Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Hewan Sakti Yang Bisa Menipu Mata Anda

Niadi.Net - Agar dapat bertahan hidup di alam liar, banyak hewan di bumi ini yang mengandalkan kemampuan alamiahnya. Sebagian diantara hewan-hewan tersebut seperti yang kita ketahui ada yang mengandalkan dari kemampuan kecepatan dan juga kekuatan daya tubuh mereka.

Namun pula, ada beberapa dari hewan yang punya keahlian bawaan lahir yang cukup cerdik dan bisa menipu mata yang melihatnya. Dimana dengan kemampuan tersebut, kita tidak akan tahu bahwa disana ada sesosok makhluk hidup :v

Yap, kemampuan tersebut adalah kemampuan berkamuflase atau menyamar yang bisa dilakukan oleh beberapa hewan dimana mereka melakukan penyamaran tersebut untuk menghindar dari hewan pemangsa. Atau juga si pemangsa yang mempunyai kemampuan kamuflase untuk bisa menangkap calon mangsanya.

Nah, pada tulisan kami ini NiadiNet ingin mengupas sedikit informasi sebagian hewan yang mempunyai keahlian menyamar terbaik yang benar-benar bisa menipu mata Anda.

Berikut 10 hewan yang mempunyai keahlian kamuflase terbaik versi NiadiNet. checkout!

1. Bark Spiders

Bark Spiders si hewan yang bisa menyamar
via sciencesource.com

Yang pertama, adalah seekor laba-laba spesies Bark Spiders atau Laba-Laba Kayu bila menggunakan terjemah Indonesia :v Bark Spiders ini merupakan hewan yang mudah kita temukan di benua Asia, Australia, dan juga Afrika. Dan seringkali si spesies laba-laba kayu ini senang berada di daerah hutan kering.

2. Stonefish

Stonefish Rockfish si hewan yang bisa menyamar
via nationalgeographic.com

Stonefish atau sering juga disebut Rockfish ialah ikan yang ketika berburu mangsanya selalu menggunakan keahlian menyamarnya. Ikan jenis ini adalah ikan yang beracun dan membahayakan, serta dapat berdampak fatal bagi kita manusia bila bersentuhan dengannya.

Si Stonefish ini pun dikategorikan sebagai jenis ikan paling beracun yang pernah ada, dan banyak ditemukan di area pesisir Indo-Pasifik.

3. Daudin's Vine Snake

Daudin's Vine Snake si hewan yang bisa menyamar
via flickr.com

Daudin's Vine Snake atau Ular Anggur Meksiko merupakan spesies ular colubrid dan berasal dari Meksiko, Arizona, Tobago, dan Trinidad.

Tubuh ular anggur Meksiko ini sejatinya amat kurus sekali namun panjangnya dapat bervariasi hingga bisa mencapai 2 meter. Dari segi warnanya pun ular ini bervariasi pula dari warna abu-abu sampai warna cokelat dengan komponen badan bawah yang kekuningan. Untungnya, si ular anggur yang sering kali menyamar direrantingan pohon ini tak mempunyai bisa yang dapat membunuh bagi manusia.

4. Tawny Frogmouth

Tawny Frogmouth si hewan yang bisa menyamar
via reddit.com

Tawny Frogmouth merupakan burung yang bisa kita ditemukan di semua daratan benua Australia dan Tasmania. Burung yang mempunyai kepala besar dan berbadan kekar ini kerap kali oleh banyak orang sering disalahartikan sebagai burung hantu. Warga Australia sering menyebut burung si Tawny Frogmouth ini dengan sebutan nama Mopawk atau Mopoke.

Kamuflase si Mopawk ini benar-benar menipu mata Anda kan? :v

5. Burung Hantu

Burung Hantu si hewan yang bisa menyamar
via boredpanda.com

Hewan yang satu ini memang mempunyai corak warna yang serupa dengan warna kayu, dan karena hammpir sama persisnya dengan warna kayu seperti yang terlihat pada gambar di atas, kita akan susah membedakan jikalau kita cuma memandangnya seklias saja.

