13 Tanaman Hias Outdoor Terbaik untuk Memperindah Rumah - niadi.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Tanaman Hias Outdoor Terbaik untuk Memperindah Rumah

Niadi.Net - Banyak manfaat yang akan kita dapatkan bila kita menanam tanaman hias outdoor di pekarangan atau taman rumah kita.

Selain dari kehadiran tanaman hias outdoor yang akan lebih mempercantik halaman rumah, dengan adanya tanaman hias outdoor di pekarangan rumah kita akan mendapatkan pula manfaat lainnya seperti udara yang lebih segar dan nuansa rumah yang terlihat cerah, indah dan hijau.

Lebih-lebih jika tanaman hias outdoor yang kita hadirkan di rumah itu terdiri dari berbagai jenis, pastinya akan semakin menciptakan sebuah taman yang cerah dan hijau dengan bunga yang beraneka ragam warnanya yang memesona dan enak dipandang.

Tanaman hias outdoor memang banyak sekali jenisnya, namun setidaknya beberapa jenis tanaman hias outdoor di bawah ini bisa Anda pilih dengan menyesuaikan selera dan rancangan desain taman rumah Anda.

Berikut 13 jenis tanaman hias outdoor terbaik yang dapat Anda pilih untuk lebih memperindah tampilan rumah Anda.

1. Bunga Kembang Sepatu

manfaat bunga kembang sepatu dan penjelasannya
revistajardins.pt
Jenis tanaman hias outdoor yang pertama untuk lebih mempercantik tampilan taman atau pekarangan rumah Anda ialah bunga Kembang Sepatu.

Karena bunga yang satu ini mudah untuk dijumpai dimana saja, seringkali banyak orang tak terlalu memperhatikan keindahan dari bunga kembang sepatu ini.

Padahal, keindahan dari bunga kembang sepatu ini tak diragukan lagi bagi banyak para pecinta tanaman hias. Maka dari itu banyak dari mereka yang menanam bunga kembang sepatu di pekarangan rumah atau kebun mereka.

Bunga Kembang Sepatu termasuk pada jenis tanaman hias yang perawatannya mudah karena bunga ini tergolong tahan terhadap berbagai macam kondisi cuaca.

Sebab itu, bunga kembang sepatu ini sangat cocok sebagai tanaman hias outdoor yang akan lebih mempercantik tanaman dan tapilan rumah Anda.

2. Bunga Saliara

bunga saliara harga bonsai lantana terbaik termahal
www.tokopedia.com
Tanaman hias outdoor yang kedua yaitu bunga Saliara. Memiliki sebutan yang tak kalah indah seperti rupanya, yakni terkenal dengan nama bunga lantana camara atau bunga tembelek.

Bunga Saliara berasal dari famili Verbenaceae yang banyak ditemukan di daerah tropis Amerika Selatan dan Tengah ini kecantikannya terlihat dari warna dan wanginya.

Tak heran bila tanaman hias outdoor yang satu ini sangat cocok untuk ditempatkan di taman rumah atau kebun yang areanya cukup luas.

3. Bunga Pentas

cara merawat tanaman bunga pentas lanceolata
www.calloways.com
Tanaman hias outdoor yang selanjutnya mempunyai rupa yang mirip dengan bunga Soka. Bunga Pentas memiliki warna yang menarik, yaitu pink dan merah muda.

Tanaman hias yang satu ini sangat terkenal dan tak diragukan lagi di kalangan para pecinta tanaman hias outdoor. Bunga pentas seringkali menjadi pilihan bagi mereka untuk lebih memperindah taman di rumah.

Selain dari keindahannya, bunga pentas juga sering dimanfaatkan sebagai pengusir hama tanaman alami seperti hama ulat dan kutu kebul.

Oleh sebab manfaatnya itu bunga pentas disebut juga sebagai bunga pelindung bagi tanaman hias lainnya.

4. Bunga Kertas (Bougenville)

manfaat bunga kertas bougenville
www.pinterest.com
Bougenville atau lebih dikenal dengan sebutan bunga kertas tergolong pada jenis tanaman hias outdoor yang sangat gampang ditemukan dan bahkan keberadaan bunga kertas ini seringkali kita jumpai di pinggir jalan.

Perawatan pohon bunga kertas atau bougenville sangat mudah dan tak memerlukan biaya besar.

Tanaman hias bunga kertas juga tahan di beragam kondisi cuaca, termasuk terhadap terikan panas matahari.

5. Bunga Euphorbia

tanaman hias bunga euphorbia
gardenbeast.com
Beberapa tahun silam, kehadiran tanaman hias bunga Euphorbia di Indonesia ini sempat sangat terkenal dan juga memiliki harga yang fantastis mahal.

Memiliki sekitar dua ribuan jenis, tanaman hias bunga Euphorbia ini mempunyai beraneka ragam warna diantaranya hijau, merah, cokelat, dan ungu.

Di samping sebagai tanaman hias, bunga Euphorbia juga ternyata dimanfaatkan banyak orang sebagai bahan lilin hingga menjadi kandang ternak, lho.

6. Tanaman Hias Kaktus

nama nama kaktus dan gambarnya
blog.gardenloversclub.com
Tanaman hias kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang populer dikalangan para pecinta tanaman hias. Karena tingkat kepopulerannya tersebut maka Anda akan sangat mudah untuk mendapatkannya.

