5 Cara Mudah Mengecilkan File PDF hanya dengan Ponsel Android - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mudah Mengecilkan File PDF hanya dengan Ponsel Android

Niadi.Net - PDF atau Portable Document Format, merupakan format berkas yang dibuat pada tahun 1993 oleh Adobe Systems. Biasanya berkas yang ada berupa gambar, teks, dan grafik. Ya, hampir sama dengan ekstensi dari format doc. Namun, file PDF tidak mudah berubah hanya karena perbedaan software yang digunakan untuk membukanya.

Cara Mudah Memperkecil ukuran file PDF di HP dan Leptop
ilovepdf.com
Sehingga format dokumen PDF ini menjadi populer dan sangat disukai dalam berbagi file untuk mendukung pekerjaan atau tugas secara online. Selain itu, dengan PDF kita bisa mengirim foto sebagai file. Tanpa batasan malah. Akan tetapi, akibatnya file PDF memiliki ukuran yang besar. Jadi akan sangat merepotkan bila mengirimkannya via email.

Meski begitu, kita tak perlu khawatir. Apalagi jengkel akibat menunggu file yang dikirim terlalu lama karena ukurannya besar. Sebab kita bisa mengecilkan ukuran file PDF. Istilah kerennya sih, kompres file. Nah, di bawah ini ada 5 cara mudah untuk mengecilkan ukuran file PDF hanya dengan menggunakan ponsel android. checkout!

1. iLovePDF

Memperkecil ukuran file PDF dengan iLovePDF
ilovepdf.com
Pertama dengan menggunakan iLovePDF. Alat yang satu ini bisa diunduh dari Playstore atau juga langsung melalui halaman website-nya ilovepdf.com. Cara kompresnya juga gampang. Hanya perlu mengunggah file PDF, lalu pencet kompres, sisanya tinggal diunduh lagi.

Di dalam aplikasi ini juga menyediakan banyak sekali fitur. Mulai dari tanda tangan berkas, gabung dan pisah PDF, anotasi, isi formulir. Tentunya ada pula konversi berkas PDF ke dalam bentuk ekstensi word maupun excel.

Membahagiakannya lagi, di sini bisa mengakses kompres PDF secara gratis. Jadi akan sangat membantu pekerjaan ataupun membuat tugas sekolah di masa pandemi begini. Jika ingin menggunakan konversi PDF ke word atau PDF ke PDF/A baru harus berlangganan. Cukup murah juga hanya 6 dolar AS.

Selain itu, dalam aplikasi ini menyediakan multi bahasa. Seperti Inggris, Jepang, Belanda, Spanyol, Yunani, Hindi, dan tentunya bahasa kita tercinta Indonesia. Jadi tak perlu takut bingung karena tidak tahu arti perintah di dalam aplikasinya akibat keterbatasan pengetahuan bahasa.

2. PDF Compressor

Memperkecil ukuran file PDF dengan PDF Compressor
pdfcompressor.com
PDF Compressor adalah solusi kedua untuk mengecilkan file PDF yang berukuran besar. Cara menggunakannya, cukup kunjungi laman website pdfcompressor.com. Kemudian klik unggah berkas, lalu pilih berkas PDF. Setelah diunggah, silakan diunduh lagi.

Selain dalam format PDF, di sini menawarkan unduhan dalam format zip. Dengan format zip, kita bisa mengunduh beberapa file PDF yang sudah dikompres sekaligus. Jadi tak perlu repot satu per satu kompres jika punya file banyak yang harus dikecilkan ukurannya.

Menariknya, mengecilkan file dengan PDF Compressor tak menurunkan kualitas DPI. Jadi kualitas tulisan dan gambar tak pecah. Sehingga masih bisa untuk diperbesar saat membacanya. Website ini cocok untuk yang sekarang kesulitan mengecilkan ukuran file PDF akibat kualitasnya jadi turun drastis.

3. Kompres File PDF

Memperkecil ukuran file PDF dengan Kompres File PDF
apksum.com
Cara ketiga dengan menggunakan aplikasi dari pengembang SmartApps38 yakni Kompres File PDF. Cara menggunakannya tinggal mencari file PDF yang tersimpan di memori, lalu memilihnya. Kemudian tentukan mau dikompres seperti apa. Mau yang recomended, extreme, atau less compression.

Aplikasi ini gratis lho, jadi bagi pelajar tak akan membuat kantong jebol. Selain itu, ukuran aplikasi ini juga tak besar. Hanya 4,4 Mb, sangat cocok dengan ponsel android mid-range yang sudah penuh dengan aplikasi. Sehingga kita tak perlulah menghapus game kesayangan untuk mengosongkan ruang.

Kerennya lagi Kompres File PDF di Playstore sudah mendapat unduhan sebanyak 1 juta kali. Sementara ratingnya mendapat 4,6 dengan 48 ribu lebih ulasan.

4. Smallpdf

Memperkecil ukuran file PDF dengan Smallpdf
smallpdf.com
Keempat menggunakan Smallpdf. Yang mana kita bisa memilih mau memakai versi web atau aplikasi. Bila mau pakai versi web tinggal pergi ke laman smallpdf.com.

Aplikasi ini menawarkan kompresi PDF dari 40 persen hingga yang paling ekstrem 75 persen. Selain kompresi, di Smallpdf juga ada banyak fitur lain. Contohnya konversi PDF ke bentuk file lain atau sebaliknya seperti konversi gambar JPG ke bentuk PDF. Ada juga fitur menggabung dan memisahkan file.

Jika mau tanda tangan file, jangan khawatir, Smallpdf juga telah mendukungnya. Jadi tak perlu repot cari aplikasi lain. All in one, deh, pokoknya!

Namun, untuk menggunakannya kita perlu berlangganan dulu. Apabila masih ragu kita bisa memanfaatkan fitur gratis. Yang mana setiap hari hanya bisa memroses dua dokumen. Walaupun maksimalnya hanya dua dokumen, kita bisa menggunakan 21 fitur lainnya, tak hanya kompres saja.

Akan tetapi, bila ingin berlangganan, ada banyak pilihan variasi pembayaran. Seperti Pro dengan satu pengguna, sebulan dipatok harga 9 dolar AS. Lalu Tim dengan pengguna 2 sampai 20 orang dipatok 7 dolar AS per bulan. Sementara Bisnis dengan lebih dari 15 pengguna diberi harga kustom sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

5. FreePDFConvert

Memperkecil ukuran file PDF dengan FreePDFConvert
freepdfconvert.com
Tips mengecilkan file PDF kelima dengan ponsel android yaitu melalui website FreePDFConvert. Caranya masih sama dengan aplikasi maupun situs yang lain. Cukup unggah file yang ingin dikecilkan, lalu pilih mau dikompres hingga berapa persen.

Bedanya di FreePDFConvert kita bisa menyesuaikan sendiri berapa persen tingkat kompres file-nya. Batas ekstremnya sampai 80 persen. Setelah memilih batasnya tinggal klik kompres file. Tunggu prosesnya sebentar. Kemudian tinggal unduh lagi. Simpel banget.

Selain kompres file PDF, website ini menawarkan banyak fitur lain. Salah satunya konversasi ekstensi file lain ke dalam bentuk PDF ataupun sebaliknya. FreePDFConvert juga punya fitur untuk melindungi PDF, dengan ini PDF akan aman dari pembajakan. Karena terenkripsi dan punya kata sandi.

Nah, itulah lima cara mudah nan simpel mengecilkan ukuran file PDF di ponsel Android yang juga bisa dilakukan melalui komputer PC Desktop atau pun Leptop. Dijamin buat kinerja kirim file PDF melalui email tak lagi membosankan.

Post a Comment for "5 Cara Mudah Mengecilkan File PDF hanya dengan Ponsel Android"