Warna corak bulu dari burung hantu ini memang acapkali selalu sesuai dengan wrna corak dari situasi/kondisi corak di habitanya si burung hantu berada. Seperti mempunyai warna corak dedaunan, corak kayu/pohon, atau juga warna corak batu.

6. Peppered Moth

Peppered Moth si hewan yang bisa menyamar
via fineartamerica.com

Peppered Moth merupakan hewan sejenis ngengat, dan seperti kebanyakan ngengat yang ada, serta hewan ini termasuk dalam kategori hewan nokturnal. Dalam sebuah hasil penelitian terkini tentang Peppered Moth ini memperlihatkan bahwa dia bisa merasakan warna disekelilingnya, seperti warna ranting yang ia rasakan dengan kulitnya hingga akhirnya bisa menyesuaikan warna tubuhnya sesuai dengan latar belakang disekitarnya agar supaya dapat melindungi dirinya dari sang predator.

7. Indonesian Mimic Octopus

Indonesian Mimic Octopus si hewan yang bisa menyamar
via dailymail.co.uk

Indonesian Mimic Octopus atau Gurita Penyamar adalah salah satu spesies hewan endemik dari negeri kita tercinta, Indonesia. Pertama kali ditemukan pada tahun 1998 di Sulawesi. Terlihat seperti gurita biasanya, si gurita penyamar ini sanggup menyamarkan dirinya dengan merubah warna tubuhnya agar supaya sama dengan warna di lingkungan sekitarnya berada.

Indonesian Mimic Octopus ini mempunyai keunikannya tersendiri dari gurita lainnya, karena yang membedakannya dari si gurita penyamar ini yaitu terlihat dalam keahlian alaminya yang bisa mengikuti warna wujud benda mati, seperti warna batu atau terumbu karang. Tidak disitu saja, si gurita penyamar ini pun dapat mencontoh laku lampah seperti ikan lepu, dan ular laut untuk menghindar dari pemangsanya.

8. Vietnamese Mossy Frog

Vietnamese Mossy Frog si hewan yang bisa menyamar
via shutterstock.com

Vietnamese Mossy Frog merupakan spesies kodok yang masuk ke dalam keluarga Rhacophoridae. Kodok yang satu ini terlihat seperti batu berlumut dan berasal negeri China dan Vietnam. Habitat alaminya adalah di daerah hutan dataran rendah yang lembap, dan hidup di dalam air tawar, serta di tempat yang berbatu.

9. Timber Rattlesnake

Timber Rattlesnake si hewan yang bisa menyamar
via theworldiphotograph.blogspot.com

Timber Rattlesnake atau Ular Kerincing Kayu merupakan spesies ular beracun endemik dari Amerika Utara bagian timur. Ular Kerincing Kayu ini merupakan satu-satunya hewan spesies ular derik yang ada di Amerika Serikat bagian timur laut.

10. Satanic Leaf-Tailed Gecko

Satanic Leaf-Tailed Gecko si hewan yang bisa menyamar
via wired.com

Satanic Leaf-Tailed Gecko atau dalam bahasa kitanya bisa berarti si Tokek Setan Ekor Daun. Si Tokek Setan ini merupakan jenis tokek yang punya kemampuan dalam penyamarannya yang terbaik dari jenis tokek yang lainnya.

Si Tokek Setan Ekor Daun ini berasal dari hutan tropis di Madagaskar yang memang terkenal dengan hewan langka dan beragam jenisnya.

Jenis Tokek Setan Ekor Daun ini, oleh lembaga/organisasi non-pemerintah internasional yang menangani masalah-masalah tentang konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan atau kita kenal dengan nama World Wide Fund for Nature (WWF) dikategorikan ke dalam spesies "Top 10 Most Wanted Species/Top 10 Spesies Yang Paling Dicari" karena si Tokek Setan ini terancam oleh perdagangan satwa liar.

Itulah 10 hewan sakti mandraguna yang bisa menipu mata kita karena kemampunya kamuflasenya yang unik menarik dan memukau yang melihatnya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "10 Hewan Sakti Yang Bisa Menipu Mata Anda"

Dapatkan artikel terbaru langsung ke inbox email Anda. GRATIS!