10 Ikan Perenang Tercepat di Dunia - niadi.net
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ikan Perenang Tercepat di Dunia

Niadi.Net - Kali ini kita akan membahas perihal kehidupan dunia laut, dan yang akan kita tulis dalam kesempatan kali ini adalah seputar kecepatan ikan yang luar biasa.

Kecepatan adalah salah satu kelebihan yang amat bermanfaat bagi seekor ikan dalam bertahan hidup di lautan. Bagi ikan predator atau pemangsa, kecepatan bermanfaat untuk memburu mangsa mereka, meskipun bagi ikan yang lainnya kecepatan itu bermanfaat dalam menghindari serbuan dari sang predator.

Berikut daftar 10 ikan tercepat di lautan dan beberapa ulasan menarik dari ikan tersebut.

10. Tarpon, Kecepatan: 50 km/jam

100. Tarpon - 10 Ikan Tercepat di Dunia
saltstrong.com
Keluarga Tarpon mempunyai 2 spesies yang dinamai cocok habitatnya, Tarpon Indo-Pasifik dan Tarpon Atlantik. Mereka hidup di perairan beriklim hangat dan tropis pada kedalaman sampai 30 meter, dan terkadang menginjak perairan sungai yang terhubung kelaut.

Tubuh ikan yang bentuknya memanjang ini dan ditutupi oleh sisik-sisik besar ciri lainnya ialah mempunyai warna kehijauan atau kebiruan di unsur punggung, dan putih keperakan di unsur samping dan perut. Tarpon ialah satu-satunya ikan laut yang dapat mencium udara atau oksigen sebab mempunyai struktur eksklusif pada sistem pernafasan.

Ikan tarpon Atlantik bisa tumbuh sampai 2,5 meter dengan berat sampai 161 kg serta bisa hidup sampai 55 tahun. Kerabat tarpon Indo-Pasifiknya 2 kali lebih pendek dan melulu mempunyai berat selama 18 kg dan umurnya bisa hidup sampai 44 tahun.

Tarpon melulu memakan zooplankton, udang, kepiting, herring, mullet dan ikan lainnya. Yang berenang jauh dari pesisir pantai, betina tarpon bisa bertelur sampai 20 juta telur.

9. Hiu Macan, Kecepatan: 55 km/jam

9. Hiu Macan - 10 Ikan Tercepat di Dunia
newsweek.com
Jenis Hiu Macan ini seringkali ditemukan di perairan subtropis dan tropis di Samudra Dunia, hiu ini tidak jarang berenang di sekitar bibir pantai di area Amerika, India, Cina, Australia, Indonesia, Afrika.

Hiu macan lazimnya bermigrasi mengekor arus laut dan dapat berenang dengan jarak lebih dari 3 ribu kilometer dan bisa berenang di kedalaman 900 meter, ini ialah spesies hiu yang berbahaya untuk manusia sebab sering menyerang penyelam.

Ciri-ciri hiu ini seringkali warnanya abu-abu di unsur belakang dan samping dan berwarna putih di unsur perut. Sisi-sisinya mempunyai garis-garis melintang yang menyusun pola harimau. Rahang dan gigi hiu macan ini ialah senjata yang riskan karena mempunyai kekuatan dan keruncingan dalam mengigit buruan atau mangsa, Hiu macan rata-rata mempunyai panjangnya menjangkau 9 meter dan beratnya lebih dari 1,5 ton.

8. Albula, Kecepatan: 60 km/jam

8. Albula - 10 Ikan Tercepat di Dunia
biogeodb.stri.si.edu
Ikan berukuran sedang ini hidup di unsur perairan hangat atau yang yang terpapar ganas sinar matahari berbagi samudra di dunia, Albula lebih memilih bermukim di perairan dangkal dan diperairan hutan bakau di lepas pantai dan terkadang menginjak muara sungai.

Albula mempunyai ciri tubuh memanjang yang diselimuti sisik kecil berwarna kehijauan di punggung dan sisik berwarna keperakan di unsur perut. Kepala dengan moncong lancip yang panjangnya selama 1/3 unsur panjang tubuhnya.

7. Hiu Biru, Kecepatannya 69 km/jam

7. Hiu Biru - 10 Ikan Tercepat di Dunia
theconversation.com
Predator mematikan ini terdapat hidup di mana-mana baik di perairan laut subtropis, hiu biru suka bermukim di laut lepas dan lepas pantai, hiu ini bisa berenang di kekedalaman 350 meter dan mengerjakan perjalanan ribuan kilometer untuk menggali mangsa.

Hiu biru dapat berenang dengan cepat berkat tubuhnya yang laksana torpedo dengan ekor yang powerful dalam mengayuh, sirip dan moncong yang lancip menciptakan hiu ini dapat mencapai kecepatan sampai 69 km/jam sebab moncongnya dapat meminimalisir hambatan air. Warna tubuh predator mematikan ini seringkali berwarna biru di unsur punggung dan putih di unsur perut. Panjangnya biaa menjangkau 3,8 meter dan berat sampai 391 kg.

6. Ikan Tuna, Kecepatan: 75 km/jam

6. Ikan Tuna - 10 Ikan Tercepat di Dunia
oceana.org
Ikan Tuna tergolong bagian dari family mackerel yang hidup di perairan subtropis dan perairan tropis di Samudra laut. Ikan ini diberitakan tidak pernah mengerjakan migrasi antar lintas samudra laksana spesies tuna lainnya. Tuna sirip kuning tidak jarang kali berkumpul dalam kawanannya dan hidup di laut lepas pada kedalaman tidak cukup lebih 150 meter.

Ikan tersebut mempunyai ciri tubuh yang berbentuk fusiform, unsur belakang berwarna biru tua dan unsur samping berwarna kuning, unsur perut berwarna perak muda. Sirip ekor berbentuk bulan sabit memungkinkan tuna guna berenang lama di dalam air dengan kecepatan tinggi.

5. Ikan Wahoo, Kecepatan: 80 km/jam

5. Ikan Wahoo - 10 Ikan Tercepat di Dunia
shopify.com
Wahoo termasuk pun kalangan ikan besar dari family mackerel yang hidup di perairan laut lepas. Panjangnya dapat menjangkau 2,5 meter dan berat sampai 83 kg.

Wahoo pun mempunyai ciri warna belang yang khas disertai terdapat garis-garis biru melintang di unsur punggungnya. Wahoo ialah jenis ikan laut yang mempunyai tubuh yang estetis karena format tubuh yang eksklusif dan tidak mempunyai sisik. Ikan ini bisa berenang cepat bila tanpa halangan laksana kerumunan ikan kecil, terumbu karang.

Di mulut ikan ini terdapat gigi yang tajam yang dipakai untuk berburuh mangsa, mangsa dari ikan wahoo terdiri dari ikan kecil, cumi-cumi. Wahoo tipe bikan individual dan senang berburu dan hidup sendirian, ikan ini bisa berenang pada kedalaman 20 meter didasar air.

4. Horse Mackerel, Kecepatan: 80 km/jam

4. Horse Mackerel - 10 Ikan Tercepat di Dunia
fishsizematters.eu
Ikan ini tidak sedikit ditemukan di perairan Samudra Atlantik yang airnya hangat sebab paparan sinar matahari dan lebih suka berenang di perairan dangkal laksana pesisir dan terumbu karang.

Horse Makarel bisa hidup secara sendiri-sendiri atau berkelompok dan ikan ini mempunyai tubuh yang memanjang. Sisik hijau berwarna kebiruan di unsur belakang serta samping, dan sisik abu-abu keperakan di unsur perut.

3. Black Marlin, Kecepatan: lebih dari 85 km/jam

3. Black Marlin - 10 Ikan Tercepat di Dunia
howtocatchanyfish.com
Black Marlin seringkali hidup di lapisan atas perairan tropis Samudra Hindia dan Pasifik. Ikan ini mempunyai ciri tubuh laksana torpedo yang ditutupi oleh sisik tebal dan format tubuh memanjang.

Moncong black marlin yang runcing dan memanjang dengan perkembangan tulang dibagian moncong sampai-sampai tampak seperti suatu tombak.

2. Ikan Todak, Kecepatan: 100 km/jam

2. Ikan Todak - 10 Ikan Tercepat di Dunia
bbci.co.uk
Ikan Todak hidup di perairan lepas permukaan laut, ikan ini dapat mempertahankan suhu tubuh dan organ lainnya pada perairan dingin laksana dipinggir bongkahan es. Pada otot mata ikan ada jaringan pembuluh darah yang padat, dimana darah bergerak bertentangan arah dan memanaskan darah arteri sampai suhu 10-15°C lebih tinggi dari suhu air di sekitarnya.

Kecepatan berenang ikan todak tidak diragukan lagi sebab tubuh ramping laksana torpedo tanpa sisik, pada rahang atas dan struktur eksklusif insang yang menerbitkan air cocok dengan prinsip mesin jet. Ikan ini bisa mengontrol kecepatan gerak dengan teknik mempersempit dan memperlebar celah insang.

1. Sailor Fish, Kecepatan: 112 km/jam

1. Sailfish - 10 Ikan Tercepat di Dunia
godominicanrepublic.com
Ikan Sailor Fish ini hidup di samudera laut, yaitu di perairan tropis dan mempunyai tubuh yang berbentuk torpedo, serta sirip kusus yang berada di bagian atasnya yang membantu untuk berenang dengan cepat juga bisa bermanuver berelok arah. Sailor Fish adalah ikan yang bisa berenang sangat cepat dengan titik capaian kecepatan bisa lebih 100 km/jam.

Ikan ini termasuk ke dalam tipe predator yang mana akan memakan hewan sebangsanya, yaitu ikan kecil, moluska, ikan sarden, dan teri, serta ikan tenggiri. Lazimnya ikan Sailor Fish ini hidup dengan berkumpul dalam satu kawanan, mereka melakukan perburuan dengan cara mengejutkan mangsanya atau akan menusuk mangsanya dengan moncongnya pabila calon buruannya lumayan besar. Bahkan, beberapa nelayan mengabarkan bahwa Sailor Fish ini dapat membuat lubang pada perahu kayu.

Ikan Sailor Fish dewasa mempunyai panjang sampai 3,5 meter juga berat sampai 100 kg, dan untuk yang jenis betina mempunyai tradisi bertelur di daerah perairan khatulistiwa dan dapat bertelur sampai 5 juta telur. Ikan Sailor Fish ini dapat hidup sampai 12-15 tahun.

Itulah informasi mengenai daftar 10 ikan perenang tercepat di dunia dengan beberapa review menarik dari ikan tersebut.