Trending

45 Jenis Anjing Terkenal di Dunia, Lengkap dengan Ciri Fisik dan Karakternya

niadi.net — Sebagai mamalia yang telah didomestikasi, anjing menjadi hewan peliharaan favorit kebanyakan orang. Terlebih, mereka tak hanya ramah pada manusia, namun juga setia, penyayang, patuh, dan pintar.

Insting hewan ini untuk bersosialisasi pun tinggi, mengingat sudah lama hidup berdampingan dengan manusia. Bahkan anjing menganggap manusia yang merawatnya sebagai keluarga mereka.

Selain menjadi ‘teman’, anjing juga bisa dilatih menjadi pemburu, pelacak, bahkan penjaga. Hal ini mengingat memang ada sejumlah jenis anjing yang ukuran, bentuk, warna, serta karakteristiknya berbeda.

Seperti daftar jenis anjing terkenal di dunia berikut ini, yang tak hanya dapat dipelihara sebagai keluarga di rumah.

1. Anjing Beagle

jenis anjing
zooplus.ie

Salah satu jenis anjing kecil ini ternyata merupakan pemburu. Ukuran rata-rata dari Beagle antara 10-11 kg untuk pejantan, dan 9-10 kg untuk betina.

Menariknya, mereka juga terbagi menjadi 4 jenis, yaitu dengan ukuran kerdil, sedang, beagle rubah, serta beagle terrier. Begitu pula dengan warnanya yang beragam, seperti putih, hitam, serta kuning kecoklatan.

Anjing bertelinga panjang dan tubuh berotot ini memiliki penciuman yang tajam, sehingga bisa menjadi hewan pelacak. Umur dari Beagle sendiri bisa mencapai 12 sampai dengan 15 tahun jika dirawat dengan baik.

2. Anjing Bichon Havanais

jenis jenis anjing kecil
lovemydogz.com

Dikenal juga dengan nama Bichon Habanero ini pun merupakan ras anjing mungil. Berasal dari Mediterania, bobot tubuhnya hanya sekitar 4,5-7,3 kg. Bulu Bihon Havanais ini halus dengan warna beragam, di antaranya putih, cokelat, krem, hingga abu-abu.

Kelebihan anjing yang rata-rata umurnya 13-15 tahun ini sifatnya yang responsif, mudah dilatih, tenang, dan punya jiwa sosial.

3. Anjing Chihuahua

jenis anjing chihuahua
dailypaws.com

Jenis anjing terkecil yang berasal dari Meksiko satu ini bobotnya hanya 1,5-3 kg saja. Bahkan ukuran anakan Cihuahua mirip seperti hamster.

Ciri-ciri fisik jenis anjing kecil ini yaitu telinganya berdiri tegak, wajahnya pipih, serta bulunya pendek dan tipis. Warnanya pun beragam, yaitu hitam, putih, cokelat, krem, dan kuning.

Ukurannya boleh kecil, namun karakter Cihuahua sangat berani, lincah, setia, siaga, cepat, dan patuh. Bahkan usianya bisa mencapai 12-20 tahunan.

4. Anjing Siberian Husky

ada berapa jenis anjing di dunia
britannica.com

Penampilan Siberian Husky memang garang dan mirip serigala. Namun ternyata mereka sangat bersahabat walau terhadap orang asing sekalipun.

Dulu, Siberian Husky difungsikan sebagai penarik kereta salju karena fisiknya kuat, mampu berlari cepat, dan tahan terhadap cuaca dingin.

Namun seiring berjalannya waktu, jenis anjing ini makin populer sebagai hewan peliharaan, apalagi mereka cerdas, lembut, dan aktif.

Adapun bobot Siberia Husky jantan bisa mencapai 20-27 kg, sementara 16-23 kg untuk betina. Warnanya pun beragam, seperti putih, hitam, belang-belang, cokelat kemerahan, hingga perak. Mereka bisa bertahan hitup antara 12-15 tahunan.

5. Anjing Pug

jenis anjing lucu
nativepet.com

Salah satu jenis anjing lucu asal Tiongkok ini memiliki ciri fisik seperti wajah yang seolah mengerut, tubuhnya berukuran sedang, berotot, tingginya 30cm (jantan) dan 25cm (betina) moncongnya pendek, ekornya melingkar, serta telinganya unik.

Biasanya Pug berwarna cokelat muda kekuningan dan hitam, kadang ada pula jenis dengan warna aprikot dan silver.

Sejak dulu jenis anjing ini memang sudah dipelihara, bahkan di masa lampau kerajaan suka merawatnya. Pasalnya, Anjing pug disebut-sebut memiliki kepribadian istimewa, seperti memahami mood pemilik dan pengertian.

Mereka pun tidak agresif, intuitif, pendiam, cerdas, dan suka bermain. Usia rata-ata Anjing Pug antara 12-15 tahunan.

6. Anjing Labrador Retriever

jenis anjing friendly
thesprucepets.com

Karena karakternya yang bersahabat, energik, pintar, dan senang diberi pujian, jenis anjing ini populer dijadikan hewan peliharaan.

Pemberian nama Labrador Retriever sendiri karena mereka sering berburu atau memungut sesuatu dengan mulutnya. Anjing yang senang mendapat perhatian ini tak hanya bisa menjadi pekerja, namun juga teman yang baik.

Ciri fisik anjing yang berasal dari Newfoundland (Kanada) ini memiliki warna bulu cokelat, kuning dan hitam. Bobotnya sendiri antara 29-36 kg untuk jantan dan betinanya antara 25-32 kg. Mereka bisa bertahan sampai usia 10-14 tahunan.

7. Anjing Bulldog

nama jenis anjing
thesprucepets.com

Punya puppy eyes yang seolah menghipnotis manusia untuk menuruti kemauannya, ternyata dulu Bulldog dikenal sebagai anjing petarung atau anjing adu. Bahkan walau lawannya banteng maupun sapi liar, mereka berani menghadapinya.

Memiliki bobot 23-25 kg untuk jantan dan betina sekitar 18-23 kg, tubuh mereka gempal dan tampak tangguh serta agresif.

Salah satu jenis ras anjing tertua di bumi ini umumnya berwarna cokelat, kekuningan, putih, kuning kecokelatan, maupun belang-belang.

Dulu, Bulldog dalam sejarah militer Inggris menjadi simbol keberanian dan ketangguhan. Tetapi kini mereka lebih familier dengan lingkungan perumahan. Sifat anjing yang memiliki harapan hidup 8-10 tahunan ini bersahabat, punya kemauan keras, serta senang hidup berkelompok.

8. Anjing Dalmatian

jenis anjing dalmatian
orvis.com

Anjing dengan warna dasar putih dengan bintik hitam ini sangat populer, bahkan sempat diadopsi ke dalam salah satu film Disney. Namanya sendiri diambil dari asal mereka, yaitu Provinsi Dalmatia di Kroasia.

Anjing yang bobotnya 15-23 kg (jantan) dan 16-24 kg (betina) ini cenderung kurang dari sisi kecerdasan. Terkadang, Dalmatian pun agresif dan temperamental.

Meski begitu, anjing dengan usia rata-rata 10-13 tahun ini sangat ramah, sensitif, dan energik. Tak sedikit yang tertarik untuk memeliharanya, karena mereka berpotensi menjadi penjaga, pemburu, bahkan retriever andal.

9. Anjing Rottweiler

jenis anjing besar
post.bark.co

Salah satu jenis anjing besar ini bobotnya mencapai 50-60 kg untuk jantan dan betina antara 35-48 kg. Memiliki harapan hidup antara 8-10 tahunan, mereka sangat pemberani, tenang, siaga, percaya diri, dan patuh.

Biasanya, Rottweiler berwarna hitam, mahogany, dan biru. Anjing dengan tubuh berotot dan kokoh ini dulu dipelihara sebagai penggembala sekaligus penjaga ternak. Bahkan pihak kepolisian juga menjadikannya sebagai bagian dari tim penyelamat dan pelacak.

10. Anjing Maltese

jenis anjing bulu lebat
thehappypuppysite.com

Dikenal pula dengan nama Malta, jenis anjing ini termasuk ‘toy breed’ karena sangat mungil seperti boneka dan cocok menjadi teman. Ciri fisik ras anjing ini, di antaranya memiliki mata bulat lebar, dan bulunya lembut seperti sutra namun tidak mudah rontok.

Berasal dari Mediterania Tengah (Malta), bobot anjing jantan dan betina antara 3-4 kg saja. Mereka memiliki sifat yang menggemaskan, aktif, lincah, suka dimanja, dan responsif. Usia rata-rata jenis anjing lucu ini pun cukup panjang, yaitu 12-15 tahunan.

11. Anjing Great Dane

jenis anjing penjaga paling garang
gilpa.co.uk

Berasal dari Jerman, jenis anjing ini akan mengingatkan pada series Scooby Doo. Termasuk ras penjaga, mereka bisa menunjukkan sifat garang dan agresif.

Namun, Great Dane bisa diberi pelatihan sehingga lebih ramah, penyayang, dan lembut. Terlebih mereka juga cerdas, dan karakter positif lainnya seperti setia pada pemilik serta punya rasa percaya diri tinggi.

Berukuran cukup besar, bobot Great Dane jantan mencapai 54-90 kg dan betina antara 45-59 kg. Anjing dengan harapan hidup mencapai 8-10 tahunan ini biasanya berwarna cokelat kekuningan, hitam, biru, loreng, dan harlequin.

12. Anjing Shiba Inu

jenis anjing shiba inu
petmd.com

Merupakan ras primitif Jepang, jenis ini populer di Negeri Sakura. Bobotnya sendiri mencapai 8-11 kg (jantan) dan betina antara 6,8-9 kg. Warnanya beragam, di antaranya cokelat muda cokelat kemerahan, hitam, dan abu-abu.

Berusia rata-rata 12-15 tahunan, reputasi Shiba Inu sebagai pemburu hewan kecil. Meskipun mereka menjadi peliharaan favorit, tetapi anjing ini tidak mudah akrab dengan orang lain. Karakter lainnya yaitu siaga, sensitif, setia, dan percaya diri.

13. Anjing Akita Inu (Akita Ken)

ada berapa jenis anjing
fun-japan.jp

Seperti Shiba Inu, jenis ini termasuk trah Jepang, namun ukurannya lebih besar. Untuk jantan, ukurannya mencapai 45-59 kg, sementara betina antara 32-45 kg.

Warna anjing dengan harapan hidup 10-15 tahunan ini yaitu merah kecoklatan, coklat kekuningan, loreng, hingga putih.

Berbeda dengan American Akita, tubuh mereka besar dan kekar. Bahkan di masa lampau, Akita Inu sering dijadikan sebagai penarik kereta barang. Terlebih karena mereka kuat, agresif, cerdas, bersahabat, sekaligus setia pada pemiliknya.

14. Anjing Dachshund

jenis anjing untuk berburu
britannica.com

Nama Dachshund yang merupakan Bahasa Jerman memiliki makna, di mana kata ‘Dachs’ adalah berang-berang dan ‘Hund’berarti anjing.

Penamaan itu karena dulu sering dimanfaatkan sebagai pemburu berang-berang. Biasanya mereka akan mengendus, memburu, dan menangkap buruannya itu sampai ke lubang tanah.

Anjing dengan badan panjang dan kaki pendek ini lincah, berani, dan cerdas. Bobotnya sendiri antara 7,3-15 kg dengan masa hidup 12-16 tahunan. Jenis ini bisa berwarna hitam, biru, krem kuning kecokelatan, maupun cokelat kemerahan.

15. Anjing Shar Pei

jenis anjing keluarga
betterpet.com

Jenis anjing ini juga memiliki tekstur keriput di sekujur tubuhnya, mirip Pug. Namanya, yaitu Sharpei diambil dari Bahasa Tiongkok ‘Sha Pi’, artinya ‘kulit pasir’. Menariknya, saat mereka dewasa, kerutan saat bayi dan anakan yang nampak jelas justru makin berkurang saat mereka dewasa.