Kaktus yang familiar sebagai tanaman gurun sangat sesuai juga ditanam di daerah tropis seperti negeri kita tercinta Indonesia.

Karena memiliki banyak jenisnya, kaktus menjadi tanaman hias berduri yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias.

Beberapa jenis tanaman hias kaktus yang paling banyak diminati adalah jenis kaktus panda, kaktus centong, dan kaktus anggur.

7. Tanaman Hias Abromeitiella Chlorantha

jual bibit tanaman hias dyckia abromeitiella chlorantha online
planetdesert.com
Pada pandangan pertama ketika Anda melihat tanaman hias yang satu ini, mungkin Anda akan mengira tanaman hias Abromeitiella chlorantha ini adalah tanaman hias lidah buaya.

Hal tersebut memang dikarenakan tanaman hias Abromeitiella chlorantha memang meiliki bentuk yang serupa seperti warnanya yang hijau dan memiliki duri di sekelilingnya serta adanya bercak putih.

Banyak pecinta tanaman hias outdoor yang menanam Abromeitiella chlorantha karena perawatannya yang mudah dan fleksibilitas tanaman hias ini untuk bisa ditempatkan dimana pun.

8. Bunga Gaillardia

tanaman hias bunga gaillardia
gardenerspath.com
Sekilas dilihat dari bentuknya, tanaman hias bunga Gaillardia ini sangat serupa dengan bunga matahari.

Memang tidak mengherankan karena bunga Gaillardia masih tergolong pada family bunga matahari (Asteraceae atau Compositae).

Bunga yang berasal dari daratan Amerika, bunga Gaillardia ini terkenal dengan nama firewheel atau blanketflower.

9. Bambu Hias (Dracaena Sanderiana)

jenis bambu hias untuk pagar dracaena sanderiana
www.igp.com
Bambu hias tergolong pada jenis tanaman hias outdoor yang banyak ditanam para pecinta tanaman hias karena terkenal sebagai tanaman yang membawa keberuntungan.

Ukuran dari bambu hias sangat berbeda dengan ukuran jenis dari bambu biasa karena memiliki ukuran batang ynag lebih kecil dan juga lebih pendek.

Oleh sebab itu tanaman bambu hias hanya bisa tumbuh dengan maksimal ukuran hanya sampai tinggi 3 meter saja.

Beberapa manfaat yang didapatkan apabila Anda menanam bambu hias adalah sebagai tanaman yang bisa mengurangi polusi udara dan juga sebagai penahan angin.

10. Bayam Hias (Amaranthus Tricolor)

jenis tanaman hias bayam merah amaranthus tricolor
www.gardeningknowhow.com
Meski namanya serupa dengan jenis nama sayuran, tetapi jenis bayam ini termasuk dalam jenis tanaman hias.

Warna daun dan tampilan dari Bayam hias ini paling mencolok dengan adanya kombinasi dari warna hijau, kuning, dan merah.

Bayam hias pun dikenal bisa tumbuh dengan optimal meski ditanam pada suhu yang tinggi seperti di ruangan yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

11. Bunga Geranium (Tapak Dara)

bunga geranium tapak dara tanaman pengusir nyamuk dan tikus
www.hgtv.com
Selanjutnya adalah Bunga Geranium yang banyak dikenal oleh masyarakat dengan nama Bunga Tapak Dara.

Tanaman hias outdoor satu ini memiliki bunga yang berbagai warna, bunga Geranium pun seringkali dimanfaatkan sebagai bahan wewangian.

Bunga Tapak Dara juga sangat sesuai untuk di tanam di daerah tropis karena tanaman hias ini mudah beradaptasi dengan baik bahkan dengan cuaca panas sekalipun.

Salah satu manfaat yang akan kita dapatkan bila kita menanam bunga Geranium di rumah adalah kita seperti memiliki alat pembasmi nyamuk alami. Karena nyamuk tidak suka dengan wangi yang dikeluarkan oleh bunga Geranium.

12. Pohon Cemara

macam-macam tanaman hias pohon cemara
shopee.co.id
Pohon cemara juga sangat sesuai untuk ditanam di daerah tropis sebab jenis tanaman hias outdoor ini termasuk tumbuhan yang tahan terhadap cuaca panas.

Jenis tanaman hias yang satu ini terdiri dari sekitar 70 jenis tanaman dengan banyak ukuran dari kecil hingga besar.

Dengan banyaknya jenis ukuran dari pohon cemara ini Anda bisa leluasa memilih sesuai keinginan Anda dan ukuran taman yang Anda miliki.

Jenis yang paling terkenal dari tanaman hias outdoor ini ialah cemara natal, cemara kipas, cemara udang, dan cemara Inoki.

13. Bunga Tabebuya

jual tanaman hias tabebuya sweet pink flowers
www.freepik.com
Di Surabaya, beberapa waktu lalu ramai membicarakan bunga Tabebuya, karena tanaman hias outdoor yang satu ini banyak ditanam di sekitar kota.

Bunga Tabebuya berasal dari Brazil, dan tampilan dari tanaman hias outdoor yang satu ini memang terlihat mirip dengan bunga Sakura.

Bunga Tabebuya memiliki warna yang beragam seperti merah, putih, dan kuning, serta terlihat terang dan mencolok.

Demikian ulasan 13 jenis tanaman hias outdoor terbaik dan terpopuler untuk memperindah taman atau pekarangan rumah.

1 comment for "13 Tanaman Hias Outdoor Terbaik untuk Memperindah Rumah"