Hati-hati, Ini 5 Makanan yang Bisa Membuat Asam Urat Kambuh - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hati-hati, Ini 5 Makanan yang Bisa Membuat Asam Urat Kambuh

Niadi.Net - Asam Urat bukanlah penyakit yang sembuh seketika. Karena asam urat merupakan zat hasil metabolisme purin. Yang mana purin ini dihasilkan oleh tubuh akibat dari kerusakan sel.

Kerusakan sel dalam tubuh bisa normal terjadi, tapi juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu seperti diabetes.

Kelebihan asam urat ini bisa menyebabkan beberapa penyakit dalam tubuh, yakni nyeri sendi atau batu ginjal. Hal ini karena asam urat yang menumpuk membuat ginjal kesulitan memprosesnya untuk dikeluarkan dalam urine. Sehingga membuat asam urat menumpuk pada dua daerah tersebut.

makanan yg harus dihindari asam urat tinggi
www.freepik.com

Selain berasal dari sel yang mati dalam tubuh. Purin juga banyak ditemukan dalam makanan yang kita konsumsi. Sehingga selain dengan minum obat, dokter pasti akan menyarankan untuk menghindari beberapa makanan yang tinggi purin.

Nah, berikut ada 5 bahan makanan yang bisa menyebabkan asam urat meningkat yang harus kamu hindari agar nyeri tak kambuh.

1. Ikan dan makanan laut lainnya

menu makanan untuk penderita asam urat kolesterol dan darah tinggi
www.pexels.com
Seperti yang ditahu ikan adalah makanan yang sehat. Apalagi ikan yang mengandung banyak omega-3. Namun, beberapa jenis ikan dan makanan laut lain memiliki kadar purin yang tinggi. Hal ini tentu tak baik bagi yang punya asam urat.

Beberapa contoh seperti kerang, udang, lobster. Lalu ikan sarden dan tuna yang punya kandungan omega-3 ini, nyatanya punya kandungan purin yang tinggi.

Tentu manfaat omega-3 yang bisa menyehatkan jantung akan menjadi kurang berguna. Terutama akan menyulitkan bagi penderita asam urat.

Meski begitu, jika diolah dengan kukus dan rebus serta patuh pada porsi yang dianjurkan, ikan masih bisa dimakan. Melansir dari Very Well Health, dalam seminggu setidaknya mengonsumsi ikan 2 sampai 4 porsi dengan batas maksimal 6 ons. Yang mana bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan melindungi jantung penderita asam urat.

2. Alkohol

makanan dan minuman penyebab asam urat tinggi
www.pexels.com
Alkohol di sini bukan yang digunakan untuk menyembuhkan luka, ya. Namun, minuman keras yang mengandung alkohol atau etanol. Sejak dulu alkohol selalu dikeluarkan dalam pola hidup sehat. Karena banyak penyakit yang bisa tambah parah, salah satunya asam urat.

Terlansir dari Healthline, alkohol menghambat sekresi asam urat, sehingga membuat penumpukan di dalam tubuh. Alkohol juga merupakan sumber utama purin, senyawa sumber asam urat. Selain itu, alkohol meningkatkan metabolisme nukleotida yang mana adalah sumber tambahan purin.

Oleh karena itu, menghindari alkohol adalah pilihan paling bijak. Terlebih bila kamu tidak ingin tersiksa oleh nyeri di daerah persendian.

3. Gula

makanan untuk penderita asam urat dan gula darah
www.pexels.com
Gula selalu dihindari bagi penderita diabetes, karena menyebabkan lonjakan gula darah. Namun, ternyata gula juga bisa memengaruhi penderita asam urat dan yang dimaksud adalah yang mengandung fruktosa.

Fruktosa merupakan sumber pemanis alami yang terkandung dalam buah dan madu. Selain itu, ada juga gula yang dibuat untuk pemanis buatan. Yang mana gula tersebut mengandung fruktosa hingga 55 persen dan sisanya glukosa.

Ini tentu tak baik bila penderita asam urat mengonsumsi gula fruktosa seperti pemanis sirop jagung. Sebab melansir dari Arthritis Foundation, fruktosa yang terkandung dalam gula saat dipecah dalam tubuh akan menghasilkan purin. Yang mana purin ini bila dipecah juga akan menjadi asam urat.

Oleh karena itu, alangkah baiknya lebih selektif lagi. Menghindari makanan olahan manis dan soda, serta mengurangi konsumsi jus buah yang manis adalah langkah tepat.

Apalagi jika tidak mau nyeri di persendian, maupun batu ginjal menyerang akibat asam urat menumpuk.

4. Daging Merah

daging merah penyebab asam urat
www.pexels.com
Daging merah seperti sapi, babi, dan kambing memang sering menjadi masalah bagi beberapa penderita penyakit. Konsumsi makanan ini juga selalu dikurangi.

Bahkan cenderung diganti menggunakan kacang-kacangan bagi penderita darah tinggi. Ini tak lepas karena daging mengandung lemak jenuh yang bisa semakin mengganggu arteri.

Ternyata bukan hanya penderita darah tinggi saja yang perlu menghindari atau mengurangi konsumsi daging merah.

Penderita asam urat pun perlu untuk menghindari makanan yang satu ini. Sebab daging merah kaya akan kandungan purin.

Namun, daging merah sebenarnya masih bisa dikonsumsi asal tak berlebihan. Dalam seminggu maksimal konsumsinya tak boleh lebih dari 6 ons.

Juga diolah dengan kukus atau rebus. Bisa memakai rempah penurun asam urat juga seperti kapulaga dan lemon.

5. Jeroan

pantangan makanan penyebab asam urat kambuh
www.pixabay.com
Selain daging merah dan ikan. Jeroan; hati, jantung, dan otak juga harus dihindari oleh penderita asam urat. Hal ini tak jauh dari tingginya kandungan purin di dalamnya. Yang mana bila dipecah bisa menjadi asam urat.

Daripada memakan jeroan yang tinggi akan kadar purin lebih baik memakan lentil dan kacang-kacangan.

Meski juga mengandung purin, nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada jantung. Maupun menurunkan gula darah dan hipertensi.

Itulah lima makanan yang perlu dihindari bila tak ingin asam urat kambuh. Memang purin ada di mana saja. Bahkan tubuh kita sendiri menghasilkannya.

Namun, saat kita tahu cara menguranginya dengan pola hidup sehat dan menghindari asupan makanan yang tinggi. Kenapa harus menyiksa?

Gak selera atau kurang nafsu makan karena tak ada daging atau pun ikan? Kalau begitu pilih mana, tersiksa asam urat atau sehat, guys?

Post a Comment for "Hati-hati, Ini 5 Makanan yang Bisa Membuat Asam Urat Kambuh"

Dapatkan artikel terbaru langsung ke inbox email Anda. GRATIS!