Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Niadi.Net - Ibu hamil muda akan melakukan apa saja demi kesehatan bayi dan dirinya sendiri. Apalagi di masa-masa trimester pertama. Fase ini sangat penting, sebab itulah waktu pembentukan organ dan pertumbuhan janin awal.

Salah-satu elemen penting yang patut diperhatikan yaitu makanan. Ibu hamil muda tentu tidak bisa sembarangan makan sebagaimana dulu ketika belum berbadan dua. Makanan yang masuk sudah bukan lagi untuk dirinya sendiri, melainkan untuk bayi yang dikandungnya juga.

Oleh karena itu, menu makan ketika hamil muda biasanya menjadi sorotan penting. Lebih lagi, masa-masa ini kerap bertabrakan dengan fenomena morning sickness, di mana ibu hamil muda sering merasa mual dan muntah-muntah setiap waktu.

Perlu kesabaran ekstra agar ibu hamil muda tetap bisa makan dengan baik dan benar. Namun hasilnya dijamin sepadan.

Dilansir dari Parenting Firstcy, berikut ini adalah makanan yang bagus dikonsumsi ketika hamil muda agar anak tumbuh sehat dan cerdas:

Produk Susu

susu ibu hamil yang bagus
ohsemput.com
Selama hamil muda, makanan atau minuman dengan bahan dasar susu menjadi rekomendasi untuk dikonsumsi. Contohnya seperti susu, keju, yogurt, dll.

Produk susu yang baik kaya akan vitamin D, kalsium, lemak sehat, protein, dan asam folat. Yogurt juga dipercaya mampu mengurangi risiko komplikasi.

Gandum

manfaat roti gandum ibu hamil
english.alarabiya.net
Salah-satu keluhan ibu hamil yaitu konstipasi atau sembelit. Gandum sendiri mengandung serat yang bisa melancarkan proses pencernaan, sehingga bisa mengurangi konstipasi.

Selain itu, gandum juga berpotensi mengurangi diabetes dan obesitas. Anda bisa menjadikan roti atau biskuit gandum sebagai camilan pilihan.

Daging dan Telur Unggas

manfaat daging dan putih telur rebus untuk ibu hamil
twitter.com
Hasil unggas berupa daging dan telur menjadi makanan sehat yang murah meriah. Anda bisa rutin menjadikan menu bebek atau ayam sebagai makanan sehari-hari.

Dagingnya memberi asupan gizi yang baik. Sedangkan telurnya kaya akan kolin sebagai nutrisi vital untuk perkembangan janin dan otak.

Ikan-ikan Tertentu

manfaat ikan salmon untuk ibu hamil
www.todaysparent.com
Ada beberapa spesies ikan yang memberi dampak positif bagi ibu hamil dan janin. Misalnya salmon, yang menjadi sumber vitamin D dan asam lemak omega 3 terpercaya. Namun pastikan ikan dimasak dengan kematangan sempurna.

Sebaiknya ibu hamil muda menghindari konsumsi ikan predator yang besar-besar seperti king makarel, ikan hiu, dan ikan kodak. Pasalnya, ikan-ikan tersebut kemungkinan besar terpapar merkuri berkadar tinggi.

Daging

Aneka daging, seperti sapi dan kambing, bisa menjadi penyumbang protein yang baik bagi perkembangan dan pertumbuhan janin. Zat besi di dalamnya juga cukup cepat diserap tubuh. Sehingga ibu hamil jadi terhindar dari gejala anemia.

Selain itu, daging mengandung vitamin B dan zink. Sehingga membantu calon ibu meningkatkan kekebalan tubuh. Pembentukan sel darah merah dan sistem saraf pun jadi terbantu.

Namun lagi-lagi, pastikan untuk mengonsumsi daging yang matang secara keseluruhan.

Sayuran

sayuran untuk ibu hamil trimester pertama
www.medicalnewstoday.com
Sayuran cukup melimpah di nusantara. Anda bisa memilih wortel, terong, tomat, jagung, dll. Anda juga bisa memilih opsi sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, dll.

Semuanya kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, kalium, dan anti oksidan. Sehingga sayuran selalu berpengaruh baik bagi sistem imunitas tubuh dan pencernaan.

Ibu hamil bisa mengolah sayur dengan berbagai teknik. Entah itu ditumis, direbus, dikukus, atau dimakan langsung sebagai lalap dan salad. Hanya saja, sebaiknya waspada terhadap paparan pestisida.

Buah-buahan

Pertumbuhan bayi dalam kandungan jadi semakin lancar jika ibu bersedia mengonsumsi buah-buahan. Mau itu jambu, alpukat, pepaya, pisang, stroberi, jeruk, dll. Tidak diragukan, buah-buahan memang memiliki vitamin, anti oksidan, dan mineral tinggi.

Kandungan vitamin C pada berbagai buah bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan menyehatkan janin. Sedangkan asam folat berkontribusi mencegah risiko cacat pada bayi.

Kacang-kacangan

Agar semakin afdal, ibu hamil muda bisa mengonsumsi aneka jenis kacang-kacangan. Baik itu kedelai, buncis, kacang tanah, kacang polong, dll.

Kacang-kacangan biasanya mengandung asam folat, protein, dan kalsium. Semua zat itu bisa berperan mengurangi cacat atau risiko penyakit pada bayi.

Di awal-awal kehamilan, ibu bisa menjadikan kacang almond dan mede sebagai camilan sehari-hari.

Tentu saja menjaga kualitas makanan di saat hamil muda tidaklah mudah. Para wanita tangguh ini mesti bergelut dengan rasa mual, muntah, dan suasana hati yang kurang stabil.

Namun demi kesehatan ibu dan bayi, sebaiknya tidak lekas menyerah. Lakukan apa pun agar gizi dari makanan tetap teratur dan bisa memenuhi kebutuhan primer.

Selamat berjuang ya, para Bumil. Kalian luar biasa! Demikian, Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas.

Post a Comment for "Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas"