15 Hewan Akuatik (Hidup di Air). Ini Ciri-ciri dan Penjelasannya - niadi.net
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Hewan Akuatik (Hidup di Air). Ini Ciri-ciri dan Penjelasannya

niadi.net - Saat membahas hewan yang hidup di air atau hewan akuatik, maka mayoritas akan langsung berpikir mengenai ikan padahal spesies ikan bukanlah penghuni tunggal.

Hewan akuatik merupakan hewan yang menghabiskan hidupnya di air, ada yang hidup di air tawar seperti sungai, danau, atau kolam, dan ada juga hewan akuatik yang tersebar dan berkembang biak di lautan.

Untuk proses pernafasan hewan akuatik bisa menggunakan insang namun ada juga yang menghirup udara melalui paru-paru.

Berikut ini beberapa jenis hewan yang hidup di air beserta ciri-ciri dan penjelasannya.

1. Moluska

ciri-ciri hewan mollusca dan contohnya
www.flickr.com/stevedunleavy

Istiah Moluska sangat erat kaitannya dengan hewan-hewan yang bertubuh lunak, sebab tidak memiliki rangka maupun tulang belakang.

Sebagian ada yang memilih hidup dengan cangkang dan sebagian lainnya memilih hidup tanpa cangkang.

Sekitar 23% penghuni laut berasal dari filum moluska, seperti cumi-cumi, gurita, dan sotong yang memiliki sistem saraf yang lebih terdepan.

Hewan tersebut memanfaatkan organ yang mirip lidah, radula, untuk mengikis dan melahap hewan maupun tanaman kecil yang menempel di bebatuan air sebagai mangsanya.

Cumi-cumi dan gurita memiliki kemampuan untuk menyamarkan diri saat diburu mangsa, sementara tiram dan kerang memakai insang untuk menyaring partikel makanannya.

2. Krustasea

krustasea adalah udang termasuk kelompok
bobo.grid.id

Kelompok Krustasea terdiri dari hewan air yang tubuhnya dilindungi oleh cangkang keras seperti udang, lobster, teritip, kepiting, dan masih banyak lagi.

Sebagian besar dari kelompok tersebut mengkonsumsi makhluk mati di lautan, sedangkan kepiting dan lobster memilih berburu ikan kecil untuk bertahan hidup.

Namun berbeda lagi dengan teritip yang menyaring partikel makanan menggunakan bulu-bulu halus pada kakinya.

3. Paus

ciri-ciri makanan ikan paus
www.earth.com

Paus merupakan hewan terbesar di bumi yang masih hidup dan mereka dikenal sebagai mamalia laut yang melahirkan bayi secara langsung serta mampu menghasilkan kelenjar susu.

Untuk bertahan hidup, paus menyantap plankton, krill, ikan-ikan, kepiting, larva dan makhluk lainnya.

Namun spesies paus pembunuh atau orca sangat ditakuti karena tak segan memangsa hewan akuatik yang ukurannya jauh lebih kecil maupun lebih besar dari ukuran tubuhnya seperti singa laut, hiu bahkan paus lain.

4. Lumba-lumba

karakteristik lumba-lumba termasuk hewan
www.nbcnews.com

Lumba-lumba merupakan mamalia laut yang disebut sangat cerdas sehingga difavoritkan banyak orang.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyak proyek teknologi yang terinspirasi dari sistem alamiah tubuh lumba-lumba yang begitu kompleks.

Lumba-lumba juga memiliki kemampuan sosial yang baik dibuktikan dengan cara hidupnya yang berkelompok.

Banyak dokumen yang menyebutkan lumba-lumba merupakan hewan penolong, lumba-lumba membimbing paus yang terdampar menuju habitat asalnya, bahkan melindungi manusia dari gangguan hiu.

Untuk bertahan hidup lumba-lumba memakan ikan, cumi-cumi, hingga anjing laut. Namun ada juga lumba-lumba yang hidup di air tawar yang kemudian disebut sebagai lumba-lumba sungai.

5. Walrus

perbedaan walrus dengan anjing laut singa laut dan gajah laut
www.greeners.co

Walrus merupakan mamalia laut dengan ukuran yang sangat besar yang hidup di laut sub-Arktik dan Samudra Arktik di Kutub Utara.

Hewan ini tampak Memiliki taring namun digunakan untuk memotong serta senjata pertahanan diri, walrus memangsa kerang dan makhluk air lainnya untuk bertahan hidup.