Berbobot 25-30 kg untuk jantan dan 18-25 kg untuk betina, anjing ini hadir dengan beragam warna, seperti cokelat kekuningan, kuning kecokelatan, krem, warna pasir, dan hitam. Sifat anjing dengan umur rata-rata 9-11 tahun ini cenderung pemalas, tetapi mereka penjaga keluarga yang baik.

16. Anjing Poodle

macam macam jenis anjing poodle
a-z-animals.com

Berasal dari Prancis, anjing ini memiliki bulu keriting yang hadir dalam beragam warna, baik hitam, putih, maupun cokelat. Bulu Poodle sendiri bisa diatur sesuai selera pemiliknya. Menariknya lagi, ukuran yang bisa dipilih bervariasi, yaitu Pudel miniatur, standar atau toy (mainan).

Selain punya pesona fisik memikat, sifat anjing ini mengesankan karena mereka cerdas, aktif, setia, dan siaga. Harapan hidup Poodle sendiri antara 12-15 tahunan.

17. Anjing Malamut Alaska

jenis anjing golden family
graylinealaska.com

Menyerupai Siberian Husky yang mirip serigala, namun ukuran mereka lebih besar dan berbulu tebal. Ukurannya antara 36-43 kg untuk jantan dan 32-38 kg untuk betina. Variasi warna anjing dengan harapan hidup antara 10-12 tahunan ini pun beragam, yaitu putih, hitam, serta merah keabuan.

Dulu, Malamut Alaska dimanfaatkan sebagai anjing pertunjukan hingga menarik kereta salju. Kini, mereka dapat menjadi sahabat di rumah, karena bersahabat, penyayang, dan setia.

18. Anjing Boxer

jenis anjing galak di dunia
a-z-animals.com

Salah satu ras murni anjing asal Jerman ini bisa menjadi pelacak dan masuk ke dalam tim penyelamat. Tubuhnya seolah berotot, dengan bobot mencapai 27-32 kg (jantan) dan 25-29 kg (betina).

Anjing dengan warna cokelat kekuningan, putih, dan loreng ini memiliki kaki sangat kuat. Bahkan mereka bisa berlari dalam waktu yang cukup lama dan mampu melawan ‘musuhnya’ menggunakan kaki depan. Boxer sendiri harapan hidupnya rata-rata mencapai 10-12 tahunan.

19. Anjing Shih-Tzu

jenis anjing kecil lucu
clawbuddies.com

Satu lagi jenis anjing kecil dan lucu, bernama Shih-Tzu yang merupakan ras tertua asal Tiongkok. Bahkan dulu mereka merupakan hewan kesayangan kaisar. Hingga kini, Shih-Tzu dipelihara oleh para bangsawan karena mereka menjadi simbol kekayaan dan kemakmuran.

Badannya yang mungil dengan bobot rata-rata mencapai 4-7,25 kg. Namun walau kakinya pendek, badannya kokoh.

Memiliki bulu yang sangat panjang bahkan bisa menutupi telinganya, warna jenis anjing ini pun beragam, yaitu emas, cokelat, hitam, hingga putih. Adapun harapan hidup rata-rata Shih-Tzu mencapai 14-18 tahun.

20. Anjing Yorkshire Terrier

jenis anjing kecil bulu lebat
highlandcanine.com

Ras anjing ini juga mungil dengan bobot tidak lebih dari 3,18 kg. Merupakan ‘toy breed’ atau anjing mainan, Yorkshire Terrier menggemaskan serta sifatnya bersahabat dan ramah pada anak. Menariknya, mereka juga mandiri, percaya diri, dan berani.

Warna anjing yang disebut pula dengan nama Yorkie ini bisa emas, biru atau cokelat kemerahan. Jenis anjing berbulu panjang ini memiliki harapan hidup rata-rata 13-16 tahun.

21. Anjing Vizsla

jenis anjing polisi
topdogtips.com

Berasal dari Hongaria, anjing ini gemar berolahraga dan berburu. Terlebih lagi, fisik mereka prima, memiliki intelegensi dan penciuman yang tajam. Kebanyakan Vizsla jantan bobotnya mencapai 20-29 kg dan betinanya anara 18-25 kg.

