita asam urat?
www.pexels.com
Gula memang terkenal sebagai dalang dari penyakit diabetes. Namun, gula juga punya peran dalam penyakit ini. Melansir dari laman Healthline, ketika tubuh memecah fruktosa dalam gula, maka purin akan lepas. Jika purin dipecah lagi, maka hasilnya adalah asam urat.

Lalu pada National Health and Nutrition Examination Survey yang dilakukan oleh Centers for Disease Control (CDC) pada tahun 1988 dan 1994. Yang membandingkan antara soda dengan sirop fruktosa tinggi dan soda tanpa sirop fruktosa.

Soda yang tanpa menggunakan sirop fruktosa jagung tidak menjadi penyebab asam urat.

Survei tersebut memperjelas jika fruktosa memiliki hubungan erat dengan asam urat. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis sangat tepat untuk pola hidup sehat penyakit ini. Juga jika tidak ingin tersiksa nyeri pada sendi-sendi di dalam tubuh.

3. Meminum air putih yang cukup

pola hidup sehat untuk penderita asam urat
www.pexels.com
Banyak orang yang tidak suka dengan air putih. Alasannya pun sederhana, karena rasanya hambar. Tak seenak minuman yang memiliki tambahan gula.

Padahal minum air putih ini banyak manfaatnya. Salah satunya untuk mengurangi risiko batu ginjal akibat penumpukan asam urat.

Dijelaskan dalam Journal of Clinical Nephrology, bahwa asupan air yang tinggi bisa mengurangi supersaturasi asam urat. Penurunan ekskresi asam urat dan meningkatnya pH dalam urine. Juga berperan dalam pelarutan kristal asam urat di ginjal.

Mulai sekarang jangan sampai lupa untuk minum air yang cukup, ya. Apalagi ini adalah cara hidup sehat yang murah meriah.

4. Menjaga berat badan tetap ideal

kadar asam urat normal menurut who pdf
www.pexels.com
Bukan hanya sekedar untuk penampilan. Menjaga berat badan tidak melebihi batas idealnya juga demi kesehatan. Karena banyak sekali risiko penyakit yang bisa disebabkan oleh orang yang gemuk. Seperti diabetes dan hipertensi.

Memang obesitas tak mempengaruhi secara langsung dalam peningkatan asam urat. Namun, ada yang namanya sindrom Metabolik dan ini yang mempengaruhinya.

Menurut Journal of the American Society of Nephrology dalam studi Uric Acid, the Metabolic Syndrome, and Renal Disease tahun 2006. Menemukan bahwa sindrom Metabolik yang sering menyerang orang obesitas memiliki pengaruh pada kenaikan asam urat.

Hal ini karena mereka yang terkena sindrom Metabolik mendapat induksi experimental pada fruktosa. Sehingga fruktosa yang terpecah dengan cepat meningkatkan asam urat.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya menata kembali berat badan di batas ideal. Ini bukan soal penampilan, tapi juga kesehatan.

Cara mudah untuk menjaga berat badan yakni dengan diet dan olahraga. Namun, bila kamu ingin diet. Alangkah baiknya bertanya dulu pada dokter.

5. Menghindari obat-obatan yang mengandung purin tinggi

obat dan makanan yang mengandung purin tinggi adalah
www.pexels.com
Kita memang tidak boleh sembarangan dalam minum obat, maka dari itu sebelum minum lebih baik dicermati dulu kandungan di dalamnya. Untuk penderita asam urat, ada beberapa obat yang bisa meningkatkan penumpukan asam urat.

Melansir dari Medical News Today obat yang bisa meningkatkan asam urat seperti obat diuretik; furosemide dan hydrochlorothiazide. Serta aspirin dan obat yang menekan sistem kekebalan tubuh.

Namun, bila kamu ingin mengganti obat, lebih baik diskusikan dulu dengan dokter. Hal ini tak lepas dari ada manfaat lain juga dari obat-obat yang bisa menyebabkan asam urat tersebut.

Itulah 5 tips hidup sehat untuk mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Jangan lupa dicatat, ya. Salam sehat!

Post a Comment for "5 Tips Hidup Sehat Ini Bisa Mengurangi Rasa Sakit Akibat Asam Urat"