6. Hiu

habitat ikan hiu putih megalodon
www.nhm.ac.uk

Hiu merupakan hewan air yang memiliki reputasi sebagai hewan buas yang mengerikan di laut, bahkan dijuluki sebagai predator laut.

Hiu menyukai ikan, krustasea, moluska dan hiu lain sebagai santapannya, untuk memburu mangsa, hiu mengandalkan indra penciumannya yang tajam serta gigi tajamnya.

7. Pari

ciri ciri ikan pari di indonesia
Shutterstock/Vicki L. Miller

Paling merupakan jenis ikan yang sama buasnya dengan hiu bedanya ikan pari memiliki tubuh yang rata dengan sirip yang mirip seperti sayap terbentang.

Ekor ikan pari memiliki duri dan bisa sehingga dapat digunakan untuk perlindungan diri atau menyengat musuhnya yang mengganggu.

8. Karang

terumbu karang di indonesia
www.whoi.edu

Karang merupakan jenis invertebrata laut yang hidup menempel satu sama lain sehingga membentuk kesatuan yang indah dan warna-warni.

Jika ukurannya kecil dan jumlahnya banyak maka Karang disebut dengan polip yang tampak mirip seperti tanaman berbunga daratan.

Ruangan kecil atau semacam tentakel terdapat pada karang yang digunakan untuk menyaring makanan dan membawanya sampai ke mulut.

9. Aligator

perbedaan buaya dan aligator
www.treehugger.com

Atau reptil berukuran besar biasanya hidup di darat ataupun di air tawar, rawa, dan sungai.Di laut, aligator identik dengan moncong lebar membulat serta bertubuh gelap.

Sebagai karnivora aligator tentu memangsa hewan-hewan seperti burung, ikan, mamalia maupun reptil lainnya untuk bertahan hidup.

10. Buaya

apakah benar buaya adalah hewan yang setia
animalcorner.org

Buaya dan aligator memiliki hubungan yang dekat yang merupakan kelas reptil yang mirip Kadal dan berbahaya.

Namun jika diperhatikan moncong aligator dan buaya sedikit berbeda buaya bisa hidup di air asin maupun tawar.

Populasi buaya tersebar di sungai, rawa, danau, muara, kuala dan kolam, buaya melahap burung, amfibi, krustasea, mamalia, dan bahkan manusia jika merasa terganggu.

11. Kura-Kura

20 jenis kura-kura peliharaan paling populer di indonesia
www.krugerpark.co.za

Kura-kura merupakan reptil akuatik dengan cangkang keras sebagai rumah bagi tubuhnya dan menghabiskan hidupnya berada di dalam air.

Sekali-kali, kura-kura pergi ke pantai untuk bertelur, sementara kura-kura termasuk makhluk omnivora yang memakan tanaman, serangga, ikan, katak, alga, ular, bahkan kura-kura lain.

12. Kuda Laut

ciri-ciri makanan perkembangbiakan kuda laut
phys.org

Kuda laut merupakan vertebrata berukuran mungil yang mirip seperti miniatur kuda terutama di bagian leher dan kepalanya.

Makhluk berekor panjang yang tampak melengkung ini sangat suka melahap krustasea kecil dan larva ikan.

13. Salmon

ciri-ciri dan manfaat ikan salmon
www.fishfarmingexpert.com

Salmon merupakan ikan dari keluarga salmonide yang merupakan ikan air tawar yang suka bermigrasi ke laut dan mereka akan kembali untuk bereproduksi.

Salmon merupakan ikan yang kaya akan nutrisi sehingga kerap dijadikan bahan makanan seperti pada sashimi.

14. Ubur-Ubur

klasifikasi lapisan tubuh dan perkembangbiakan ubur-ubur
www.newsweek.com

Ubur-ubur merupakan Invertebrata unik dengan tubuh lunak, transparan, dan seperti jelly.Namun terkadang ubur-ubur mengeluarkan warna cerah seperti merah muda, ungu, atau biru.

Penampilan ubur-ubur sangat menarik mereka memiliki ratusan sel yang siap menyengat hingga membuat lawannya mati.

15. Belut

ciri-ciri manfaat belut jepang
www.americanoceans.org

Sekilas belut berbentuk seperti ular, namun bedanya terdapat semacam pita yang membentang di sekujur tubuh belut.

Mendiami lautan dangkal dan bermukim di kedalaman pasir Samudera namun beberapa spesies belut juga tinggal di air tawar.

Itulah informasi mengenai daftar 15 hewan yang hidup di air (akuatik) beserta cri-ciri dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News

niadi.net

Follow us on Google News