Walau mereka aktif dan energik, anjing ini juga lembut, pendiam, setia, serta penyayang pada pemilik maupun orang asing.

22. Anjing Pekingese

jenis anjing agresif
pethelpful.com

Dikenal juga dengan nama Pekines atau Peking, banyak yang meyakini kalau salah satu anjing ras tertua dari Tiongkok ini merupakan lambang Buddha.

Ciri fisik dari Anjing Peking, di antaranya memiliki moncong pendek, daun delinga menjuntai, dan matanya lebar. Bobot anjing dewasa rata-rata mencapai 3,2-6,4 kg. Hadir dengan beragam warna, yaitu krem, cokelat kekuningan, dan cokelat kemerahan, harapan hidupnya 12-15 tahun.

Karakter jenis anjing ini pengasih, pandai, dan punya pendirian. Namun di sisi lain, mereka juga dinilai sebagai anjing yang agresif dan keras kepala.

23. Anjing Samoyed

apa jenis anjing yang paling lucu
petdirect.co.nz

Salah satu ras anjing termurni ini tampak selalu ramah karena ekspresinya seperti tersenyum. Wajahnya mirip serigala, tetapi lebih imut. Memiliki bulu sangat tebal, dengan warna putih atau sedikit krem.

Bobot anjing jantan antara 20-30 kg, sementara betinanya lebih berat yaitu 48-53 kg. Memiliki harapan hidup sekitar 12-13 tahun, sifat mereka lincah, bersahabat, suka bermain, sigap, namun dinilai keras kepala.

24. Anjing Pomeranian

jenis anjing setia
be.chewy.com

Kadang lebih dikenal dengan sebutan anjing ‘pom’, jenis ini berasal dari Jerman. Tubuhnya mungil dengan bobot 1,5-3,5 kg dan tingginya sekitar 20-28 cm saja.Bulu mereka tebal dan panjang, dengan warna krem, jingga, cokelat, merah, hingga hitam.

Sekilas, wajahnya seperti rumah, hanya saja tengkorak mereka lebih pendek. Kepalanya pun bulat dengan telinga mungil dan tegak, sementara matanya gelap. Anjing dengan usia rata-rata ini siafatnya protektif, lincah, dan setia.

25. Anjing Doberman

doberman jenis anjing apa
metlifepetinsurance.com

Dobie, begitu lah mereka juga dikenal, anjing domestik ini bersal dari Jerman. Tubuhnya besar dengan perawakan tegap dan memiliki moncong yang panjang. Rata-rata bobotnya mencapai 40-45 kg untuk jantan dan betina mencapai 32-35 kg.

Memiliki warna bulu bervariasi yaitu kekuningan, hitam, merah, dan biru, masing-masing jenis ini mempunyai tanda di bagian atas mata, moncong, dada, kaki, serta di bawah ekor.

Mereka sangat pandai dan tanggap saat dilatih. Bahkan, anjing dengan harapan hidup 9-12 tahun ini memiliki sifat setia dan cukup waspada.

26. Anjing Newfoundland

jenis anjing besar bulu lebat
puppyhero.com

Anjing yang berasal dari Kanada, Inggris ini berukuran besar dan biasanya dijadikan sebagai pekerja. Bobotnya mencapai 60-70 kg untuk jantan dan 45-55 kg untuk betina, mereka kuat dan cerdas.

Bahkan jenis anjing jumbo ini pandai berenang karena otot dan kakinya mendukung.

Newfoundland di negara asalnya berwarna hitam atau hitam-putih. Namun kadang anjing dengan harapan hidup mencapai 8-10 tahunan ini bisa juga berwarna keabuan dan cokelat.

27. Anjing Cane Corso

nama jenis anjing polisi
blog.tryfi.com

Cane Corso ini merupakan anjing ras kuno asal Italia. Dulunya, mereka dipelihara untuk menjaga dan melindungi pemiliknya. Bahkan mereka juga sering dimanfaatkan untuk menjaga dan melindungi hewan ternak.

Bukan tanpa alasan, hal ini karena tubuhnya yang tampak atletis dan kuat. Meski begitu, mereka tenang, stabil, pendiam, serta mudah dilatih.

Kerap dikenal sebagai anjing ‘polisi’ bulunya pendek dan kaku. Anjing dengan harapan hidup antara 10-12 tahun ini mayoritas berwarna hitam, cokelat, bahkan abu-abu. Bobotnya mencapai 45-50 kg untuk jantan, sementara betinanya mencapai 40-45 kg.

28. Anjing Papillon

nama jenis anjing pendek
dutch.com

Ras anjing mungil yang berasal dari Jepang dan Prancis ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16. Namun sekitar tahun 70-an, Papillon mulai populer dan menjadi tren atau ikon fashion di Jepang.

Walau ukurannya mungil, mereka memiliki bulu yang panjang seolah memiliki jenggot. Bulu di area ekor dan daun telinganya pun menambah pesona jenis anjing ini.

Anjing yang langka serta dibanderol dengan harga fantastis ini bobornya mencapai 3,6-4,5 kg untuk jantan dan 3,2-4,1 kg untuk betina. Memiliki harapan hidup 13-15 tahun, anjing ini pandai, energik, kuat, bersahabat, dan siaga.

29. Anjing Greyhound

macam macam jenis anjing peliharaan
topdogtips.com

Posturnya kurus tinggi, bobotnya mencapai 26-40 kg. Mereka dikenal sebagai anjing pelari tercepat di dunia, karena kecepatan maksimalnya mencapai 70 km/jam.

Walau dikenal sebagai anjing pelari, namun saat menjadi hewan peliharaan mereka Greyhound justru bertingkah lucu dan gemar tidur di sofa.

Bisa berumur 10-12 tahun, jenis anjing ini juga hadir dalam beragam warna, seperti cokelat kekuningan loreng, putih, hitam, dan biru.

30. Anjing Whippet

jenis anjing apa yang terkenal
blog.healthypawspetinsurance.com

Jenis anjing olahraga asal Inggris ini dikenal juga dengan nama Snap Dog. Jenis ini tidak memiliki lemak dengan perawakan sedang. Bobot rata-ratanya mencapai 6,8-14 kg dengan warna bulu beragam, yaitu putih, hitam, kekuningan, loreng, dan biru.

Hal menarik dari anjing dengan harapan hidup 12-15 tahun adalah mereka dikenal sebagai pelari yang cepat dengan akselerasi mencapai 56 km/jam. Bahkan jenis anjing ini sering diikutsertakan dalam kompetisi lari, seperti anjing Greyhound.

31. Anjing Kangal

anjing ras eropa
loveyourdog.com

Dikenal sebagai ras anjing penjaga ternak, Kangal berasal dari Turki. Tubuhnya besar, namun mereka juga bisa berlari dengan cepat dengan kecepatan mencapai 50 km/jam.

Jenis anjing ini tak hanya kuat, mereka pun independen, mudah dilatih, tenang, dan tidak agresif.

Berwarna cokelat pucat atau emas muda, bobot Kangal jantan mencapai 50-66 kg dan 41-54 kg untuk betinanya.

32. Anjing St. Bernard

jenis anjing yang mudah dipelihara
dogsbestlife.com

Jenis anjing dengan ukuran super jumbo ini bobotnya mencapai 64-120 kg untuk jantannya. Tapi, walau perawakannya besar, mereka justru sangat ramah pada anak.

Karakter anjing yang berasal dari Italia, Swiss, dan Prancis ini pun lincah, tenang, lembut, peka, dan punya loyalitas tinggi.

Anjing St. Bernard ini pun istimewa, karena mereka kerap menjadi penjaga dan menyelamat di gunung. Hadir dengan warna cokelat kekuningan, merah putih, merah cokelat dan loreng, masa hidupnya antara 8-10 tahun.

33. Anjing English Mastiff

berapa jenis anjing di dunia
dailypaws.com

Bobot anjing jenis ini juga besar, yaitu 73-100 kg untuk jantan, sementara betinanya mencapai 54-77 kg. Memiliki kepala besar, mereka tampak mengenakan topeng hitam.

Sementara itu, kebanyakan warna bulu mereka cokelat kekuningan, aprikot atau loreng.

Walau posturnya jumbo, English Mastiff ramah, tenang, sabar, dan berani. Namun, ada stigma jika jenis anjing dengan harapan hidup 10-12 tahun ini paling bodoh.

34. Anjing Kuvasz

jenis anjing dan sifatnya
dailypaws.com

Ras kuno dari Hungaria ini memiliki bulu putih yang tebal layaknya domba, dengan tekktur lurus maupun begelombang. Menurut sejarahnya, Anjing Kuvasz dulunya sering dijadikan sebagai penjaga kerajaan dan ternak. Namun kini mereka sudah menjadi anjing rumahan.

Ciri fisik jenis ini memiliki hidung hitam, pigmen kulitnya gelap, serta memiliki mata seperti almond. Bobotnya mencapai 45-52 kg untuk pejantan, dan betinanya sekitar 35-54 kg.

Bisa berusia antara 10-12 tahun, mereka ini senang menyendiri, independen, namun setia, cerdik, dan penyabar.

35. Anjing Bulldog Prancis

macam jenis anjing ras kecil
akc.org

Termasuk jenis anjing bulldog namun merupakan ras terkecil, mereka berasal dari Prancis dan masih keturunan anjing Bulldog asal Inggris. Menariknya lagi, anjing ini tampak seperti kelelawar dengan punggung lebih tegak.

Bobotnya mencapai 7-11 kg dengan bulu berwarna cokelat kekuningan, putih, dan loreng.

Karakter Buldog Prancis ini easy going, lincah, atletis, dan cerdas, berbeda dengan jenis bulldog pada umumnya yang cenderung agresif dan temperamen.

36. Anjing Cocker Spaniel

jenis anjing bulu panjang
petfinder.com

Meski jenis anjing ini berasal dari Spanyol, namun Inggris yang mengembangkan Cocker Spaniel. Bertubuh mungil hingga sedang, mereka memiliki bulu lebat sampai pada bagian kakinya. Telinganya pun sangat panjang.

Cukup dikenal di kalangan pecinta anjing, Cocker Spaniel ini karakternya ramah dan lembut. Tapi di sisi lain mereka bisa menjadi sosok yang sangat penuntut.

37. Anjing Australian Shepherd

jenis anjing umur panjang
timberwolfpet.com

Anjing gembala Australia ini berasal dari Amerika, di mana pejantannya berbobot 25-32 kg dan 16-25 kg utnuk betina. Umumnya, jenis anjing ini berwarna hitam, merah, merle, merah tricolor, merah merle, hitam tricolor, dan biru merle. Mereka bisa bertahan hidup sampai usia sekitar 13-15 tahun.

38. Anjing Bull Terrier

jenis anjing terpintar
moderndogmagazine.com

Merupakan salah satu ras tertua dan murni, jenis anjing yang dikenal pula dengan American Pit Bull ini bobotnya mencapai 16-30 kg untuk jantan, sementara betinanya 14-27 kg.

Warna bulunya beraga, seperti hitam, cokelat, cokelat kekuningan, kuning kecokelatan, merah, putih, loreng dan biru.

Masa hitup anjing dengan nama ilmiah Canis lupus familiaris ini mencapai 8-15 tahunan. Karakter mereka patuh, lucu, pintar, bersahabat, setia, berani, penyayang, bahkan keras kepala.

39. Anjing Welsh Corgi Pembroke

jenis anjing kaki pendek
mydogsname.com

Berasal dari Wales Barat, anjing bertubuh pendek ini memiliki dua lapisan bulu dengan panjang sedang. Di mana bagian atas bulu teksturnya kasar, sementara lapisan bawah sangat lembut.

Bobot anjing jantan mencapai 10-14 kg, sedangkan betinanya antara 10-13 kg.

