Trending

11 Jenis Kura-kura untuk Peliharaan dan Harganya. Ada yang mencapai Puluhan Juta!

niadi.net - Kura-kura merupakan salah satu hewan yang termasuk golongan reptil. Meskipun demikian, binatang ini jinak dan bisa dipelihara. Terlebih lagi, perawatannya pun relatif mudah.

Tertarik untuk memelihara hewan satu ini? Ada beberapa jenis kura-kura yang bisa dipilih untuk menjadi sahabat di rumah, lengkap dengan prediksi harganya. jenis kura-kura peliharaan dan harganya

Berikut ini 11 jenis kura-kura untuk peliharaan beserta prediksi harganya. checkout!

1. Jenis African Spurred Tortoise

cara merawat kura kura sulcata harganya
animals.sandiegozoo.org

Sesuai dengan namanya, jenis kura-kura ini berasal dari Benua Afrika dengan panjang maksimal mencapai 60-90 cm jika sudah dewasa.

Disebut pula sebagai kura-kura sulcata, jenis ini umumnya saat masih kecil dengan kisaran harga Rp. 1.500.000,- untuk ukuran 6 cm.

2. Jenis Aldabra Tortoise

harga kura kura aldabra baby
www.tortoisetown.com

Berasal dari Pulau Aldabra, tepatnya di Seycelles, ini adalah kura-kura terbesar. Bahkan jika sudah dewasa, panjangnya bisa mencapai 1,2 meter dengan berat mencapai 25 kg. Ciri-ciri fisik kura-kura Aldabra di antaranya berwarna gelap dengan corak sangat mencolok.

Biasanya kura-kura yang habitatnya di semak, rumput, dan kayu ini saat akan mengambil makanan, bagian lehernya tampak memanjang.

Harga jenis kura-kura jumbo ini cukup fantastis. Bahkan walau ukurannya masih sekepalan tangan, bisa mencapai Rp. 30.000.000,-. Wow ya....

3. Jenis Alligator Snapping

makanan dan harga kura-kura alligator snapping turtle baby
wildark.org

Sesuai dengan namanya, penampakan rumah kura-kura ini cukup seram. Bahkan Alligator Snapping pun kadang bisa kasar dan tak jarang juga suka menggigit.

Harga anakan kura-kura yang berukuran 3 cm bisa dijual dengan harga 40 dollar atau sekitar Rp. 620.000,-. Walau mungkin belum dijual di Indonesia, mungkin kisaran harganya bisa mencapai Rp. 2.000.000,- di tanah air.

4. Jenis Asian Forest

harga kura kura peliharaan baning cokelat
www.inaturalist.org

Disebut pula dengan nama kura-kura baning cokelat (Manouria emys), jenis asal Asia ini banyak ditemukan di Indonesia. Ciri khasnya yaitu memiliki tempurung dengan warna hijau agak gelap. Habitatnya sendiri di lingkungan rumput. Cara merawat kura-kura jenis ini pun mudah. Mereka jinak dan tidak mengganggu.

Soal harga, ukuran bayi bisa mencapai 350 dolar atau sekitar Rp. 5.509.000,- bila menggunakan kurs dollar hari ini (30/11/2022) Rp. 15.740,-.

5. Jenis Cherry Head

kura-kura cherry head hidup di darat atau air
snakesatsunset.com

Bisa ditemukan di Brazil dan Paraguay, jenis kura-kura ini sekilas mirip seperti buah ceri. Tidak heran jika dinamakan Cherry Head. Ciri khas batok atau rumahnya dan bagian kepala memiliki warna unik, yaitu oranye atau bahkan merah.

Harga kura-kura Cherry Head yang berukuran 5-6 cm bisa mencapai Rp. 1.500.000,- sampai dengan Rp. 1.700.000,-.

6. Jenis Cuora Amboinensis

kura-kura air tawar makan apa
indiabiodiversity.org

Jenis yang bisa ditemukan di kawasan Asia terutama India ini memiliki corak batok hitam polos. Harga kura-kura yang dikenal dengan nama Kuya Batok di Indonesia ini dibanderol dengan harga Rp. 300.000,- untuk ukuran sekitar 2 kepalan tangan.

7. Jenis Forsten's Tortoise

makanan dan harga kura kura forsteni
www.freshmarine.com

Kura-kura yang berasal dari Indonesia ini bisa ditemukan di kawasan Halmahera atau Sulawesi. Forsten’s Tortoise menyukai habitat yang agak lembab. Harga kura-kura yang juga dikenal dengan nama Baning Sulawesi ini sekitar Rp. 1.500.000,- untuk ukuran tiga jari.

8. Jenis Indian Star Tortoise

harga kura-kura bintang india termahal
www.thesprucepets.com

Jenis kura-kura yang ada di kawasan India ini memiliki corak seperti bintang. Tidak heran jika namanya Indian Star (kura-kura bintang India. Jika sudah dewasa, hewan ini panjangnya bisa mencapai 38 cm, sementara beratnya bisa sampai 8 kg. Harga Indian Star Tortoise sekitar Rp. 1.850.000,- untuk ukuran 7 cm.

9. Jenis Leopard Tortoise

harga kura kura pardalis kenya
zoomed.com

Seperti namanya, corak batok kura-kura ini mirip Leopard. Jenis yang berasal dari Afrika ini tidak suka habitat yang lembab karena mudah terserang penyakit tertentu. Jadi untuk memelihara Leopard Tortoise, pilih tempat hangat untuk mereka.

Soal harga, jenis kura-kura unik ini mencapai Rp. 1.200.000,- untuk ukuran 5 cm.

10. Jenis Radiated Tortoise

ciri-ciri kura-kura radiata adalah
reptilescove.com

Salah satu jenis kura-kura yang terancam punah ini berasal dari Madagaskar. Dikenal pula dengan nama Kura-kura Radiata, coraknya sangat mencolok dan membuatnya smeakin menarik. Tak heran jika dibanderol dengan harga mencapai Rp. 7.000.000,- untuk ukuran 12 cm.

11. Jenis Trachemys scripta

makanan kura-kura brazil agar cepat besar
wildlife.ca.gov

Sebutan jenis kura-kura satu ini cukup banyak, di antaranya red-eared slider, pond slider, serta Kura-kura Brazil. Trachemys scripta sendiri mudah ditemukan di toko hewan karena peminatnya cukup banyak. Makanan untuk kura-kura ini pun mudah ditemukan, seperti beragam jenis sayur (selada, sawi, wortel), serangga, buah-buahan, ikan, hingga daging suwir.

Harga kura-kura yang memiliki warna estetik ini sekitar Rp. 1.000.000,- untuk ukuran sekepalan tangan.

Pemeliharaan kura-kura yang tepat akan membuatnya bisa berumur panjang. Karena seperti diketahui, kura-kura adalah hewan paling panjang umur di dunia, bahkan usianya bisa mencapai ratusan tahun.

Itulah artikel tentang 11 jenis kura-kura yang bisa anda dipelihara, mudah perawatannya, dan lengkap dengan info harganya. Semoga bisa membantu anda yang sedang mencari informasi kura-kura untuk dijadikan hewan peliharaan.

Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak