5 Game Ini Akan Membuat Belajar Kimia Tak Lagi Membosankan - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Game Ini Akan Membuat Belajar Kimia Tak Lagi Membosankan

Niadi.Net - Bermain game memang menyenangkan. Apalagi sekarang banyak game yang bisa diakses dengan mudah melalui smartphone. Selain itu, banyak macamnya, membuat pilihan bermain jadi lebih bervariasi. Sehingga terkadang hingga lupa waktu untuk belajar. Atau lupa kalau besok ada ujian kimia.

Daftar Game Android Terbaik untuk Belajar Kimia
www.pexels.com
Mungkin juga kamu malah pura-pura lupa kalau besok ujian, karena belajar kimia itu terasa menjemukan dibanding main game. Namun, kawan, belajar itu penting, lho. Apalagi pada saat seperti ini, sekolah dari rumah. Bila tak belajar karena keinginan sendiri, tentu akan banyak tertinggal.

Lagi pula belajar itu juga tak harus selalu duduk di depan buku, kok. Ada banyak macam belajar yang menyenangkan. Bila kamu sangat suka bermain game, ada lho permainan video yang dirancang juga untuk belajar kimia. Tentu ini akan membuat belajar kimia jadi lebih menyenangkan, bukan?

Nah, di bawah ini ada 5 rekomendasi game yang bisa membantu belajar kimia lebih menyenangkan dan tak lagi membosankan. checkout!

1. Molecule-A Chemistry Puzzle Challenge

Daftar Game Android untuk Belajar Kimia, Molecule-A Chemistry Puzzle Challenge
steprimo.com
Game ini berbentuk puzzle dengan latar kimia. Gambar grafiknya tampak seperti peraga molekul kimia di sekolah.

Cara bermainnya tak begitu rumit. Pemain hanya perlu menyusun atom-atom yang tersebar dalam kolom-kolom ruang dengan cara menggulirkannya sesuai urutan. Meski begitu, ada beberapa hambatan yang akan menghalangi setiap unsur atom untuk membentuk senyawa.

Molecule-A Chemistry Puzzle Challenge, memiliki sekitar 40 level lebih dengan molekul-molekul yang unik. Terdapat pula teka-teki dalam setiap babak yang akan semakin memberikan tantangan dan wawasan. Sangat menarik, bukan?

2. ChemEQ Game

Daftar Game Android untuk Belajar Kimia, ChemEQ Game
steprimo.com
Kalau game ini seperti kuis reaksi kimia. Namun, dengan cara bermain yang lebih menarik. Pemain diberi nama dari sebuah senyawa dan disuruh untuk membentuk strukturnya dengan simbol unsur atom yang disediakan.

Bila salah memasukkan unsur, garis luar dari gelembung tempat penyatuan akan berubah merah. Lantas jika benar akan berubah hijau.

Selain itu, dalam ChemEQ Game, ada dua level lain yang berupa menyusun reaksi kimia. Pemain akan diberikan clue untuk membuat sebuah reaksi.

Setelah berhasil menyusun unsur dengan cara yang sama seperti di level satu. Lalu ada pertanyaan; apakah reaksi ini seimbang?

Nah, kalau belum, pemain perlu menyeimbangkan dengan menambah angka di depan unsur. Ya, seperti menghitung reaksi kimia biasa.

Sayangnya, game ini hanya menggunakan bahasa Inggris. Namun, dengan begitu akan semakin menambah wawasan juga, ‘kan? Karena selain belajar kimia, kamu juga akan belajar bahasa Inggris. Seperti pepatah; sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

3. BEAKER-Mix Chemicals

Daftar Game Android untuk Belajar Kimia, BEAKER-Mix Chemicals
www.youtube.com
Hal yang menyenangkan dalam pelajaran kimia adalah praktikum di lab. Sebab di sana banyak keajaiban yang memukau. Seperti perubahan kertas lakmus dari merah ke biru di percobaan asam-basa.

Juga keajaiban air yang diberi betadin bisa jadi jernih. Namun, bukan karena dimasukkan kalung, ya, hanya beberapa tetes vitamin C saja.

Tentu saat pandemi seperti ini, praktikum kimia jadi jarang dilakukan. Akan tetapi, kemajuan teknologi bisa mengubah hal yang tak mungkin menjadi mungkin, lho. Sebab dalam game Beaker-Mix Chemical, pemain bisa bereksperimen layaknya di laboratorium.

Ada lebih dari 150 bahan kimia virtual yang bisa digunakan seperti natrium klorida, air, kalium, karbon, dan tembaga. Pemain pun bisa dengan bebas membuat percobaan reaksi dalam game ini. Contohnya seperti percobaan mencampurkan tembaga (II) sulfat (CuSO4), air (H2O), serta magnesium (Mg). Sehingga akan menimbulkan perubahan warna layaknya sulap.

4. Kuis Tabel Periodik

Daftar Game Android untuk Belajar Kimia, Kuis Tabel Periodik
www.apkpure.com
Nah, yang satu ini adalah game dengan materi kimia yang paling dasar. Namun, masih banyak murid yang belum hafal. Apa kamu salah satunya? Jika iya, berarti game Kuis Tabel Periodik ini cocok untukmu.

Di sini banyak model pertanyaan mengenai unsur-unsur di tabel periodik. Seperti letak unsur atom H berada di kolom apa. Berapa nomor atom dari Ca. Juga simbol dan massa dari sebuah atom. Misalnya kalsium yang memiliki simbol Ca dengan massa 40,078.

Ini tentu membuat acara menghafal nomor atom, simbol, dan massanya akan lebih menyenangkan. Apalagi bila dibanding dengan cara menghafal tutup mata, buka mata, sambil menyebutkan nama unsur atomnya. Ribet dan membosankan.

5. Kuis Asam Amino

Daftar Game Android untuk Belajar Kimia, Kuis Asam Amino
www.apkpure.com
Masih bermodel kuis dengan pengembang yang sama dengan Kuis Tabel Periodik. Senyawa asam amino pertama ditemukan pada tahun 1806, oleh ahli kimia Prancis Louis-Nicolas Vauquelin. Beliau meneliti senyawa pada asparagus dan memberinya nama asparagina. Namun, baru pada tahun 1898, nama asam amino digunakan di Inggris untuk menyebut 20 senyawa ini.

Selain tabel periodik, yang menyebalkan saat belajar kimia yakni menghafal gugus fungsi. Nah, di dalam permainan ini pemain akan diberikan pertanyaan seputar gugus fungsi asam amino. Selain itu, juga mengenai simbol asam amino dan namanya.

Bagusnya lagi, game Kuis Asam Amino ini tersedia dalam beberapa bahasa. Seperti bahasa Inggris, Jerman, Jepang, Korea, Italia, Tiongkok, Rusia, dan Portugis. Tenang, bahasa Indonesia juga ada kok. Jadi semakin mudah bukan belajar sambil bermainnya.

Itulah 5 game rekomendasi dengan tema kimia yang bisa membantu belajar. Tentu tak ada alasan lagi untuk jenuh belajar kimia, ‘kan?

Karena teknologi smartphone saat ini telah memengaruhi segala sendi kehidupan. Oleh sebab itu, alangkah bijaknya bila memanfaatkannya untuk hal yang lebih berguna. Game memang menyenangkan, tapi yang harus mengenyangkan otak juga. Jangan asal seru dan ikut hype saja, ya!

Post a Comment for "5 Game Ini Akan Membuat Belajar Kimia Tak Lagi Membosankan"