Anjing yang biasanya berwarna cokelat kekuningan, cokelat tua, cokelat kemerahan, hitam dan putih, biru, serta merah ini masa hidup antara 12-15 tahun.

Karakter Anjing Welsh Corgi Pembroke sendiri biasanya ulet, berani, bersahabat, protektif, dan senang bermain.

40. Anjing Bichon Frisé

jenis anjing cebol
theblissfuldog.com

Anjing berbulu putih nan halus ini bobot dewasanya sekitar 3-5 kg. Berasal dari Pulau Malta, Spanyol, Bichon Frisé terbagi menjadi empat ras, di antaranya Bichon Bolognese, Bichon Maltese, Bichon Havanais, serta Bichon Tenerife.

Karakter mereka lembut, sensitif, penyayang, senang bermain, ceria, namun sangat rewel. Adapun usia rata-rata jenis anjing mungil ini 12-15 tahun.

41. Anjing Basset Hound

jenis anjing kecil
brit-petfood.com

Anjing yang datang dari Prancis dan masih keturunan ras Saint Hubert Hound ini mudah dikenali. Salah satunya karena memiliki raut wajah sendu serta punya kaki pendek.

Basset Hound hadir dengan warna yang bervariasi, di antaranya putih dan cokelat, hitam dan cokelat, merah dan putih, hitam dan putih, serta tricolor. Bobot anjing dewasa jantan mencapai 23-29 kg, sedangkan betinanya 20-27 kg.

Mereka dikenal sebagai anjing yang baik, lembut, bersahabat, setia, pengasih, dan ulet.

42. Anjing Afghan Hound

jenis anjing di dunia
a-z-animals.com

Nama jenis anjing pemburu ini diambil dari wilayah asalnya, yaitu Afghanistan. Mereka andal dalam berburu karena memiliki penglihatan serta kecepatan yang mumpuni.

Hadir dengan warna krem, hitam, dan merah, bobot anjing dewasa mencapai 26-34 kg.

43. Anjing Chow Chow

jenis anjing berbulu lebat
topdogtips.com

Ras tertut dari Tiongkok ini memiliki ciri khas seperti bulunya yang tebal dan lembut. Selain itu, lidah dan mulutnya hitam, sementara bagian kaki belakangnya tidak bengkok sehingga mereka tampak kaku ketika berlari.

Bobot Chow Chow jantan dewasa mencapai 25-32 kg, sedangkan betinanya 20-27 kg. Warnanya pun beragam, yaitu cokelat kekuningan, krem, hitam, merah dan biru.

Memiliki harapan hidup 9-15 tahun, jenis anjing ini karakternya penyendiri, pendiam, mandiri, dan loyal.

44. Anjing Boston Terrier

jenis anjing amerika
thesprucepets.com

Ras anjing yang berasal dari Beacon Hill (Boston) ini bobotnya bisa mencapai 7,7-11,3 kg. Mereka memiliki rahang bawah sedikit lebar sehingga moncongnya tampak berbentuk persegi, sementara bentuk kepalanya bundar.

Hadir dengan beragam warna, seperti hitam dan putih, seal dan putih, serta brindle (loreng) dan putih, harapan hidup mereka 13-15 tahun. Boston Terrier sendiri dikenal sebagai jenis anjing yang bersahabat, lincah, serta pandai.

45. Anjing Jack Russell Terrier

gambar jenis anjing
animalfunfacts.net

Jenis anjing yang merupakan hasil persilangan yang dilakukan oleh seorang lulusan Oxford berama Parson John Russel di Devonshire (Inggris) ini bobotnya mencapai 6,4-8,2 kg.

Ras anjing yang biasanya berwarna putih, hitam-putih, serta putih dan sawo matang ini dikenal mahir dalam berburu dan bereksplorasi.

Mereka pun tidak kenal rasa takut, atletis, energik, pandai, namun keras kepala. Harapan hidup Jack Russell Terrier sendiri mencapai 13-15 tahun.

Itulah daftar anjing terkenal di dunia, lengkap dengan ciri fisik hingga karakternya. Jadi, ras mana yang membuat anda tertarik untuk memeliharanya?

Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak